Comscore Tracker

5 Langkah Mudah Menahan Emosi Saat Sedang Berpuasa

#RamadanMasaKini Emosi jadi salah satu hal terberat

Kebanyakan dari kita pasti setuju bahwa emosi adalah hal tersulit yang harus ditahan selama berpuasa. Pasalnya banyak hal tidak terduga terjadi dan sering kali memicu amarah yang tak diundang. Namun meskipun begitu kita harus berusaha menahannya demi kelancaran dan berkah berpuasa. Buat kamu yang penasaran dan ingin menjalankan ibadah secara maksimal, simak yuk tips menahan emosi selama berpuasa di bawah ini!

1. Jangan menjadikan hal-hal kecil menjadi sebuah masalah

5 Langkah Mudah Menahan Emosi Saat Sedang Berpuasaunsplash.com/@calliestorystreet

Terkadang masalah sering kali muncul dari hal-hal kecil yang tidak terduga. Selama berpuasa tahan diri untuk tidak mempermasalahkan hal seperti tadi. Ikhlaskan dan buka pintu maaf selebar-lebarnya, karena jika kamu hanya menahan diri tanpa memaafkan bisa jadi rasa kesal itu tersimpan dan menjadi dendam di hati. 

2. Tenangkan diri dengan mengatur pernafasan

5 Langkah Mudah Menahan Emosi Saat Sedang Berpuasaunsplash.com/@caroliveer

Sudah mulai terpancing emosi? Sabar, atur saja pernafasan dengan cara menarik nafas dalam, menahannya selama 10 detik lalu buang secara perlahan. Kalau emosimu sangat meledak, tambah durasi untuk menahan nafas atau ulangi selama beberapa kali. Melakukan hal ini terbukti efektif lho untuk meredam emosi, praktekin deh kalau kamu gak percaya!

3. Hindari memulai sesuatu yang bisa memicu amarah

5 Langkah Mudah Menahan Emosi Saat Sedang Berpuasaunsplash.com/@darpandodiya

Selain mempermasalahkan hal-hal kecil kamu pun harus menghindari sesuatu yang bisa memicu amarah. Misalnya menanggapi komentar gak menyenangkan, bertindak jahil terhadap teman dan masih banyak lagi. Dengan tidak menyundut api kamu gak akan terkena percikan panasnya. 

Baca Juga: 6 Olahraga Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Puasa di Bulan Ramadan ya!

4. Mencari pengalih perhatian agar emosi tak terluapkan

5 Langkah Mudah Menahan Emosi Saat Sedang Berpuasaunsplash.com/@florenciaviadana

Kalau ada teman atau seseorang yang membuatmu naik pitam, cari sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian kalian. Biarkan emosi itu memudar dengan sendirinya karena kamu tak lagi fokus dan memikirkannya. Bermain game, membaca buku atau mendengar musik bisa jadi alternatif pilihan kalian guys. 

5. Selalu mengingat bahwa bulan Ramadhan adalah momen sakral yang suci

5 Langkah Mudah Menahan Emosi Saat Sedang Berpuasaunsplash.com/@vidarnm

Emosi adalah hawa nafsu yang membuat puasa tak lagi membawa berkah. Persoalan ini paling sulit dilawan, namun akan ada imbalan melimpah jika kita berhasil menaklukannya. Kamu bisa mengontrol emosi dengan baik selama bukan puasa dengan mengingat bahwa bulan Ramadhan adalah momen sakral yang suci dan terjadi setahun sekali. Sayang banget kan kalau kita gagal menahan diri dari emosi?

Menjadi sosok penyabar tidak bisa didapatkan secara instan. Tapi kamu bisa belajar mendapatkannya dengan mengaplikasikan beberapa tips di atas tadi. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Profesi Ini Bakal Bekerja dengan Tenaga Ekstra Selama Bulan Ramadan

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You