Comscore Tracker

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Justru Rugikan Diri Sendiri! 

Membuang waktu juga, loh! 

Dalam kehidupan ini pastinya setiap orang pernah melakukan kebiasaan buruk. Terjebak dalam sesuatu yang salah, itu wajar! Nobody's perfect. Tapi bila kamu ingin mengubah hidupmu jadi lebih baik tentunya kamu perlu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang gak baik tersebut. 

Nah, berikut ini beberapa kebiasaan yang gak cuma membuang waktu, namun juga bisa merugikan diri sendiri. Segera berhenti bila kamu tak ingin menyesal!

1. Terlalu banyak mengeluh. Gak mau berusaha tapi hanya menggerutu

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Justru Rugikan Diri Sendiri! asianwiki.com

Mengeluh tampaknya udah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Selalu berkeluh kesah setiap ada masalah, namun gak mau berusaha. Huft!

Guys, mengeluh adalah perbuatan yang sama sekali gak bermanfaat. Dengan kamu menggerutu itu hanya akan membuang waktu dan bikin pikiran makin stres. 

Mulai sekarang, kurang-kurangilah kebiasaan mengeluh. Daripada kamu marah-marah dan gak bersyukur, lebih baik berdoa. Pikirkan solusi untuk mengatasi masalahmu dan segeralah mengambil tindakan.

2. Ghibah. Membicarakan dan membuka aib orang lain

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Justru Rugikan Diri Sendiri! pexels.com/helenalopes

Membicarakan dan membongkar aib orang lain juga merupakan tindakan yang tak bermanfaat dan teramat membuang waktu. Coba pikirkan, setelah kamu mengumbar aib temanmu, lalu keuntungan apa yang kamu dapatkan? Nothing! Gak ada, kan?

Jika kamu merasa puas saat membicarakan orang lain, maka tandanya ada 'penyakit' di hatimu. Ya, bisa jadi kamu menyimpan rasa dengki.

Baca Juga: 6 Bukti Kalau Kamu Sudah Memanfaatkan Waktumu dengan Sangat Baik 

3. Stalking media sosial, nonton film atau main game. Kalau kamu melakukannya berlebihan juga termasuk membuang waktu!

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Justru Rugikan Diri Sendiri! pexels.com/Tim Gouw

Menjelajahi sosial media memang sangat mengasyikkan. Bahkan saking asyiknya tak jarang bikin orang lupa waktu. Bukan, begitu?

Well, sesekali menghibur diri dengan main ponsel, nonton film atau nge-game memang gak masalah. Pikiran memang  butuh dirileksasi agar tak terlalu jenuh. Namun ingat jangan berlebihan!

Aktivitas-aktivitas tersebut jelas sangat merugikan diri. Bayangkan saja, di saat kamu masih bersantai kepoin media sosial mantanmu, di luar sana banyak orang yang udah meniti bisnis. Menciptakan lapangan usaha atau membuat karya inovatif. 

Guys, waktumu terlalu berharga bila dihabiskan hanya untuk bermain-main! 

4. Mager alias malas gerak, salah satu kebiasaan yang tak berfaedah

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Justru Rugikan Diri Sendiri! independent.co.uk

Mager alias malas gerak tampaknya telah menjadi kebiasaan bagi remaja jaman now. Kemajuan teknologi yang makin pesat menjadi salah satu faktor penyebabnya. Contohnya saja, mau belanja gak perlu keluar, tinggal beli lewat ponsel. Begitupun kalau lapar, gak perlu repot-repot masak, cukup pesan delivery order.

Guys, jika kamu termasuk tipe yang suka mager, plis segera ubah kebiasaanmu itu! Mager tak cuma membuang waktu. Tapi juga bisa memicu beragam penyakit degeneratif seperti obesitas, hiperkolesterol, dan gangguan kardiovaskular.

5. Menunda pekerjaan hanya dengan alasan 'gak mood' atau 'menunggu inspirasi'. Kebiasaan ini bikin hidupmu stuck dan tertinggal

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Justru Rugikan Diri Sendiri! littleangelwish.blogspot.com

"Aku gak bisa kerja nih karena lagi nggak mood dan nggak ada inspirasi".

Guys, sebenarnya bekerja itu gak perlu menunggu mood atau inspirasi. Mood malas itu harus dikalahkan, bukannya diberikan ruang. Begitupun dengan inspirasi juga perlu dikejar, bukan ditunggu. Yang terpenting, bergeraklah terlebih dahulu. Jangan cuma diam! Percayalah, inspirasi akan datang seiring dengan usahamu. 

Bila kamu terus-menerus menunda pekerjaan itu hanya akan membuat hidupmu stuck dan jauh tertinggal.

6. Merasa iri dengan kebahagiaan orang lain

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Justru Rugikan Diri Sendiri! wallpapercave.com

Terakhir, kebiasaan yang tak berfaedah adalah iri dengan kehidupan orang lain. Kebiasaan macam ini selain membuang waktu, juga merugikan karena bisa menyiksa batin. Selamanya kamu gak akan bisa bahagia jika selalu iri dengan orang lain.

Kamu juga gak perlu terlalu sering melihat ke atas. Masih banyak kok orang yang kehidupnya di bawahmu. Jadi cobalah bersyukur terhadap apa yang kamu miliki. Kelak, kesabaran itu pasti akan berbuah indah. 

Nah, jadi itulah sederet kebiasaan merugikan diri sendiri yang perlu kamu batasi dan hindari. Jangan menunda waktu untuk mengubah dirimu jadi lebih baik, ya!

Baca Juga: Ingin Sukses? Buang Jauh 5 Hal Sia-sia Ini dari Hidupmu

Amaniya Photo Community Writer Amaniya

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 09:00:05

Progress: 750.448 dari 813.350 TPS (92.26631%)

Just For You