Comscore Tracker

5 Hal Penting Ini akan Hilang dari Dirimu Jika Sering Menyontek

Ayo stop cheating!

Menyontek adalah salah satu perilaku yang tidak baik yang dilakukan seorang siswa saat ujian tiba. Mungkin bagi sebagian siswa, menyontek adalah hal yang lumrah untuk dilakukan. Apalagi, sekarang teknologi sudah semakin canggih sehingga proses menyontek pun semakin beragam. Namun, nyatanya kegiatan tidak baik ini memiliki banyak dampak buruk terkhusus untuk dirimu sendiri.

Jika kamu masih sering menyontek saat ujian, maka sudah saatnya kamu berhenti melakukannya karena 5 hal penting dari dirimu di bawah ini akan perlahan-lahan hilang.

1. Moral, akhlak dan harga dirimu akan rusak

5 Hal Penting  Ini akan Hilang dari Dirimu Jika Sering MenyontekUnsplash/Tim Gouw

Kamu pasti sudah tahu bahwa menyontek adalah hal dilarang saat ujian berlangsung dan tidak ada satu alasan pun yang dibenarkan untuk melakukannya. Jadi, sudah jelas bahwa menyontek adalah perilaku yang buruk yang lama kelamaan akan merusak moral dan akhlakmu karena membuatmu terbiasa melakukan hal yang dilarang.

Jika akhlak dan moral yang kamu miliki sudah kamu rusak sendiri dengan kebiasaan ini, lalu apa kabar dengan harga diri kamu di depan teman-teman terlebih di depan gurumu? Tidakkah lagi ada rasa malu yang mencuat yang saat ketahuan melakukannya? Dan tidak kah tergores harga dirimu jika teman dan gurumu menganggap rendah dirimu karena melakukan kecurangan?

2. Menurunnya rasa percaya diri dan meningkatkan ketergantungan akan sesuatu

5 Hal Penting  Ini akan Hilang dari Dirimu Jika Sering MenyontekUnsplash/Headway

Jelas sekali bahwa orang-orang yang menyontek akan bergantung pada catatan yang dibuatnya menjelang ujian. Seperti halnya seseorang yang kecanduan obat terlarang, maka kamu pun akan merasakan betapa toksiknya kecanduan terhadap catatan saat ujian entah kamu sadari cepat atau lambat.

Kamu yang sudah ketergantungan catatan saat ujian maka dengan perlahan pun akan menurunkan rasa percaya dirimu untuk mengerjakan soal ujian dengan kemampuanmu sendiri.

Baca Juga: Hindari 7 Hal Ini Saat Belajar Biar Nilai Ujianmu Maksimal!

3. Hilangnya sifat jujur dan seringkali membohongi diri sendiri terlebih orang lain

5 Hal Penting  Ini akan Hilang dari Dirimu Jika Sering MenyontekUnsplash/Scott Webb

Nilai yang kamu dapatkah dari hasil ujian boleh saja tinggi dan membuatmu merasa bahagia. Tapi, mengingat cara yang kamu lakukan untuk mendapatkan nilai tinggi itu jelas tak akan membuatmu benar-benar merasa puas. Entah kamu sadari atau tidak, kamu hanyalah membohongi diri sendiri.

Meski demikian, hati kecilmu tahu bahwa hasil yang kamu dapatkan tidak bisa menjelaskan seberapa tinggi kualifikasimu, serta nilai yang kamu dapatkan hanya sebuah nilai manipulatif dari hasil menyontek.

Selain membohongi diri sendiri, kamu juga sudah membohongi gurumu yang mungkin menganggap bahwa kamu sudah cukup pantas untuk lulus di mata pelajaran yang kamu ikuti. Bukan hanya itu, kamu juga sudah membohongi orangtuamu yang tentu akan merasa bangga jika anaknya memiliki nilai yang memuaskan.

4. Kebaikan akan memudar dari penglihatnmu dan kamu akan terbiasa menghalalkan segala cara untuk mencapai apa yang kamu inginkan

5 Hal Penting  Ini akan Hilang dari Dirimu Jika Sering MenyontekUnsplash/Annie Spratt

Kebiasaan menyontek yang mungkin kamu anggap kecil sekarang, nyatanya akan berdampak buruk bagi dirimu di masa depan. Kamu yang terbiasa melakukan kecurangan saat ujian akan menganggap hal itu sebagai hal yang mudah dan lumrah untuk dilakukan.

Jika kecurangan sudah kamu anggap biasa maka kamu akan sulit membedakan yang baik dan yang buruk. Nah, hal seperti inilah yang akan sangat mungkin menjadikanmu sosok yang mampu menghalalkan segala cara untuk mencapai hal yang kamu inginkan.

5. Tidak bisa menghargai diri sendiri dan membuatmu kehilangan jati diri.

5 Hal Penting  Ini akan Hilang dari Dirimu Jika Sering MenyontekUnsplash/Joshua Earle

“Bagaimana orang lain akan menghargaimu jika kamu sendiri tidak bisa menghargai dirimu sendiri” kalimat semacam ini mungkin sudah sangat sering kita dengar dan sudah jelas sekali maksudnya.

Saat menyontek, kamu akan berpatokan dengan catatan yang kamu buat. Kebiasaan ini akan terus menerus membuatmu mengesampingkan pendapatmu sendiri, menjadikanmu tidak leluasa mengekspresikan dirimu, bahkan membuatmu kehilangan jati dirimu.

Hal yang sangat fatal sekali bukan jika kebiasaan yang saat ini mungkin masih kamu anggap remeh bisa membuatmu kehilangan banyak hal dari dirimu? So, hentikan kebiasaan menyontekmu sekarang juga.

Baca Juga: Berhenti Selagi Bisa, 8 Akibat Fatal Kalau Kamu Terbiasa Menyontek!

Amanda Pratiwi Photo Verified Writer Amanda Pratiwi

Be the best version of you

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You