Comscore Tracker

Buat Kamu Anak Kos, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kehidupan Ngekosmu Damai

Belajar untuk speak out deh

Sudah berapa lamu kamu hidup ngekos? Sudah bertahun-tahun atau baru beberapa bulan? Kamu pasti tahu dong ada begitu banyak problematika dalam kehidupan ngekos. Atau jangan-jangan kamu baru berencana buat hidup ngekos tahun ini? Jika iya, hal-hal berikut akan membantu kamu mencapai kehidupan ngekosmu dengan nyaman di masa mendatang.

Jadi, langsung saja ini 5 hal yang harus kamu lakukan supaya kehidupan ngekosmu terasa damai. 

1. Belajar untuk keluarkan pendapatmu karena toleransi tidak akan terjadi jika tak ada komunikasi

Buat Kamu Anak Kos, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kehidupan Ngekosmu Damaidramabeans.com

Pernah nggak ngeras terganggu dengan kelakuan teman kosanmu yang lain? Kamu nggak  suka mereka nyalain musik kencang-kencang atau bicara sampe suaranya kedengaran satu kosan, pernah nggak? Pasti risih banget kan?

Untuk itu, mulai sekarang keluarkan semua pendapatmu, sampaikan bahwa kamu juga butuh ketenangan dan mereka tak selayaknya berlaku seenaknya. Pasalnya, kalau kamu tidak mengatakannya mereka tidak akan tahu apa yang kamu suka dan tidak kamu sukai.

2. Jauhi menyepelekan aturan dan kewajiban di kosanmu

Buat Kamu Anak Kos, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kehidupan Ngekosmu Damaisoompi.com

Pernah menyepelekan kewajibanmu di kosan semisal membersikan dapur setelah makan karena bad mood pasalnya masalahmu tak kujung selesai dan malah tambah runyam? Jika iya, kamu melakukan kesalahan besar. Ingat, semua orang punya masalah dan menyepelekan kewajiban sekecil apapun akan merusak keseimbangan kehidupan kosan kalian.

Jika di kosanmu ditinggali sesama mahasiswa itu berarti mereka juga punya kesibukannya masing-masing jadi jangan tambah kesibukan mereka dengan keteledoranmu. Terus kalau kamu tak ingin mendapat omelan sesama teman kos yang pastinya mengganggu kenyamanmu di kos, jangan lakukan hal itu ya guys.

Baca Juga: Anak Kost Wajib Tahu, 5 Kreasi Mie Instan yang Bikin Tambah Yummy

3. Jangan banyak ikut campur kehidupan teman kosmu apalagi men-judge, kamu tak pernah tahu apa yang mereka hadapi

Buat Kamu Anak Kos, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kehidupan Ngekosmu Damaidramabeans.com

Teman kosanmu sering pulang larut malam lantas kamu men-judge mereka yang tidak-tidak, pernah? Itu tak ada gunanya, friends. Malah dengan megurusi kehidupan teman kosmu, pikiranmu tak akan tenang. Jikalau kamu memang peduli, tanyakan padanya secara baik-baik soalnya kamu tak tahu betul apa yang sebenarnya terjadi. Intinya, jangan cuma berasumsi negatif.

4. Saling berbagi dengan teman kosan, hal itu akan menimbulkan rasa persaudaraan antar sesama

Buat Kamu Anak Kos, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kehidupan Ngekosmu Damaiid.pinterest.com

Saling berbagi akan menimbulkan jiwa persaudaraan di antara sesama anak kos. Nah, jika kalian sudah ada di titik merasa kalau teman kosmu bukan lagi orang lain, maka itu akan menimbulkan perasaan nyaman tinggal di kosan. Jadi, coba untuk saling berbagi. Berbagi makanan misal atau meminjamkan mereka sesuatu yang mereka butuhkan. Kamu nggak akan rugi kok, malahan mereka juga tak segan untuk berbagi hal denganmu.

5. Tersenyum dan saling memberi dukungan satu sama lain karena seberapa hebat pun kamu, kamu tetap butuh orang lain

Buat Kamu Anak Kos, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kehidupan Ngekosmu Damaihancinema.net

Jangan cuma bersikap cuek ketika kalian bertemu sesama anak kos. Sesekali tersenyumlah, toh nggak ada ruginya jika cuma tersenyum. Malah, tersenyum akan menimbulkan persepsi ramah dari teman kosmu dan tak segan untuk bersikap ramah pula padamu.

Kenyamanan di bawah atap yang sama tak akan kamu dapatkan jika bersikap cuek dan egois. Jika sekarang kamu masih baik-baik saja dengan sikapmu yang seperti itu maka ingatlah bahwa sudah menjadi takdir manusia untuk saling membutuhkan satu sama lain.

Nah, sudah berapa hal yang kamu lakukan? Intinya, perlakukan teman kosmu dengan maka mereka juga akan bersikap demikian. 

Baca Juga: 10 Makanan yang Tahan Lama Tanpa Masuk Kulkas, Cocok buat Anak Kost!

Amanda Pratiwi Photo Verified Writer Amanda Pratiwi

Be the best version of you

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya