Comscore Tracker

7 Tanda Sifat Percaya Dirimu Udah Kelewat Batas, Awas Jadi Sombong!

Percaya diri itu perlu, tapi jangan congkak!

Percaya diri merupakan modal utama buat mencapai kesuksesan. Dengan bersikap percaya diri itu bisa membuatmu lebih optimis dalam menjalani hidup dan kamu pun juga lebih disegani orang lain. Namun begitu, sikap ini juga perlu dibatasi. Percaya diri yang berlebihan itu nggak baik sebab bisa berujung pada sifat sombong alias congkak. Tentunya sombong adalah hal yang buruk. Selain bikin kamu dibenci orang, juga termasuk dosa loh!

Nah, biar kamu nggak kejebak dalam sikap arogant, yuk kenali tanda-tanda sikap percaya diri yang udah kelewat batas. Kira-kira apa kamu juga begini?

1. Kamu gak pernah lelah bercerita tentang dirimu. Tapi saat membahas kesuksesan orang lain, kamu malas mendengarkan!

7 Tanda Sifat Percaya Dirimu Udah Kelewat Batas, Awas Jadi Sombong!pexels.com/@elevate

Ciri pertama nih yang nunjukin kalau percaya dirimu udah kelewat batas yakni kamu selalu bersemangat bercerita tentang dirimu. Nggak peduli dengan siapa atau apapun topiknya, kamu selalu nemuin celah untuk membahas pencapaianmu. Tentang prestasimu, keberanianmu, hartamu dan sebagainya!

Mungkin kamu nggak ada niatan buat sombong. Namun tindakanmu itu jelas nunjukin kalau kamu membanggakan diri. Dan percayalah, orang yang mendengar pun bakalan ngerasa ilfil jika kamu terus-menerus begitu.

2. Kamu selalu butuh pengakuan! Bahkan untuk hal-hal kecil pun kamu berharap dipuji

7 Tanda Sifat Percaya Dirimu Udah Kelewat Batas, Awas Jadi Sombong!dramabeans.com

Siapa sih yang nggak suka dipuji? Tiap orang pastinya senang bila dipuji. Namun jika kamu sampai terobsesi akan pujian, maka kemungkinan ada rasa congkak dihatimu! Pujian itu nggak lagi kamu gunakan sebagai motivasi. Tapi yang kamu inginkan lebih pada pengakuan.

Termasuk untuk hal-hal kecil, misalnya kamu bersedekah di masjid atau kamu habis nolongin orang menyebrang, jika kamu bercerita tentang perkara semacam ini bisa dipastikan kalau kepercayaan dirimu udah kelewat batas!

3. Kamu rela berbohong demi gak dipandang rendah. Termasuk untuk perkara sepele, apapun itu yang penting kamu terlihat unggul!

7 Tanda Sifat Percaya Dirimu Udah Kelewat Batas, Awas Jadi Sombong!kpop.asiachan.com

Harga diri adalah nomor satu bagimu. Kamu nggak rela dan nggak mau dipandang rendah oleh siapapun. Yang kamu inginkan adalah selalu terlihat unggul. Nggak peduli meski harus berbohong, bagimu itu nggak masalah! Asalkan kamu bisa tampak hebat di mata orang-orang di sekitarmu.

Tentunya sikap semacam ini kurang baik ya! Menjaga harga diri memang perlu, namun kalau sampai harus berdusta ya bisa dikatakan kamu terlalu arogant.

Baca Juga: Bukan Sombong, Ini 8 Alasan Si Pendiam Enggan Diajak Reuni dan Kopdar

4. Ibarat manusia tanpa celah, kamu tidak pernah mau mengakui ketidaktahuanmu!

7 Tanda Sifat Percaya Dirimu Udah Kelewat Batas, Awas Jadi Sombong!asianwiki.com

Sejatinya tiap manusia pasti punya kekurangan. Begitu juga dengan dirimu, bukan? Namun sayangnya, kamu enggan mengakui hal itu! Setiap ada temanmu yang berbicara, kamu selalu berlagak seolah tahu segalanya. 

Ibarat manusia tanpa celah, kamu nggak pernah mau mengakui ketidaktahuanmu. Kamu lebih memilih tuk berbohong dan berpura-pura mengerti agar dianggap pintar.

5. Tanpa disadari, ucapanmu sering merendahkan orang lain. Ya, seolah-olah kamulah yang paling sempurna!

7 Tanda Sifat Percaya Dirimu Udah Kelewat Batas, Awas Jadi Sombong!viu.com

Nggak sekedar membanggakan diri, secara tak sadar ucapanmu juga sering merendahkan orang lain. Kamu kerap membandingkan pencapaianmu dengan teman-temanmu. Kamu juga memandang sebelah mata terhadap mereka yang di bawahmu. 

Memang sih, kamu nggak ngehina terang-terangan. Tapi di dalam hati kecilmu, kamu ngerasa seolah kamulah yang paling sempurna. Everything just about you! 

6. Kamu cenderung susah menerima kritikan. Bagimu, argumenmulah yang terbaik!

7 Tanda Sifat Percaya Dirimu Udah Kelewat Batas, Awas Jadi Sombong!vox.com

Kamu paling jago dalam hal mengkritik orang lain. Jika orang itu nggak mau menerima saranmu, kamu bakal berkata jika ia adalah sosok yang keras kepala. 

Namun bagaimana dengamu? Faktanya, kamu juga sulit menghadapi kritikan. Sedikit aja dikoreksi, kamu langsung nggak terima dan menganggap orang itu membencimu. Ya begitulah! Bagimu, argumenmulah yang paling benar. 

7. Yang paling parah, kamu kerap merasa iri saat ada orang yang lebih baik darimu

7 Tanda Sifat Percaya Dirimu Udah Kelewat Batas, Awas Jadi Sombong!allkpop.com

Coba jujur pada dirimu, saat kamu ngelihat temanku hidupnya enak, entah dia naik jabatan atau mungkin married duluan dan punya anak, kira-kira adakah rasa iri di dalam hatimu?Jika kamu selalu ngerasa 'nggak suka' dan minder setiap ada orang yang mengunggulimu maka tandanya kamu tuh dengki. Hati-hati, sifat dengki ini bisa membawamu pada kesombongan loh! 

Nah, kesimpulannya guys, cobalah untuk mengontrol rasa percaya dirimu. Pede itu bagus tapi kalau overdosis juga nggak etis. Ingat, di atas langit masih ada langit. Jadi jangan kepedean ya!  

Baca Juga: 9 Status Orang Mencoba Sombong di Medsos Ini Malah Mengundang Tawa

Amaniya Photo Verified Writer Amaniya

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You