Comscore Tracker

5 Quotes Tokoh Dunia Ini Meyakinkanmu sebelum Sukses Harus Gagal Dulu!

Don't be afraid to make a mistake

Sesukses-suksesnya seseorang bahkan sampai sekarang bisa tersohor namanya hingga penjuru dunia pastilah pernah merasakan yang namanya kegagalan, tapi mereka memilih untuk tidak memandang bahwa kegagalan sebagai akhir hidupnya.

Mereka berhasil merubah pola pikirnya, mereka terus berusaha hingga mencapai apa yang mereka inginkan. Entah setelah kegagalan yang ke berapa kali mereka berhasil, baginya itu adalah proses. Lantas bagaimana pandangan tokoh dunia terhadap kegagalan? Check them out!

1. Kegagalan adalah guru

5 Quotes Tokoh Dunia Ini Meyakinkanmu sebelum Sukses Harus Gagal Dulu!pexels.com/Retha Ferguson

Denis Waitley adalah seorang motivator dan penulis buku berkebangsaan Amerika Serikat. Mulai dikenal karena bukunya yang berjudul The Psychology of Winning, Seeds of Greatness, dan The Winners Edge. Waitley yang kini berusia 87 tahun telah memotivasi banyak orang melalui cara pandangnya tentang kegagalan. 

Failure should be our teacher, not our undertaker. Failure is delay, not defeat. It is a temporary detour, not a dead end. Failure is something we can avoid only by saying nothing, doing nothing, and being nothing. 

Menurutnya kegagalan haruslah menjadi gurumu bukan sebagai sesuatu yang menjatuhkanmu. Ubahlah pola pikirmu bahwa kegagalan adalah kekalahan melainkan penundaan atas keberhasilan yang kelak akan kamu raih. Kegagalan bukanlah jalan buntu yang membuatmu berhenti melakukan apa-apa, yang akhirnya membuatmu tidak menjadi apa-apa.

2. Menyerah berarti sudah dekat dengan keberhasilan

5 Quotes Tokoh Dunia Ini Meyakinkanmu sebelum Sukses Harus Gagal Dulu!poxabay.com/geralt

Siapa di dunia ini yang tidak mengenal Thomas Alva Edison, seorang penemu yang tersohor akan kegagalannya. Tapi yang menarik bahwa Edison sendiri tidak pernah menganggap bahwa dirinya gagal. Meski sekarang jasadnya telah tiada namun jasanya akan selalu ada terkenang bahkan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan bagaimana jika kini tidak ada lampu untuk menerangi setiap aktivitas kita, pastilah cukup sulit untuk melakukan apapun, bukan? 

 I have not failed. Ive just found 10.000 ways that wont work. 

Menurut Edison, dirinya tidak pernah gagal, melainkan dia hanya menemukan 10.000 cara yang tidak berfungsi. Anggaplah sebuah kegagalan itu sebagai tahapan cara untuk meraih keberhasilan. Gagal, coba lagi, gagal coba lagi, janganlah menyerah, karena menurutnya jika kamu menyerah, sesungguhnya kamu tidak menyadari bahwa keberhasilan sedikit lagi akan kamu raih. Masih yakin mau nyerah, padahal keberhasilan tinggal selangkah lagi bahkan sudah di depan mata?

3. Hindari kegagalan sama dengan hindari kesuksesan

5 Quotes Tokoh Dunia Ini Meyakinkanmu sebelum Sukses Harus Gagal Dulu!pixabay.com/RynMcguire

Seorang investor dan motivator, Robert T. Kiyosaki yang terkenal dengan bukunya berjudul Rich Dad, Poor Dad, memberikan stigma baru bagi dunia intelektual, bisnis dan Sumber Daya Manusia di Indonesia. Kiyosaki memberikan pandangannya juga terhadap kegagalan dengan mengatakan, 

Winners are not afraid of losing. But losers are. Failure is part of the process of success. People who avoid failure also avoid success.

Menurutnya hanya seorang pecundang yang takut akan kegagalan, jadilah berani terhadap kegagalan maka kamu akan keluar menjadi pemenangnya. Dan baginya jika ada orang-orang yang tidak mau merasakan kegagalan maka sejatinya mereka juga menghindari sebuah keberhasilan pun kesuksesan. So, buat apalagi kamu takut gagal? Padahal kegagalan adalah bagian dari sebuah kesuksesan bukan lawan dari sebuah kesuksesan.

Baca Juga: 9 Quotes Jae DAY6 Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagia Menjalani Hidup

4. Kegagalan terbesar adalah sebuah kesuksesan

5 Quotes Tokoh Dunia Ini Meyakinkanmu sebelum Sukses Harus Gagal Dulu!pexels.com/Andrea Piacquadio

Napoleon Hill, seorang penulis berkebangsaan Amerika Serikat yang berfokus untuk memotivasi orang-orang di dunia bahwa apapun kemampuan yang kamu miliki, kesuksesan pasti akan kamu raih. Hill yang terkenal dengan bukunya Think and Grow Rich ini juga membagikan kutipan tentang sebuah kegagalan,

Most great people have attained their greatest success just one step beyond their greatest failure. 

Menurutnya orang yang paling sukses di dunia ini pun pasti memiliki kegagalan terbesar dalam hidupnya sebelum mencapai sebuah kesuksesan. Filosofinya adalah kamu tidak akan pernah mencicipi sebuah kesuksesan yang besar sebelum dirimu merasakan sebuah kegagalan yang besar juga.

5. Terdapat dua cara melalui sebuah kegagalan

5 Quotes Tokoh Dunia Ini Meyakinkanmu sebelum Sukses Harus Gagal Dulu!instagram.com/taylorswift

Taylor Swift, seorang penyanyi dan penulis berkebangsaan Amerika Serikat yang juga telah memotivasi banyak orang di dunia ini melalui lagu-lagu yang ditulisnya. Swift yang memulai karirnya dari bawah hingga kini masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time, mengatakan

There are two ways you can get through pain. You can let it destroy you, or you can use it as fuel to drive you to dream bigger and work harder. 

Menurutnya kegagalan memanglah menyakitkan dan untuk melalui hal menyakitkan itu hanya ada dua cara. Yang pertama kamu membiarkan kesakitan itu menghancurkanmu atau kamu akan gunakan kesakitan itu sebagai bahan bakar otakmu untuk bermimpi dan bekerja keras. Jadi janganlah kamu membiarkan suatu kegagalan merampas mimpi-mimpi pun angan-anganmu, jadikanlah sebuah kegagalan sebagai awal dari kesuksesanmu kelak. Failure isn’t mean over but that is time to start to do something that better than before!

Nah itu dia 5 kutipan inspiratif dari para tokoh dunia yang dapat memotivasimu agar tidak takut akan kegagalan. Tapi yakinilah bahwa motivator terbesar adalah dirimu sendiri, jadi tunggu apalagi? Now is the best time to change your mind set and create a better future!

Baca Juga: 5 Quotes Noah Centineo 'To All the Boys' Cocok untuk Kamu Usia 20an

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Born into nothing and grow into something. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya