Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Melawan Ketakutan di Hatimu, Jangan Sembunyi!

Rasa takut itu harus ditaklukan!

Menghadapi sebuah ketakutan memang bukanlah hal yang mudah. Tak heran bila kebanyakan orang cenderung lebih memilih bersembunyi, bahkan lari dari kenyataan dengan alasan takut menghadapi risiko.

Well, sebenarnya nggak semua ketakutan itu perlu dihindari. Terkadang rasa takut muncul hanya karena kecemasan yang berlebihan. Terlalu mendramatisir keadaan juga menjadi pemicu timbulnya ketakutan.

Tentunya mindset yang demikian itu nggak boleh dibiarkan saja. Jika kamu terus-menerus menghindari ketakutan, maka hidupmu nggak akan pernah maju.

Nah, berikut ini sederet alasan mengapa kamu perlu menghadapi ketakutanmu!

1. Bersembunyi dari rasa takut tidak menyelesaikan masalah. Sebaliknya, justru bikin ketakutanmu makin besar

5 Alasan Kamu Harus Melawan Ketakutan di Hatimu, Jangan Sembunyi!pixabay.com/free-photos

Apa yang kamu takutkan dalam hatimu sebaiknya jangan dihindari. Semisal nih, kamu phobia di keramaian, maka janganlah kamu terus-menerus bersembunyi dalam rumah. Perbuatanmu tersebut sama sekali nggak menyelesaikan masalah. Sebaliknya justru membuat ketakutanmu makin bertambah. 

Satu-satunya cara untuk menyingkirkan rasa takut itu yakni dengan menghadapinya. You don't have choice! 

2. Dengan kamu terus-menerus lari dari ketakutan, itu juga membuat hidupmu stuck dan nggak maju-maju

5 Alasan Kamu Harus Melawan Ketakutan di Hatimu, Jangan Sembunyi!nspcc.org.uk

Kerugian lain yang mungkin tak kamu sadari adalah saat kamu bersembunyi dari ketakutan, maka hidupmu akan stuck alias nggak akan maju-maju. Kamu bakal terjebak dalam 'ruang' yang sama tanpa ada perubahan ataupun perkembangan. 

Jika kamu tetap bertahan seperti ini, maka kamu nggak bakal tahu seberapa besar kemampuan dirimu. Ingat guys, kamu hebat lebih dari yang kamu pikirkan! Hanya saja sesekali kamu perlu melawan ketakutan yang bersemayam dalam hatimu. 

Baca Juga: Gak Perlu Takut, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Berani Bilang 'Tidak'

3. Kamu akan jadi sosok yang lebih tangguh saat berhasil mengalahkan ketakutan di hatimu

5 Alasan Kamu Harus Melawan Ketakutan di Hatimu, Jangan Sembunyi!pexels.com/@colin

Melawan sebuah ketakutan yang berasal dari dalam diri memang sangat sulit. Tapi percayalah, saat kamu berhasil menghancurkan rasa takut itu maka kamu akan merasakan kepuasan tersendiri.  

Tak peduli hasilnya baik atau tidak,  seengaknya kamu sudah berani melangkah dan hal tersebut membuatmu jadi sosok yang lebih tangguh. 

4. Hidup pun akan terasa lebih tenang saat kamu tak lagi dikejar-kejar oleh rasa takut

5 Alasan Kamu Harus Melawan Ketakutan di Hatimu, Jangan Sembunyi!psiloveyou.xyz

Tak hanya rasa puas, ketika satu persatu ketakutanmu berhasil ditaklukan, maka perlahan kamu akan merasakan ketenangan hati.

Memang, bukan berarti semua masalahmu terselesaikan. Tapi seenggaknya dengan melawan rasa takut bisa mengurangi sedikit tekanan di dalam batinmu. Seenggaknya kamu nggak perlu hidup di dalam bayang-bayang ketakutan atau cemas berlebihan. 

5. Sejatinya, ketakutan itu gak bisa dihindari! Mungkin saat ini kamu bersembunyi, tapi suatu saat keadaan yang akan memaksamu untuk berhadapan dengan rasa takut tersebut!

5 Alasan Kamu Harus Melawan Ketakutan di Hatimu, Jangan Sembunyi!pexels.com/@baphi

Kamu bisa saja terus menghindar dari ketakutanmu. Tapi apakah itu akan membantu? Untuk sementara mungkin iya. Namun kamu nggak bisa selamanya bersembunyi dari rasa takut.

Suatu saat, keadaan yang akan memaksamu untuk berhadapan dengannya. Siap nggak siap, kamu harus bertemu dengan apa yang kamu takutkan. So, sebelum itu terjadi, lebih baik mulailah dari sekarang untuk melawan ketakutan-ketakutan dalam hatimu. 

Nah, jadi itulah sederet alasan mengapa kamu perlu menghadapi ketakutanmu, bukannya bersembunyi. Face everything, face your fears and rise!

Baca Juga: 6 Jenis Traveling yang Wajib Kamu Coba di Usia 20an, Berani?

niya sym Photo Verified Writer niya sym

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya