Comscore Tracker

Ini 5 Kegiatan Asyik yang Tak Banyak Menguras Tenaga saat Berpuasa

#RamadanDiRumah Biar tetap produktif meski sedang berpuasa

Berpuasa mengharuskan kita untuk menahan hawa nafsu dan lapar. Terkadang, karena merasa lapar dan lemas, tubuh jadi enggan beraktivitas. Kita bisa mengerjakan hal yang tak membutuhkan banyak tenaga, agar tetap produktif dan bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Nah, selain ritual peribadatan, kegiatan-kegiatan hemat energi berikut ini, bisa kamu lakukan selama menjalani ibadah puasa.

1. Membaca buku

Ini 5 Kegiatan Asyik yang Tak Banyak Menguras Tenaga saat BerpuasaPexels/Andrea Piacquadio

Tak hanya menambah wawasan, kegiatan yang bisa meremajakan otak dan tidak menguras banyak tenaga ini, juga bisa membantumu mengurangi stres dan memperkaya kosakata. Membaca buku juga akan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer, serta membuat kemampuan menulismu menjadi lebih baik.

2. Menulis

Ini 5 Kegiatan Asyik yang Tak Banyak Menguras Tenaga saat BerpuasaPexels/Burst

Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat sedang berpuasa, yaitu menulis. Dengan menulis kamu bisa memperluas wawasan kemampuan dalam berpikir. Kamu juga akan terbiasa menyampaikan gagasanmu dalam bentuk tulisan. Tak hanya itu, jika kamu terus mengasah keterampilan menulismu, kamu bisa menghasilkan rupiah, lho.

Baca Juga: Isi Waktu Luang Saat Isolasi, 7 DIY Stik Es Krim yang Gak Terpikirkan

3. Berdandan

Ini 5 Kegiatan Asyik yang Tak Banyak Menguras Tenaga saat BerpuasaPexels/Adrienn

Meski sedang #DiRumahAja, gak ada salahnya kamu tetap berdandan. Sebagai upaya merawat diri, kamu yang hobi berdandan, tentu akan merasakan kesenangan dan kepuasan terhadap diri sendiri. Karena tidak ke mana-kemana, kamu bisa mencoba berbagai riasan yang cocok untuk wajahmu, tanpa terburu-buru.

4. Bermain bersama keluarga

Ini 5 Kegiatan Asyik yang Tak Banyak Menguras Tenaga saat BerpuasaPexels/Victoria Borodinova

Libur sekolah dan beraktivitas di rumah, menjadi saat yang tepat untuk kamu dan keluarga bermain bersama. Kamu bisa melakukan permainan yang tak banyak menguras tenaga seperti bermain uno, petak umpet, lego, bongkar-pasang, dan banyak permainan lainnya. Kegiatan semacam ini akan membuat kamu dan keluarga, menjadi semakin dekat dan kompak. 

5. Berkebun

Ini 5 Kegiatan Asyik yang Tak Banyak Menguras Tenaga saat BerpuasaPexels/Maggie Zhao

Berkebun menjadi salah satu cara berolahraga ringan yang bisa kamu lakukan. Tak perlu mengeluarkan banyak tenaga, berkebun bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan otak. Selain menyehatkan jiwa dan raga, kamu jadi bisa memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumahmu, untuk mengisi waktu luang selama berpuasa.

Nah, itu dia kegiatan-kegiatan yang tak perlu banyak energi, yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa produktif dan tetap menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Bahaya Waktu Luang yang Perlu Kamu Tahu

Alfy Suwaima Photo Verified Writer Alfy Suwaima

Perempuan yang suatu hari akan menetap di Adelaide, kota pesisir di Samudra Selatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya