Comscore Tracker

Berpikir Positif, Ini 5 Makna Ketika Kamu Tak Kunjung Jadi Pemenang

Bukan kalah tapi takdir menyuruhmu agar lebih banyak belajar

Wajar bila selama ini kita sering bertanya-tanya mengapa kemenangan itu selalu gagal didapatkan. Entah dalam proyek pekerjaan, kompetisi di kampus atau hal lain yang terdapat unsur menang dan kalah lainnya. Ketika ditelaah lebih teliti lagi di balik kegagalan itu ada banyak makna mendalam. 

Kamu harus bisa berpikir positif agar bisa merasakan bagaimana dampak baik dari setiap kemenangan yang tertunda. Jangan berkecil hati bila tak kunjung jadi pemenang karena ini lima makna yang terselip di baliknya!

1. Kemenangan tidak akan membuatmu jadi lebih baik

Berpikir Positif, Ini 5 Makna Ketika Kamu Tak Kunjung Jadi Pemenangunsplash.com/@joshrh19

Setiap rencana Yang Maha Kuasa siapkan adalah hal terbaik untuk keberlangsungan hidup kita. Jangan termakan pikiran negatif apalagi rasa berkecil hati karena setitik kegagalan. Barang kali kemenangan itu tak kunjung kamu genggam karena belum tentu itu yang terbaik untukmu. 

2. Kekalahan bukan sebuah kegagalan tapi pembelajaran

Berpikir Positif, Ini 5 Makna Ketika Kamu Tak Kunjung Jadi Pemenangunsplash.com/@erik_lucatero

Untuk menghilangkan rasa kecewa dan sakit hatimu, ubah kegagalan menjadi sebuah pembelajaran. Jika tidak menang berarti kini waktunya untuk belajar, analisa dan pahami apa titik kesalahan yang membuatmu tak lahir jadi seorang pemenang. Berpikirlah sepositif mungkin agar menjadi pribadi yang selalu bahagia dan tidak mudah putus asa.

Baca Juga: 5 Bukti Kalau Kamu Sudah Sukses Jadi Diri Sendiri

3. Ada 'hadiah' yang lebih besar sedang dipersiapkan

Berpikir Positif, Ini 5 Makna Ketika Kamu Tak Kunjung Jadi Pemenangunsplash.com/@arttsure

Mungkin apa yang kalian gagal dapatkan adalah satu langkah lebih dekat dengan impian lain yang sedang berusaha diwujudkan oleh Tuhan. Sadar atau tidak kemenangan yang tidak kita dapatkan itu akan bernilai lebih sepele dari apa yang akan kita dapatkan nanti. Ada 'hadiah' lain yang kamu dapatkan dari ketidakberhasilan yang kamu alami.

4. Mengikhlaskan lebih sulit daripada mendapatkan

Berpikir Positif, Ini 5 Makna Ketika Kamu Tak Kunjung Jadi Pemenangunsplash.com/@brookecagle

Dari kegagalan itu akan lahir sifat ikhlas dan sabar menerima kenyataan yang terjadi. Tentu sikap bijaksana tadi bukan hal mudah yang bisa dimiliki setiap orang termasuk seorang pemenang, namun kamu berhasil mendapatkannya hanya karena kekalahan yang mungkin awalnya membuatmu menderita.

5. Terdapat keunggulan lain yang bisa kamu perdalami

Berpikir Positif, Ini 5 Makna Ketika Kamu Tak Kunjung Jadi Pemenangunsplash.com/@emilianovittoriosi

Karakter orang yang mau berkembang dan akan menjadi sukses di masa depan adalah mereka yang tak pernah menghentikan langkahnya, sekalipun tersendat oleh kekalahan. Kalau kamu termasuk orang yang seperti ini tandanya itu hal baik yang perlu dipertahankan. Lewat kekalahan kamu dapat mencari apa potensi lain yang lebih mumpuni untuk membimbingmu menjadi seorang pemenang sejati. 

Menang bukan akhir terbaik bagi sebagian orang. Menang adalah suatu beban yang harus dipikul dan dipertanggungjawabkan. Namun kekalahan juga bukan berarti hal yang selalu memalukan, karena dari situ para pemenang lain akan bermunculan.

Baca Juga: Yuk Bahagia! Ini 5 Cara Kamu Bisa Tularkan Aura Positif ke Orang Lain 

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You