Comscore Tracker

5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan agar Bisa Menghargai Waktu

Yuk, terapkan dari sekarang!

Bagi kebanyakan orang, waktu itu adalah uang. Memang pada dasarnya, waktu tak dapat dibeli dan dirasakan seperti benda yang kita pegang. Namun, di balik itu, waktu juga berperan penting di balik perkembangan seseorang. Karena itulah, penting bagi kita untuk menghargai waktu sebaik mungkin. Kamu tentu sudah sering mendengar apa itu menghargai waktu. 

Yap, menghargai waktu merupakan keadaan dimana kamu mampu memanfaatkan waktu untuk melakukan berbagai hal bermanfaat tanpa melewatkannya secara sia-sia. Namun, di zaman yang kian pesat sekarang ini, banyak orang yang memilih untuk bermalas-malasan tanpa mengetahui pentingnya waktu yang ia lewatkan tersebut.

Nah, bagi kamu yang belum bisa menghargai waktu secara maksimal, IDN Times punya sedikit tips supaya waktu kamu tak terbuang begitu saja. Tanpa berlama-lama, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Buat daftar rutinitas yang akan dilakukan setiap harinya

5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan agar Bisa Menghargai WaktuIlustrasi seseorang ketika menulis. (pexels.com/Cristian Rojas)

Tips yang pertama adalah membuat daftar rutinitas. Perlu diketahui bahwa rutinitas seseorang mungkin tak selalu sama setiap harinya. Namun dengan membuat daftar tersebut, secara tak langsung akan menjadikan kamu sebagai pribadi yang lebih terarah dan teratur. Hal tersebut terjadi lantaran kamu mengikuti pedoman yang kamu buat sendiri.

Tak perlu muluk-muluk, daftar aktivitas yang kamu buat nantinya adalah apa yang sudah sering kamu kerjakan sebelumnya. Selain itu, rutinitas tersebut tak harus selalu sama antara hari yang satu dan lainnya. Dengan beragam aktivitas yang sudah kamu susun, waktu yang kamu lewati tentunya akan terlewati dengan baik dan takkan terbuang begitu saja.

2. Prioritaskan untuk mengerjakan sesuatu yang lebih penting dan bersifat mendesak

5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan agar Bisa Menghargai WaktuIlustrasi bekerja dari rumah. (unsplash.com/Ian Harber)

Di saat kamu dihadapkan oleh sederet aktivitas yang telah menanti, lebih baik jika kamu memilih untuk mengerjakan hal yang bersifat penting dan harus diselesaikan secepatnya terlebih dahulu. Pernyataan ini bukan semata-mata hanya untuk menghargai waktu saja, melainkan banyak manfaat lainnya yang juga akan kamu rasakan.

Dengan memprioritaskan hal yang lebih penting, kamu tentu tak akan terburu-buru mengenai waktu. Jika kamu memprioritaskan hal semacam ini, kamu akan belajar mengenai penggunaan waktu yang efektif serta efisien. Selain itu, hasil dari pekerjaan yang telah kamu selesaikan juga akan lebih baik dibandingkan saat kamu mengerjakannya secara tergesa-gesa.

3. Jangan menunda-nunda dan gunakan waktu semaksimal mungkin

5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan agar Bisa Menghargai WaktuIlustrasi bekerja dari rumah. (unsplash.com/Brooke Cagle)

Menunda-nunda pekerjaan dengan menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan memang menyenangkan. Tapi alangkah baiknya, kamu tak melakukan hal semacam itu terlalu berlebihan karena akan berdampak buruk. Kamu harus mampu memanfaatkan setiap waktu yang ada tanpa harus melewatkannya begitu saja. Dengan begitu, kamu berhasil menghargai waktu di saat itu juga.

Tanpa disadari, secara tidak langsung kamu belajar bagaimana memanfaatkan setiap momen dalam hari-hari yang kamu lewati dengan baik. Selain itu, setiap pekerjaan yang kamu lakukan juga akan terasa lebih bagus dibandingkan kamu harus menunda-nundanya. Namun di balik rutinitas yang kamu lakukan, jangan lupa untuk beristirahat yang cukup dan diselingi dengan beribadah, ya!

Baca Juga: 5 Akibat jika Gak Bisa Menghargai yang Dimiliki, Selalu Merasa Kurang

4. Periksa kembali efektivitas dari kegiatan yang rutin kamu lakukan

5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan agar Bisa Menghargai WaktuIlustrasi seseorang ketika menulis. (unsplash.com/Gift Habeshaw)

Setelah hari-hari yang kamu lewati disibukkan dengan berbagai rutinitas, kamu juga perlu menilai apakah aktivitas yang telah dilakukan selama ini efektif atau tidak. Dalam hal ini, efektif berarti kamu tak mengalami kesulitan selama menjalankan rutinitas tersebut. Bila merasa ada kendala, kamu harus memilih alternatif lain tanpa membuang esensi dari rutinitas yang telah kamu lakukan.

Dengan menghargai waktu juga, kamu bisa belajar menggali potensi dan bakat yang tersembunyi. Meski terlihat membosankan, tak ada salahnya untuk mencoba, apalagi di saat kamu memiliki waktu luang yang bisa dimanfaatkan. Dengan penilaian yang sudah kamu buat, kamu bakal mengerti betapa pentingnya waktu yang pernah kamu lewatkan secara sia-sia. 

5. Memberikan self reward pada diri sendiri setelah merasa berhasil

5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan agar Bisa Menghargai WaktuIlustrasi seseorang bermain smartphone. (pexels.com/Andrea/Piacquadio)

Tips terakhir merupakan poin di saat kamu merasa sudah berhasil menghargai waktu. Meski sebenarnya tak perlu dirayakan, tak ada salahnya kamu memberi hadiah untuk diri sendiri karena berhasil mengusir rasa ego dan malas. Memberikan self reward juga tak selalu harus berupa benda mahal dan bernilai tinggi, tapi juga bisa dengan cara lain.

Misalnya saja, kamu bisa libur dari segala rutinitas berat selama sehari dan memutuskan untuk bersantai dengan menonton film atau pun bermain game. Selain itu, tak ada salahnya memberikan self reward dengan berkumpul dan berkreasi bersama keluarga di rumah tanpa harus memberitahukan kepada mereka. Dengan begitu, kamu dapat mempererat hubungan dengan anggota keluarga satu sama lain.

Masih banyak orang yang belum menghargai waktu dengan baik. Untuk itu, kamu tentu tak boleh lagi membuang waktu secara percuma dan harus memanfaatkannya semaksimal mungkin. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Waktu Orang Lain, Jangan Suka Ngaret!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya