Comscore Tracker

7 Dampak Negatif Saat Kamu Suka Membandingkan Hidup dengan Orang Lain

Kamu akan sulit merasa bahagia

Memiliki sifat iri itu sangat manusiawi. Tapi terlalu sering merasa seperti itu juga gak baik bagi dirimu. Banyak kerugian yang akan kamu terima saat kalian suka membandingkan hidup dengan orang lain. Misalnya seperti 7 dampak negatif di bawah ini, jangan sampai kamu terus melakukannya deh!

1. Kebahagiaan akan jarang kamu rasakan

7 Dampak Negatif Saat Kamu Suka Membandingkan Hidup dengan Orang Lainunsplash.com/Anthony Tran

Bagaimana kamu bisa bahagia ketika pikiran itu dipenuhi dengan rekam jejak kehidupan orang lain yang berada jauh di atas kalian. Kehidupan menyenangkan orang lain yang kamu lihat dan bandingkan dengan keadaan kalian sekarang juga gak semata-mata mereka dapatkan begitu saja. Setiap orang punya jalan masing-masing untuk sukses. 

Artinya mereka yang kamu bandingkan juga pernah merasakan momen sulit pada waktunya, jadi jangan merasa iri hati lalu sedih. Kalau kamu mau berusaha maka kebahagiaan seperti mereka juga bisa kamu punya. 

2. Menyiksa diri lewat cacian hati nuranimu sendiri

7 Dampak Negatif Saat Kamu Suka Membandingkan Hidup dengan Orang Lainunsplash.com/Francisco Gonzalez

Saat kamu membandingkan kehidupan orang lain dengan kehidupan kalian juga secara gak langsung membuat kalian mencaci diri sendiri. Misalnya dengan terus bertanya, "Kenapa mereka bisa seperti itu dan aku enggak?". Padahal kamu sendiri yang menuntun dirimu menjadi seperti itu. 

Sifat malas, cepat menyerah, dan senang berada di zona nyaman adalah contoh dari perbuatan yang membuatmu gak bisa sukses seperti orang lain. Jadi jangan memperburuk keadaan dengan menyiksa diri sendiri, tapi berubahlah. Jadikan itu sebagai motivasi guys!

3. Mengabaikan potensi yang kalian miliki

7 Dampak Negatif Saat Kamu Suka Membandingkan Hidup dengan Orang Lainunsplash.com/Tamara Bellis

Apapun aspek yang bisa membuat seorang itu menjadi sukses pasti dimulai dari awal. Mereka yang berhasil juga belajar dan menggali potensi yang mereka punya. Kalau kalian iri dan ingin menjadi mereka, berarti kamu gak mempercayai kemampuan dirimu sendiri. 

Padahal setiap potensi yang dimiliki semua orang itu bisa menjadi peluang kesuksesan ketika kita mau mendalaminya. 

Baca Juga: 5 Dampak Kalau Kamu Selalu Mau Menang Sendiri Tanpa Peduli Orang Lain!

4. Mempersulit hidup sendiri

7 Dampak Negatif Saat Kamu Suka Membandingkan Hidup dengan Orang Lainunsplash.com/Asdrubal luna

Sampai poin ini kita mungkin mulai sadar dan membuka mata betapa efek negatif yang diciptakan dari membandingkan hidup dengan orang lain itu sangat besar. Memang itu semua benar adanya, kamu juga bahkan akan merasa kesulitan menjalani hidup. 

Karena kamu melihat yang enaknya saja dari kehidupan orang lain, jadi ketika kamu menjalani situasi yang berlawanan pasti rasa berat akan semakin bertambah. Daripada kamu melihat mereka yang sudah 'enak', lebih baik tengok mereka yang kurang beruntung deh. Dijamin bikin kamu jadi semangat!

5. Mempersempit pola pikir kalian

7 Dampak Negatif Saat Kamu Suka Membandingkan Hidup dengan Orang Lainunsplash.com/Kleiton Silva

Dampak membandingkan diri sendiri dengan orang lain itu bisa memengaruhi pola pikiran kalian. Karena kamu seolah-olah menjadikan orang lain panutan hingga membuat pandangan kalian jadi terbatas. 

6. Kamu akan terus mengeluh

7 Dampak Negatif Saat Kamu Suka Membandingkan Hidup dengan Orang Lainunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Yap, keluh kesah akan menghiasi hari-hari kalian ketika hobi membandingkan hidup dengan orang lain. Selalu aja ada hal yang bikin kamu iri dan akhirnya mengeluh. Padahal sudah jelas hanya dengan mengeluh kamu tidak merubah apa-apa. 

7. Hidupmu akan terasa sia-sia

7 Dampak Negatif Saat Kamu Suka Membandingkan Hidup dengan Orang Lainunsplash.com/yns plt

Yang paling bahaya adalah poin terakhir ini, kamu akan merasa hidupmu sia-sia. Menjalani hari-hari dengan penuh rasa tidak bersyukur karena selalu membandingkan hidup dengan orang lain akan membuat kehidupan kalian gak bermakna. 

Jadi, apa kamu masih mau terus mempertahankan kebiasaan seperti in? Kalau kamu mencintai diri sendiri dan masa depanmu, lebih baik tinggalkan kebiasaan ini ya!

Baca Juga: Perlu Dicatat, Ini 7 Hal yang Membuat Orang Lain Tidak Suka Padamu!

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You