Comscore Tracker

Anti Panik! Ini 7 Cara Efektif Mengontrol Diri Saat Merasa Khawatir

#GoodLife Kamu sudah pernah coba guys?

Saat cemas menunggu kabar dari seseorang atau menghadapi masalah kita pasti mudah diserang rasa khawatir. Perasaan ini jelas membuat kita tidak nyaman sehingga kita harus bisa mengendalikannya, misalnya seperti 6 cara berikut ini. Kamu bisa dengan mudah menangani kekhawatiran jika melakukannya.

1. Lakukan teknik bernapas yang benar

Anti Panik! Ini 7 Cara Efektif Mengontrol Diri Saat Merasa Khawatirunsplash.com/Brooke Cagle

Teknik bernapas di sini memiliki artian deep breath technique yang bisa kita lakukan dengan cara mengambil napas perlahan melalui hidung lalu dihembuskan secara perlahan melalui mulut. Usahakan untuk menjaga bahu agar tetap rileks. 

2. Berbicara pada pikiran

Anti Panik! Ini 7 Cara Efektif Mengontrol Diri Saat Merasa Khawatirunsplash.com/Natalya Letunova

Saat khawatir pikiran akan berkeliaran kemana-mana sehingga membuat ‘kegaduhan’ pada diri sendiri. Untuk menghentikannya berbicaralah pada pikiran dan diri sendiri. Renungkan lagi hal-hal yang kita khawatirkan, temukan jalan keluar dari perasaan gundah tersebut.

3. Menghindari kafein

Anti Panik! Ini 7 Cara Efektif Mengontrol Diri Saat Merasa Khawatirunsplash.com/Cynthia Magana

Kafein bisa meningkatkan hormon stres karena dapat meningkatkan detak jantung, tekanan darah dan kadar hormon stres itu sendiri. Konsumsi kafein bisa membuat meningkatkan dua kali lipat tekanan darah dari hormon stres.

Baca Juga: 5 Langkah Agar Kekhawatiran Tak Menakuti Masa Depanmu

4. Berolahraga ringan

Anti Panik! Ini 7 Cara Efektif Mengontrol Diri Saat Merasa Khawatirunsplash.com/Dharm Singh

Menurut penelitian orang yang lebih aktif berolahraga memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang lebih rendah daripada orang yang tidak aktif/pasif. Keluar rumah untuk sekedar jogging atau berjalan-jalan juga sudah termasuk sebagai olahraga ringan lho guys.

5. Ciptakan suasana yang menenangkan

Anti Panik! Ini 7 Cara Efektif Mengontrol Diri Saat Merasa Khawatirunsplash.com/Natalia Figueredo

Untuk menghilangkan perasaan gelisah ciptakan suasana yang menyenangkan, seperti menyalakan lilin dengan aromaterapi, memainkan musik klasik, atau berada di ruangan terbuka yang hijau. Berbagai pilihan di atas akan membuat tingkat stresmu berkurang.

6. Mengisi perut dengan makanan kesukaan

Anti Panik! Ini 7 Cara Efektif Mengontrol Diri Saat Merasa Khawatirunsplash/Peter Hershey

Kegiatan ini bisa membantu mengurangi kecemasan dan memperbaiki suasana hati. Terlebih saat kita memakan makanan yang kita sukai, perasaan seketika akan membaik dan kamu bisa lupa dengan kekhawatiran yang kamu rasakan sebelumnya.

Nah, itu tadi 6 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengendalikan diri saat dilanda kekhawatiran. Semoga informasi ini bisa membantu ya guys!

Baca Juga: Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinya

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You