Comscore Tracker

6 Cara Tepat Saat Menghadapi Teman yang Sedang Dilanda Kesulitan

Jangan memaksa untuk bercerita, cukup dengan menemaninya

Berbagai kisah suka dan duka kerap kali kita bagikan bersama teman. Teman menempati peran yang cukup penting dalam proses kehidupan yang kita jalani. Kala mereka dilanda kesulitan maka ini adalah saat yang tepat untuk membalas kebaikan yang telah mereka lakukan. 

Tapi pastikan kamu membantunya dengan cara yang tepat, jangan melakukan hal-hal tertentu yang justru mampu memperkeruh suasana. Seperti apa saja kira-kira cara yang tepat tersebut? Simak penjelasannya berikut ini guys!

1. Berhenti bertanya tentang titik permasalahannya

6 Cara Tepat Saat Menghadapi Teman yang Sedang Dilanda Kesulitanunsplash.com/Søren Astrup Jørgensen

Keadaan yang buruk mungkin baru saja dialami oleh temanmu, mereka masih shock, tidak menyangka hingga 'linglung'. Oleh karena itu berhenti bertanya tentang titik permasalahannya, sebab bisa jadi kamu memicu kemarahan hingga kesedihannya.

2. Temani dan menenangkan hati mereka

6 Cara Tepat Saat Menghadapi Teman yang Sedang Dilanda Kesulitanunsplash.com/Xochi

Saat orang sedih tidak ada hal yang paling diinginkan selain ketenangan hati. Kamu sebagai seseorang yang mengenalnya sudah sepatutnya bisa memberi ketenangan hati serta pikiran mereka. Terus dampingi mereka sebab saat ini didampingi jadi sesuatu yang berharga bagi mereka. 

3. Beri motivasi

6 Cara Tepat Saat Menghadapi Teman yang Sedang Dilanda Kesulitanunsplash.com/Seemi Samuel

Tanpa mengetahui titik akar permasalahannya kamu sudah cukup mampu untuk memberi dia motivasi, menyemangatinya untuk kuat, bangkit dan kembali ceria. Support adalah hal terpenting ketika seseorang kehilangan rasa kepercayaan dirinya atau sedang dilanda kesedihan. 

Baca Juga: Berpikir Positif Usai Patah Hati dengan 7 Kutipan Motivasi Ini

4. Ajak keluar dan jalan-jalan

6 Cara Tepat Saat Menghadapi Teman yang Sedang Dilanda Kesulitanunsplash.com/Kevin Grieve

Suasana rumah bisa jadi membosankan dan mungkin membawa kesedihan, ajak mereka untuk menghirup udara segar diluar dan berjalan-jalan. Kalau bisa mengajak mereka travelling singkat juga bisa kamu coba guys.

5. Memberi sesuatu yang disukai

6 Cara Tepat Saat Menghadapi Teman yang Sedang Dilanda Kesulitanunsplash.com/Gradikaa

Entah itu barang, makanan atau kegiatan seru yang biasa ia lakukan, kamu bisa memberinya kejutan semata-mata guna membuatnya terhibur. Lakukan apa yang mereka sukai, usahakan semaksimal mungkin untuk bisa mengembalikan tawa ceria-nya kembali. 

6. Panjatkan doa untuk mereka

6 Cara Tepat Saat Menghadapi Teman yang Sedang Dilanda Kesulitanunsplash.com/Naassom Azevedo

Semua hal terjadi karena ada alasannya dan Tuhan sudah merencanakan itu semua. Jika kamu memang benar mengasihi temanmu, maka jangan lupa untuk menyelipkan namanya dalam setiap doa kalian. Ini adalah bantuan secara tidak langsung yang bisa sangat bermanfaat untuk mereka. 

Saling tolong-menolong terhadap sesama teman bisa mempererat jalinan persahabatan kalian. Membuatnya bisa terus bahagia dan kuat menjalani cobaan yang ada juga bisa membuat kita jadi seseorang yang bermanfaat bagi orang.

Baca Juga: 7 Pesan Motivasi Walt Disney Ini Akan Mematik Semangatmu

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You