Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Tetap Semangat Meski Dibandingkan dengan Orang Lain

Jangan berlarut-larut, ya.

Hidup, tidak selalu akan berjalan seperti yang kamu inginkan, tidak selalu harus mendengar orang-orang menyanjungmu. Ada saat dimana kamu merasa sedih, seperti saat memperjuangkan sesuatu, kemudian dibandingkan dengan orang lain tentang proses yang dijalani dan hasil yang didapat, salah satunya. Itulah hidup. Kamu tidak boleh terus larut dalam kesedihan saat mengalaminya.

Yuk mulai biasakan mengingat 5 hal ini agar tetap semangat saat dibandingkan dengan orang lain.

1. Selama tetap melakukan yang terbaik, harus mencoba untuk tetap percaya diri

5 Hal yang Bikin Tetap Semangat Meski Dibandingkan dengan Orang Lainexmoorjane.com

Jika ada yang mengatakan kepadamu bahwa kamu tidak sebaik seseorang ketika melakukan hal yang sama, coba mengendalikan rasa kesal dan tidak membantahnya, adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Hal tersebut dapat membantu mengurangi kemungkinan timbulnya rasa tidak percaya diri.

Timbulnya rasa tidak percaya diri, biasanya juga mendorong timbulnya perasaan takut gagal. Hal tersebut dapat menghambat langkahmu. Jika kamu telah melakukan yang terbaik, teruslah yakin dan percaya diri, karena rasa percaya diri akan menimbulkan semangat untuk melakukan yang terbaik.

2. Kamu butuh saran dan kritik dari orang lain

5 Hal yang Bikin Tetap Semangat Meski Dibandingkan dengan Orang Lainwww.pexels.com

Jika mau berpikiran lebih terbuka, kamu bisa menjadikan kata-kata perbandingan tersebut sebagai saran dan kritik untuk dirimu. Merasa bahwa kamu adalah yang terbaik, bukanlah hal yang baik. Tidak mau mendengarkan saran dan kritik dari orang lain, secara tidak langsung, kamu telah membatasi dirimu untuk terus berkembang.

Jika saran dan kritik tersebut tidak sesuai dengan dirimu, cobalah untuk berlapang dada dan berpikiran terbuka dalam menerimanya, dan coba kembangkan agar sesuai dengan caramu, karena pasti ada kebaikan di dalamnya.

3. Setiap usaha yang kamu lakukan akan membuahkan hasil

5 Hal yang Bikin Tetap Semangat Meski Dibandingkan dengan Orang Lainwww.pexels.com

Jika saat sedang dibandingkan terlintas pikiran atau perasaan untuk menyerah, istirahatlah sejenak. Jangan menyerah, ya? Ingatlah perjuanganmu hingga bisa berada di titik ini. Sesulit apapun keadaannya, pasti ada jalan keluarnya. Semua sakit dan lelah yang dirasakan, pasti akan membuahkan hasil, tentunya hasil yang terbaik.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Agar Motivasi Kerja Kamu Gak Mudah Hilang 

4. Tidak semua orang harus berada di pihakmu

5 Hal yang Bikin Tetap Semangat Meski Dibandingkan dengan Orang Lainwww.pexels.com

Hidup ini bukanlah untuk bersusah payah membuat semua orang menyukai dan mendukungmu. Sekeras apapun kamu mencoba dan sebaik apapun perilakumu, akan selalu ada orang yang tidak berpihak padamu. Coba perlahan untuk mengubah pola pikirmu dan perbaiki niatmu, karena hal ini tentu memiliki pengaruh. Baik buruknya, tergantung bagaimana caramu menjalani dan menyikapinya.

5. Kamu memiliki hak dan kesempatan untuk mencoba lagi

5 Hal yang Bikin Tetap Semangat Meski Dibandingkan dengan Orang Lainwww.pexels.com

Ketika dibandingkan dengan orang lain tentang kegagalanmu, bukan berarti kamu sudah tidak memiliki kesempatan untuk mencoba lagi. Jangan biarkan kata-kata orang lain menghentikan perjuanganmu.

Bangkit dan coba lagi. Coba hal yang sama atau cobalah hal yang baru. Manfaatkan pengalaman-pengalaman yang kamu dapat dari perjuanganmu sebelumnya. Buang jauh-jauh pikiran bahwa kerja kerasmu tidak akan membuahkan hasil. Bahkan, jika bisa membuatmu berpikir dan berperilaku lebih baik, itu adalah salah satu hasil dari perjuanganmu selama ini.

Yakinlah, bahwa tidak ada usaha yang sia-sia dan yakinlah bahwa setiap hal yang terjadi padamu merupakan hal yang dapat membantu perkembanganmu dalam menjadi kamu yang lebih kuat dan lebih baik.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sederhana yang Bakal Lebih Memotivasimu Tiap Hari

Aisyah D. Photo Writer Aisyah D.

Enjoy turning imagination into words

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya