Comscore Tracker

Bak Puasa Setahun, Ini 5 Keutamaan Puasa Syawal yang Wajib Kamu Tahu! 

Yuk, puasa lagi setelah #RamadanDiRumah

Bulan Syawal sebagai salah satu bulan yang diistimewakan dalam Islam. Banyak amalan yang bisa dilakukan oleh seseorang pada bulan Syawal ini. Salah satunya adalah puasa, dengan berbagai keutamaan yang ditawarkan, rasanya sayang jika, tidak melaksanakan puasa pada bulan ini. 

Apa saja, ya keutamaan puasa pada bulan Syawal ini? Langsung aja simak penjelasannya berikut! 

1. Penyempurna ibadah

Bak Puasa Setahun, Ini 5 Keutamaan Puasa Syawal yang Wajib Kamu Tahu! Freepik.com/mkitina4

Puasa wajib pada bulan Ramadan diapit dengan dua bulan yang istimewa. Yaitu, bulan sebelum Ramadan, Sya'ban, dan bulan setelah Ramadan, Syawal. Oleh karena itu, kedua bulan itu memiliki posisi selayaknya salat sunnah rawatib. Yang mana, salat sunah rawatib memiliki fungsi sebagai penyempurna salat fardu.

Sama halnya dengan puasa Syawal dan Sya'ban adalah penyempurna dari puasa Ramadan. Yang mungkin saja, terdapat beberapa kekurangan yang dilakukan saat menjalani puasa Ramadan selama sebulan tersebut. 

2. Tanda diterimanya puasa Ramadan

Bak Puasa Setahun, Ini 5 Keutamaan Puasa Syawal yang Wajib Kamu Tahu! Pixabay/Ahmad Ardity

Puasa Syawal juga bisa dimaknai sebagai tanda penerimaan Allah SWT terhadap amalan puasa Ramadan yang telah ditunaikan. Kenapa? Karena, Allah SWT, apabila menerima amal seorang hamba-Nya, maka, Dia pun akan memberikan taufik kepadanya. Salah satu caranya, adalah memerintahkan untuk beramal salih setelah sempurna amalan salih sebelumnya dilakukan. 

Baca Juga: Selain Puasa Ramadan, Ini 11 Puasa Lainnya dalam Islam

3. Menghidupkan sunah Nabi

Bak Puasa Setahun, Ini 5 Keutamaan Puasa Syawal yang Wajib Kamu Tahu! rumahzakat.org

Keutamaan selanjutnya, bagi orang-orang yang menunaikan ibadah puasa di bulan Syawal, sama dengan menghidupkan sunah Nabi. Yang mana, dengan menghidupkan sunah Nabi, sama saja seseorang itu mencintai Nabi dan akan bersama Nabi di surga kelak. Berikut hadisnya:

من أحيا سنتي فقد أحبني ومن أحبني كان معي في الجنة 

“Barang siapa yang menghidupkan sunnahku maka dia telah mencintaiku, barang siapa yang mencintaiku maka dia akan bersamaku di surga".

4. Peningkatan iman

Bak Puasa Setahun, Ini 5 Keutamaan Puasa Syawal yang Wajib Kamu Tahu! pexels.com/mentatdgt

Bulan Syawal adalah bulan ke-10 dalam kalender Islam yang memiliki makna meningkat atau menaikkan. Jika, dikaitkan dengan bulan sebelumnya, yaitu bulan Ramadan, yang mana pada bulan Ramadan umat Islam memiliki kewajiban untuk puasa.

Nah, pada bulan setelahnya, yaitu bulan Syawal, seseorang dianjurkan untuk meningkatkan amalan, salah satunya dengan menunaikan puasa.

5. Bak puasa setahun

Bak Puasa Setahun, Ini 5 Keutamaan Puasa Syawal yang Wajib Kamu Tahu! celebesmedia.id

Yang terakhir, adalah dengan menunaikan puasa 6 hari pada bulan Syawal, setara dengan puasa satu tahun penuh, lho! Karena, bulan puasa Ramadan selama 30 hari yang pahalanya dilipatgandakan setara dengan 10 bulan puasa. Sedangkan, 6 hari puasa pada bulan Syawal setara dengan 2 bulan puasa.

Sehingga, genaplah seseorang itu akan mendapat nilai puasa 12 bulan atau satu tahun. Berikut hadis yang menjelaskan keutamaan puasa 6 hari pada bulan Syawal: 

عَنْ أبِي أَيُّوْبَ اْلأَنْصَارِيِّ – رضي الله عنه – أَنَّ رَسُوْلُ اللهِ – صلى الله عليه و سلّم- قَالَ: مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَ أَْتبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَهْرِ

 

Dari Abu Ayyub al-Anshari –radhiyallahu ‘anhu- bahwasanya Rasulullah –shallallahu ‘alahi wa sallam– bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa satu tahun penuh” (HR. Imam Muslim dalam Shahihnya 1164).

Nah, itulah 5 keutamaan yang bisa kamu raih jika memutuskan untuk berpuasa 6 hari pada bulan Syawal. Selamat menunaikan! 

Baca Juga: 5 Alasan Puasa di Bulan Syawal Lebih Terasa Berat dari Ramadan

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Born into nothing and grow into something. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya