Comscore Tracker

Lakukan 5 Sikap Bijak Ini Saat Orang Meremehkan Pencapaianmu

#ANGPOIN Jangan terpengaruh dan malah patah semangat!

Setiap orang punya cobaan hidupnya masing-masing. Mendapat respon kurang menyenangkan atas pencapaian yang berhasil di dapat juga termasuk salah satu ujian yang mesti dilewati. Rasanya prestasi seolah tak bisa membungkam komentar negatif yang kerap kali menyakiti hati. Ini bukan salah kamu yang baru saja berhasil, tapi juga bukan salah orang yang menyinyir prestasi. Semua terjadi karena memang ada arti yang bermakna dalam untuk bekal yang lebih mantap di masa mendatang. 

Saat kamu mengalami hal seperti di atas tadi, berikut 5 sikap bijak yang mesti kamu lakukan!

1. Amati dan lihat dengan seksama apa yang dibicarakan

Lakukan 5 Sikap Bijak Ini Saat Orang Meremehkan Pencapaianmudramabeans.com

Jangan langsung tutup telinga saat orang lain berkomentar pedas tentang dirimu. Amati dan lihat dengan seksama apa yang mereka bicarakan. Mungkin memang ada kebenaran yang terselip dibalik pembicaran itu. Kalau kamu bersedia melakukan hal ini artinya kamu juga berusaha memperbaiki kesalahan yang mungkin tidak disadari keberadaannya. 

2. Jangan berkecil hati bila disepelekan

Lakukan 5 Sikap Bijak Ini Saat Orang Meremehkan Pencapaianmudramabeans.com

Berbicara memang mudah terlebih merendahkan orang lain. Membicarakan apa yang belum pernah dirasakan dan dilewati prosesnya itu bisa bebas terucap tanpa ada batas. Oleh sebab itu jangan pernah berkecil hati bila disepelekan. Bagaimanapun juga apa yang kamu dapatkan ini butuh perjuangan. Jerih payah dan usaha yang dikeluarkan tidak bisa dipungkiri dan tidak layak mendapat rasa rendah diri dari kamu yang mengerjakan itu sendiri. 

3. Buang prasangka buruk yang tertuju padamu

Lakukan 5 Sikap Bijak Ini Saat Orang Meremehkan Pencapaianmudramabeans.com

Bukan hanya cibiran nan merendahkan yang bisa kamu terima saat pencapaian itu berhasil didapatkan, namun pasti ada prasangka buruk yang juga tertuju pada kesuksesanmu. Abaikan dan buang itu. Jangan memusingkan tuduhan yang tidak benar adanya. Anggap saja orang yang berani mengucapkannya adalah bukti dari ketidakmampuan mereka melakukan hal yang sama sepertimu. 

Baca Juga: 5 Nasihat untukmu yang Merasa Jenuh dengan Masalah Rumah Tangga

4. Tidak melibatkan emosi saat menghadap masalah

Lakukan 5 Sikap Bijak Ini Saat Orang Meremehkan Pencapaianmudramabeans.com

Saat kerja keras yang akhirnya berbuah manis lalu direndahkan begitu saja oleh orang lain, perasaan kesal pasti muncul dengan membara. Namun hal itu tidak akan meredakan suasana, percayalah. Tidak melibatkan emosi saat menghadapi masalah akan perlahan menyurutkan keadaan seperti ini. Alihkan perhatianmu pada orang lain yang justru mengapresiasi dan memberi dukungan penuh atas segala jerih payah yang sudah berlalu.

5. Buktikan dengan pencapaian yang lebih tinggi

Lakukan 5 Sikap Bijak Ini Saat Orang Meremehkan Pencapaianmudramabeans.com

Sikap bijak terakhir yang harus dilakukan adalah dengan membuktikan pencapaian yang lebih tinggi. Tidak ada hal lain yang bisa membungkam mulut-mulut jahil itu selain dengan sesuatu yang lebih besar. Berusaha lebih keras untuk bisa membuktikan kesuksesanmu itu bukan hasil sembarangan. Jadikan sikap rendah orang melihat pencapaianmu sebagai motivasi untuk melompat lebih tinggi. 

Melawan arus negatif yang berusaha merusak kebahagiaan dalam pencapaian itu memang hal yang sulit dilakukan. Tapi akan lebih sulit lagi bila kamu terpancing untuk meladeninya dan akhirnya malah memperkeruh keadaan.

Baca Juga: 5 Cara Berhenti Debat & Mulai Menyelesaikan Masalah dengan Pasangan

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You