Comscore Tracker

5 Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi Serta Fokus dari Pakar

Kehilangan konsentrasi dan fokus harus segera diatasi!

Terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan membuat kita kadang kehilangan konsentrasi dan fokus. Rasa lelah yang terus-menerus membuat kita tidak dapat bekerja secara optimal.

Jika kehilangan konsentrasi dan fokus, jangan dibiarkan atau keadaannya akan semakin parah. Tenang saja, ada solusinya kok! Dilansir dari laman Bustle, berikut lima tips jitu untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus dari para ahli.

1. Bagi waktu dalam mengerjakan tugas dengan tepat  

5 Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi Serta Fokus dari PakarMembaca buku (thedailymash.co.uk)

Bisa mengerjakan banyak tugas sekaligus memanglah hebat, tetapi hal tersebut justru dapat membuat kamu kehilangan fokus. Jadi kamu harus bisa membagi waktu dengan baik. Misalnya membuat daftar tugas agar bisa dikerjakan satu per satu.

Dikutip dari laman Bustle, seorang profesor senior dari Ilmu Saraf di Texas A&M University, yakni Dr. William R. Klemm mengatakan, "Otak tidak dapat melakukan banyak hal sekaligus."

Dan seroang psikolog, Dr. Paola Bailey memberi saran agar kita membagi waktu dengan tepat. "Berencana bekerja untuk waktu yang lebih singkat; sekitar 45 menit adalah ideal, dan kemudian mengatur istirahat 10 menit," katanya.

2. Melakukan meditasi mindfulness  

5 Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi Serta Fokus dari PakarMelakukan meditasi mindfulness (pixabay.com)

Meditasi mindfulness adalah sebuah praktik yang bisa digunakan untuk meningkatkan fokus dengan pernapasan dan melatih otak agar mengabaikan kebisingan di sekitar kita.

Sebuah studi pada tahun 2018 telah menemukan bahwa orang yang melakukan meditasi mindfulness selama 10 menit per hari mendapat peningkatan konsentrasi di dalam memorinya dengan lebih signifikan.

Masih dikutip dari lama Bustle, Dr. Klemm mengatakan, "ini tidak asli; kami sudah mengetahuinya selama ribuan tahun. Jika kamu memiliki 15 menit sesi meditasi jenis ini setiap hari, kamu melatih otakmu bagaimana fokus."

3. Yoga juga dapat membantu  

5 Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi Serta Fokus dari PakarOlivia Jensen (instagram.com/oliviajensen)

Laman Bustle mengatakan bahwa sbuah studi di 2018 yang dilakukan oleh para ilmuwan saraf bicara tentang praktisi yoga reguler dapat mengubah struktur otak. Studi tersebut mengkalim bahwa orang yang melakukan yoga memiliki struktur otak yang berbeda dengan orang yang tidak pernah melakukannya.

Lebih lanjut, latihan yoga dengan pernapasan jika dilakukan secara teratur dapat meningkatkan konsentrasi. Dr. Klemm pun menyarankan hal tersebut.

"Kamu dapat menggabungkan meditasi dengan postur yoga; itu mungkin terdengar seperti multitasking dan dengan cara itu, tetapi jika kamu menggunakannya dengan cara di mana kamu berfokus bukan pada yoga tetapi pada pernapasan kamu, maka kamu menyelesaikan pelatihan," ujar dokter tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Fokus pada Hal yang Menyenangkan Saja

4. Tidur yang cukup  

5 Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi Serta Fokus dari PakarTidur yang cukup (Unsplash.com/Kinga Cichewicz)

Penelitian menunjukkan bahwa tidur dan konsentrasi ternyata saling terkait. Maka dari itu insomnia dapat memengaruhi tingkat konsentrasi dan fokus secara serius.

Kurangi begadang dan tidurlah yang cukup. Jika kamu punya masalah tidur, ada baiknya konsultasi kepada dokter untuk mengetahui solusi atau penanganan yang lebih tepat.

"Itu bisa memberi kamu keuntungan sekunder dengan meningkatkan perhatianmu," ujar Dr. Bailey tentang saran untuk pergi ke dokter.

5. Makanan sehat juga berpengaruh  

5 Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi Serta Fokus dari PakarMakan makanan yang sehat (Unsplash.com/Pablo Merchán Montes)

Makanan tentu berperan penting dalam asupan gizi harian kita, dan pilihan makanan yang sehat dapat membuat konsentrasi lebih baik. Seorang ahli gizi dari Healthy with Nedi bernama Neda Varbanova merekomendasikan Walnut, blueberry, kunyit dan teh hijau sebagai makanan yang sehat untuk meningkatkan konsentrasi.

Dikutip dari lama Bustle tentang Walnut, Neda Varbanova mengatakan, "Walnut mengandung lemak sehat yang mendukung fungsi otak yang baik seiring bertambahnya usia kamu."

Blueberry sendiri telah diteliti dan hasilnya ternyata baik untuk meningkatkan fungsi memori dan kognitif. Sementara kunyit mengandung curcumin dengan anti-inflamasi pada otak.

Untuk teh hijau, Neda bicara, "Kafein dalam teh hijau telah ditemukan untuk meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat, dan juga kaya akan antioksidan yang mengurangi risiko Alzheimer."

Itu dia lima tips untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus dari para ahli. Semoga dapat membantu.

Baca Juga: Antibuyar, 5 Tips Jitu Jaga Konsentrasi saat Kerjakan Soal Tes CPNS

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya