Comscore Tracker

Siap Buka Lembaran Baru, Begini 6 Cara Mengikhlaskan Kenangan Lama

Tahun baru jadi awal yang pas buat meningglkan masa lalu!

Kenangan adalah suatu hal yang tidak akan berubah meskipun dalam keadaan yang berbeda. Memori itu tetap tinggal dan bersarang dalam hati, baik yang buruk ataupun menyenangkan. Bagi kenangan indah sah-sah saja jika kamu simpan namun kenangan buruk sebaiknya kamu singkirkan jauh-jauh agar hidupmu lebih bahagia. 

Kesulitan dalam mengikhlaskan kenangan lama? Yuk, simak beberapa cara berikut ini!

1. Melihat sisi baik di baliknya

Siap Buka Lembaran Baru, Begini 6 Cara Mengikhlaskan Kenangan Lamaunsplash.com/ioanacasapu

Hidup itu seimbang, di balik hal-hal yang buruk pasti terdapat kebahagiaan yang tersembunyi. Maka terapkanlah cara ini saat menyikapi kenangan yang tidak menyenangkan. Berhenti terfokus pada nilai buruknya namun lihatlah sisi baik yang ada.

2. Menjadikan pelajaran yang berharga

Siap Buka Lembaran Baru, Begini 6 Cara Mengikhlaskan Kenangan Lamaunsplash.com/kylejglenn

Setelah kamu menyadari bahwa sesuatu yang buruk itu ternyata membawa kebaikan, berarti kamu bisa menjadikan kebaikan tadi jadi sebuah pelajaran. Kalian gak akan bisa paham dan mengerti dengan baik tanpa pernah mengalaminya sendiri. Nah, hal inilah yang akan menjadi modal dasar bagi kalian saat menjalani kehidupan. 

3. Membebaskan diri dari rasa dendam

Siap Buka Lembaran Baru, Begini 6 Cara Mengikhlaskan Kenangan Lamaunsplash.com/maiq

Mungkin kalian masih teringat kenangan masa lalu akibat tersimpannya rasa dendam dalam hati. Jika benar pokok masalahnya sudah ditemukan, kamu hanya perlu mengikhlaskan dendam tersebut. Menyimpan rasa dendam terlalu lama bisa jadi penyakit hati yang merusak pikiranmu lho!

Baca Juga: 6 Zodiak yang Selalu Sukses Raih Resolusi Tahunan, Ada Kamu?

4. Berjiwa besar untuk memaafkan

Siap Buka Lembaran Baru, Begini 6 Cara Mengikhlaskan Kenangan Lamaunsplash.com/elijahsad

Sangat sulit untuk bisa jadi seorang pemaaf, oleh karena itu bagian ini jadi tahapan yang bisa memakan waktu yang lama. Kamu gak perlu memaksakan diri untuk segera memaafkan, asalkan pelan tapi pasti maka hal ini sah-sah saja dilakukan. Jangan sampai kamu berdamai dengan kenangan buruk ketika hati belum sepenuhnya mengikhlaskan, bisa jadi ganjalan di hati di kemudian hari.

5. Ciptakan lebih banyak kebahagiaan

Siap Buka Lembaran Baru, Begini 6 Cara Mengikhlaskan Kenangan Lamaunsplash.com/candice_picard

Agar pikiran negatif kallan teralihkan dari bayangan kenangan lama, salah satu cara yang efektif adalah dengan menciptakan lebih banyak lagi kebahagiaan. Jangan biarkan kenangan lama bertengger lama dalam hati kalian. Biarkan kebahagiaan memenuhi pikiran, jiwa dan hati kita guys!

6. Jadilah pribadi yang bijaksana

Siap Buka Lembaran Baru, Begini 6 Cara Mengikhlaskan Kenangan Lamaunsplash.com/dylan_nolte

Cara sederhana yang bisa membuat kita bijaksana adalah dengan mengikhlaskan kenangan lama. Kontrol hati dan pikiran kalian dengan tindakan yang rasional. Jangan sampai kita menuntun diri sendiri ke dalam lingkaran kelam yang dikendalikan oleh hati dan rasa egois yang ada.

Pergantian tahun jadi momen yang pas banget buat melakukan perbaikan diri dan menutup lembaran lama. Belajar untuk mengikhlakskan sesuatu yang tidak menyenangkan bisa jadi salah satu cara membuat hidupmu jadi lebih baik lagi lho!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Resolusi Tahun Barumu Selalu Gagal & Cara Mengatasinya

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya