Comscore Tracker

Cerita Arif Setyo Budi Bangkit Pasca Mengalami Kecelakaan Kerja  

Jadi seorang penari modern dengan satu kaki   

Malang, IDN Times - Arif Setyo Budi (33) tampak sedang memainkan laptopnya.  Sesekali ia membuka platform media sosial YouTube, kemudian ia memilih-milih lagu untuk diputar. Setelah itu, Arief juga masih melayani pembeli yang datang ke warungnya di kawasan Jl Bunga Sri Gading, Kota Malang.

Meskipun agak kesulitan lantaran harus menggunakan kruk untuk berjalan, Arif tampak tetap bersemangat dan tak terlihat sedikitpun raut wajah putus asa terkait hal itu. Sejak 14 tahun lalu, Arif harus menghadapi kenyataan kehilangan kaki kanannya. Tetapi hal itu tak membuatnya patah semangat dan justru bisa bangkit hingga menjadi seorang breakdancer. 

1. Kehilangan satu kaki karena kecelakaan kerja

Cerita Arif Setyo Budi Bangkit Pasca Mengalami Kecelakaan Kerja  Arif Setyo Budi saat beraksi di atas panggung bersama komunitasnya. Dok/Arif Setyo Budi

Arif menceritakan bahwa dirinya tidak difabel dari lahir. Ia kehilangan satu kakinya lantaran kecelakaan kerja sekitar tahun 2007. Saat itu, usai lulus SMK Nasional Malang, Arif memang langsung diterima kerja di salah satu pabrik pengolahan plastik kawasan Krian, Sidoarjo.

Arif bekerja pada bagian proses memasak bahan mentah plastik. Pada saat itu, ada satu mesin produksi yang sedang dalam perbaikan. Saat perbaikan, ada lubang pada sisi mesin yang sebenarnya merupakan sambungan pipa. Oleh mekanik, lubang itu ditutup karung plastik sehingga tak terlihat. 

"Pada saat itu, kebetulan saya lewat atas mesin. Awalnya tahu kalau ada lubang yang ditutupi karung plastik. Tetapi waktu kembali, tidak menyadari kalau di situ ada lubang. Kemudan kaki kanan menginjak lubang dan langsung masuk dan kondisi mesin sedang beroperasi. Waktu itu juga langsung kepotong seukuran paha," Jumat (26/3/2021). 

2. Usai sembuh tak dipekerjakan lagi

Cerita Arif Setyo Budi Bangkit Pasca Mengalami Kecelakaan Kerja  Arif Setyo Budi saat ditemui di warungnya kawasan Jl Bunga Srigading. IDN Times/Alfi Ramadana

Untung, pada saat bersamaan ada rekan kerja Arif yang melintas. Ia langsung berusaha meminta bantuan sebelum dibawa ke rumah sakit di Surabaya untuk tindakan amputasi. "Setelah itu pulang ke Malang dan menjalani rawat jalan. Untuk pemulihan total itu memerlukan waktu sekitar 6 bulan hingga 1 tahun," tambahnya. 

Sayangnya, usai menjalani pemulihan, Arif tidak dipekerjakan kembali. Ia kemudian mendapat pesangon dari pabrik tersebut sebagai bagian dari perjanjian pemberhentian kerja.

3. Mulai bangkit dengan usaha warnet

Cerita Arif Setyo Budi Bangkit Pasca Mengalami Kecelakaan Kerja  Arif Setyo Budi saat mendapatkan prestasi di beberapa ajang yang diikuti. Dok/Arif Setyo Budi

Setelah mengalami situasi yang cukup sulit selama pemulihan, Arif perlahan mencoba untuk bangkit. Uang pesangon yang diberikan oleh perusahaan ia coba gunakan untuk memulai usaha warnet di tempat tinggalnya, daerah Ngaglik, Sukun, Kota Malang.

Ia membeli dua buah komputer untuk memulai usaha warnet tersebut. Seiring berjalannya waktu, Arif kemudian diajak oleh temannya untuk datang ke tempat latihan breakdance. Memang, sebelum mengalami musibah, Arif sempat menekuni breakdance.

"Waktu itu setelah ketemu teman-teman lama dan melihat mereka berlatih breakdance, ada keinginan dalam diri saya untuk kembali mencoba. Lalu saya beranikan diri untuk mencoba dan ternyata masih bisa meski dengan kondisi saya yang tidak sempurna," katanya. 

Baca Juga: Vaksinasi Simbolis, Pemkot Malang Libatkan Difabel Sebagai Relawan

4. Sempat ikut kompetisi pencarian bakat

Cerita Arif Setyo Budi Bangkit Pasca Mengalami Kecelakaan Kerja  Arif Setyo Budi saat beraksi diatas panggung dengan komunitas breakdance. Dok/Arif Setyo Budi

Setelah itu, dirinya semakin bersemangat berlatih breakdance bersama sejumlah temannya. Bahkan, dirinya sempat mengikuti beberapa kompetisi. Puncaknya adalah saat mengikuti ajang pencarian bakat tahun 2012 yang diadakan salah satu stasiun televisi.

Meskipun hanya sampai babak 48 besar, tetapi hal itu membuat Arif semakin dikenal. Bahkan, dirinya semakin sering diundang ke berbagai acara hingga ke berbagai daerah sepergi Bali dan Yogyakarta. 

"Saya merasa justru mendapat banyak hal ketika mengikuti komunitas breakdance ini. Saya bisa tahu mana-mana yang mungkin tidak saya dapatkan sebelumnya," katanya. 

5. Tak perlu berkecil hati meski situasi sulit

Cerita Arif Setyo Budi Bangkit Pasca Mengalami Kecelakaan Kerja  Arif Setyo Budi saat meraih prestasi dibeberapa ajang perlombaan yang diikuti. Dok/Arof Setyo Budi

Arif juga berpesan kepada siapapun yang bernasib seperti dirinya untuk tetap semangat. Pasalnya, dalam setiap musibah yang datang pasti ada hikmahnya. Untuk itu, tak perlu berkecil hati dan harus tetap semangat menjalani hidup. Bahkan, sebisa mungkin harus tetap produktif dengan berbagai karya yang bisa dihasilkan. 

"Saya sendiri sudah mengalaminya. Bahkan, hal-hal yang sebelumnya hanya mimpi akhirnya bisa terwujud," pungkasnya. 

Baca Juga: Kreatif! Disabilitas Jombang Sulap Serabut Kelapa Jadi Barang Bernilai

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya