Comscore Tracker

Malu Bicara di Depan Umum? Yuk, Intip 5 Quotes dari Merry Riana Ini

Percaya diri itu penting lho!

Malu adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Perasaan takut salah, dihujat, atau bahkan ditertawakan adalah beberapa alasan yang menjadikan seseorang tidak percaya diri jika harus berbicara di depan umum. 

Salah satu motivator muda Indonesia, Merry Riana pun berusaha untuk mendorong para anak muda agar melawan rasa malu itu dengan quotes berikut ini.

1. Jangan pikirkan hasil, yang penting adalah prosesnya!

Malu Bicara di Depan Umum? Yuk, Intip 5 Quotes dari Merry Riana Iniinstagram.com/merryriana

Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang langsung berhasil di percobaan pertama. Come on, semua butuh proses untuk mendapatkan suatu keberhasilan. Sama halnya juga denganmu yang baru pertama kali atau bahkan beberapa kali berbicara di depan umum namun tetap saja belum percaya diri.

Nah, tipsnya adalah jangan berhenti untuk terus berbicara di depan umum. Paksa dirimu agar terus berbicara, karena entah percobaan ke berapa rasa malu itu akan hilang. Teruslah bicara hingga rasa malumu hilang dan kamu akhirnya menyukai untuk berbicara di depan umum! 

2. Fokus perjuangkan orang-orang yang kamu sayangi!

Malu Bicara di Depan Umum? Yuk, Intip 5 Quotes dari Merry Riana Iniinstagram.com/merryriana

Kamu pasti memiliki orang-orang yang disayangi, bukan? Entah itu keluargamu, sahabatmu, kekasihmu, pokoknya siapa pun yang kamu sayangi deh. Fokuslah berjuang untuk mereka, tak perlu pedulikan orang lain yang menghujatmu hingga buatmu tidak percaya diri. 

Tanamkan mind set sebelum berbicara di depan umum bahwa, kamu akan melakukan yang terbaik untuk mereka. Kamu tidak boleh mengecewakan orang-orang yang kamu sayangi dengan rasa takutmu itu! 

Baca Juga: Pelajaran dari Merry Riana, Perempuan Hebat yang Sukses di Usia Muda!

3. Pikirkan hal-hal yang positif!

Malu Bicara di Depan Umum? Yuk, Intip 5 Quotes dari Merry Riana Iniinstagram.com/merryriana

Jangan berpikiran negatif ketika kamu hendak berbicara di depan umum. Entah kamu berpikiran akan dihujat, ditertawakan, atau hal-hal negatif sebangsanya. Kenapa tidak boleh? karena apa yang kamu pikirkan berpeluang untuk menjadi kenyataan. Semua yang kamu pikirkan mau positif ataupun negatif, pikiran itulah yang merancang masa depanmu. 

So, mulai sekarang mulailah berpikir hal-hal yang positif untuk dirimu sendiri. Bayangkan bahwa kamu pasti bisa membuat semua orang terkesan dengan apa yang kamu bicarakan! 

4. Fokus pada kelebihanmu, bukan pada kekuranganmu!

Malu Bicara di Depan Umum? Yuk, Intip 5 Quotes dari Merry Riana Iniinstagram.com/merryriana

Setiap orang diciptakan dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tanamkan statement tersebut dalam dirimu. Tidak akan ada orang yang tidak memiliki kelebihan sedikit pun dalam dirinya, pasti ada! 

Carilah kelebihan dirimu sendiri, dan kelebihan itulah yang membuatmu berbeda dari yang lain. Jangan fokuskan pada kekuranganmu lalu, membandingkannya dengan kelebihan yang dimiliki oleh orang lain. Karena tidak akan sama perbandingannya. Semua orang hebat dalam bidangnya masing-masing. If you lucky enough to be different, why you have to change it? 

5. Bicaralah dengan tulus dari hatimu!

Malu Bicara di Depan Umum? Yuk, Intip 5 Quotes dari Merry Riana Iniinstagram.com/merryriana

Yang terakhir yaitu, bicaralah dari hatimu dengan setulus-tulusnya. Karena dengan ketulusanmu itu dapat menghantarkan para audiens untuk lebih mudah memahami apa yang sedang kamu jelaskan. 

Berbeda jika kamu hanya menyampaikan apa yang sudah kamu hafalkan saja, maka apa yang kamu sampaikan tersebut belum tentu dipahami oleh audiens, bukan? Just speak up with your truly heart! 

Nah, itu dia lima quotes dari Merry Riana yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi rasa takutmu ketika berbicara di depan umum. Mudah-mudahan bisa bermanfaat ya! 

Baca Juga: 5 Quotes Merry Riana Menghilangkan Rasa Takut, Dijamin Ampuh!

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Penyembah Allah yang singgah ke bumi untuk menebarkan manfaat, someday we're gonna win.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You