Comscore Tracker

Jangan Lari, 5 Tantangan Hidup Ini Bisa Melatihmu Jadi Lebih Dewasa

Hadapi saja dengan senyuman!

Tidak ada yang pasti dalam hidup ini. Ibarat roller coaster, terkadang kamu akan merasakan kehidupanmu seolah di atas awan, kemudian terjatuh, bangkit lagi, jungkir balik tanpa henti hingga waktumu berakhir di dunia. Memang sih, tak mudah untuk menjalani semua itu. Namun siap atau tidak, kamu harus bisa menghadapinya. 

Nah, berikut ini beberapa tantangan hidup yang bakalan kamu temukan di kehidupan ini. Tak perlu lari, tantangan ini bisa membuatmu jadi lebih dewasa lho!

1. Kegagalan adalah tantangan yang pasti kamu temui. Just never give up!

Jangan Lari, 5 Tantangan Hidup Ini Bisa Melatihmu Jadi Lebih Dewasapexels.com/Daria Shevtsova

Menghadapi sebuah kegagalan tentunya tidaklah mudah. Selain bikin kecewa, tak jarang kegagalan berujung pada keputusasaan. Apa kamu juga sering merasa demikian? Well, mulai sekarang coba deh ubah mindset-mu. Jangan selalu menganggap kegagalan sebagai kekalahan. Tapi anggaplah gagal itu bagian dari proses untuk mencapai keberhasilan.

Gagal? its okay! Yang perlu kamu lakukan hanyalah bangkit dan mencoba kembali. Don't even think about giving up. 

2. Terhadap mereka yang membencimu, kamu juga tak perlu lari!

Jangan Lari, 5 Tantangan Hidup Ini Bisa Melatihmu Jadi Lebih Dewasapexels.com/MIXU

Tantangan lain yang pasti kamu temui di kehidupan ini yakni keberadaan haters. Ya, orang-orang yang membencimu akan selalu ada sekalipun kamu gak pernah berbuat salah pada mereka.

Lalu bagaimana menyikapinya? Tentu dengan menghadapinya. Jangan pernah lari atau bersembunyi. Kamu juga gak perlu melawannya dengan emosi. Tapi buktikan dengan perbuatan secara elegan. Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang kuat. Dengan begitu, mereka pun akan semakin segan denganmu.

Baca Juga: 5 Cara Hidup Tenang tanpa Stres Meski Berada dalam Keterbatasan

3. Tantang dirimu tuk keluar dari zona nyaman, cobalah hal-hal baru!

Jangan Lari, 5 Tantangan Hidup Ini Bisa Melatihmu Jadi Lebih Dewasapexels.com/David Bartus

Dalam hidup ini, tidak mungkin selamanya kamu bisa bersembunyi di zona nyaman. Jika kamu tidak segera berubah, maka kelak keadaan yang bakal mengubahmu.

Oleh karenanya, sedari sekarang cobalah tantang dirimu untuk keluar dari zona nyaman. Lakukan hal-hal baru yang mungkin belum pernah kamu lakukan. Tak perlu takut! Percayalah, dengan kamu memperluas lingkup pengalamanmu, hal itu justru membuatmu jadi pribadi yang makin berkualitas.

Ingat lho, kesempatan gak datang dua kali. Jadi kalau tidak sekarang, kapan lagi?

4. Hal lain yang tak kalah penting yakni menantang diri untuk mengendalikan emosi

Jangan Lari, 5 Tantangan Hidup Ini Bisa Melatihmu Jadi Lebih Dewasapexels.com/NastyaSensei

Kepribadianmu tak akan menjadi lebih baik apabila kamu tidak pernah bisa belajar arti kesabaran. Menjadi sosok yang berlapang dada dan ikhlas memang gak semudah membalikan telapak tangan. Cobaan dan berbagai masalah yang terus mendatangi hidup kadangkala membuat diri terjerat dalam emosi.

Tapi coba sadarilah, bahwa emosi itu hanya akan menjerumuskanmu pada sesuatu yang lebih buruk. Satu-satunya cara agar hidupmu jadi lebih baik yakni dengan bersabar. Percayalah, kesabaran itu kelak membawa banyak kebaikan.

5. Tantangan terberat disaat kamu harus kehilangan sosok tersayang. Kuatkan dirimu untuk bangkit!

Jangan Lari, 5 Tantangan Hidup Ini Bisa Melatihmu Jadi Lebih Dewasapexels.com/freestocks.org

Tidak ada yang benar-benar kamu miliki di dunia ini. Termasuk orang-orang yang kamu sayangi, cepat atau lambat, mereka akan meninggalkanmu apapun alasannya.

Nah, jika saat ini kamu sedang mengalami kondisi tersebut, entah ditinggal pasangan atau keluarga, maka cobalah untuk tetap tegar. Kamu boleh saja sedih, tapi jangan terus-menerus terpuruk. Bangkitlah! Cobalah menerima kenyataan dengan ikhlas. Jika kamu legawa, hidupmu pasti akan terasa lebih tenang.

Pada dasarnya, menaklukan tantangan hidup memang cukup sulit. Tapi jika kamu yakin, maka tidak ada yang tak bisa kamu capai. Ingat, kamu bisa bila kamu mau!

Baca Juga: Sadari 5 Hal Penting Ini supaya Kamu Bisa Hidup Lebih Tenang

niya sym Photo Verified Writer niya sym

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya