Comscore Tracker

Awas Terjebak, 7 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Kualitas Dirimu 

Segera hentikan, ya! 

Setiap orang pasti memiliki kualitas yang berbeda-beda. Di mana kualitas diri ini gak hanya dinilai dari penampilan luar saja, tapi juga psikologi. Termasuk perilaku, karakter, dan kebiasaan.

Yang perlu dipahami, kualitas diri biasanya sangat berpengaruh terhadap kesuksesan. Apabila seseorang memiliki kualitas yang bagus maka tentunya ia bakal menjadi pribadi yang hebat. Sebaliknya, jika kualitas diri rendah efeknya ya hidupmu akan sulit berkembang.

Nah, berikut ini beberapa sikap yang bisa menurunkan kualitas dirimu. Awas, jangan dilakukan ya!

1. Kamu sulit berkata jujur

Awas Terjebak, 7 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Kualitas Dirimu pexels.com/MIXU

Coba pikirkan, apa kamu termasuk tipe orang yang suka berpura-pura demi mendapatkan simpati? Jika iya, jelas sikap itu nunjukin bahwa kamu punya kualitas diri yang rendah. Pahamilah, berbohong gak akan membuatmu jadi lebih baik. Selamanya kamu gak akan jadi diri sendiri bila terus-menerus berbohong.

Belajarlah untuk bersikap jujur. Menjadi apa adanya dirimu tanpa perlu gengsi ataupun minder.

2. Kamu gampang iri dengan kebahagiaan orang lain

Awas Terjebak, 7 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Kualitas Dirimu pexels.com/Tess Emily Semour

Sebenarnya apa sih keuntungan yang kamu dapatkan bila kamu iri terhadap kebahagiaan orang lain? Gak ada! Perilaku ini hanya bikin hatimu 'penyakitan'.

Daripada kamu cuma menyalahkan takdir, lebih baik jadikan pencapaian mereka sebagai motivasi. Yakinlah bahwa kamu bisa mengandalkan kemampuanmu untuk meraih sukses tanpa perlu menjatuhkan orang lain.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Kebiasaan yang Memicu Stres dan Anxiety

3. Kamu sering menghakimi orang, tapi lupa intropeksi diri

Awas Terjebak, 7 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Kualitas Dirimu pixabay.com/averyanovphoto

Gak ada orang yang suka di-judge alias dihakimi. Begitupun dengan dirimu, bukan? Maka itu, jangan membiasakan mengkritik seseorang tanpa mengetahui apa pun tentangnya. Mungkin kamu beranggapan bahwa tindakanmu benar, tapi bisa saja orang tersebut sakit hati, lho!

Daripada kamu membuang waktu hanya untuk mengurusi hidup orang lain, coba deh sesekali intropeksi diri. Nilailah dirimu sebagaimana kamu menilai orang lain!

4. Plin-plan, kamu gak punya prinsip hidup yang kuat

Awas Terjebak, 7 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Kualitas Dirimu koalasplayground.com

Meski tampak remeh, plin-plan sebenarnya juga termasuk sifat negatif yang bisa menjatuhkan kualitas dirimu. Dengan kamu gak punya pendirian yang kuat, maka hidupmu bakal mudah diombang-ambingkan keadaan. Orang lain pun juga sulit mempercayaimu.

Sebelum terlambat, jadilah pribadi yang punya prinsip hidup. Jangan takut mengambil keputusan sebab segala hal pasti memiliki risiko.

5. Tidak bisa menerima kegagalan

Awas Terjebak, 7 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Kualitas Dirimu pexels.com/@inzmam-khan

Menjadi seseorang yang berkualitas bukan berarti selalu menjadi pemenang. Jatuh dan gagal adalah hal biasa yang pasti kamu temui di kehidupan ini. Daripada kamu menolak untuk menerima kegagalan, lebih baik kamu jadikan kegagalan itu sebagai pembelajaran.

Gagal its okay! Yang perlu kamu lakukan hanyalah bangkit dan mencoba kembali.

6. Membanggakan diri berlebihan

Awas Terjebak, 7 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Kualitas Dirimu pexels.com/Daria Shevtsova

Percaya diri memang bagus. Tapi ingat, jangan sampai kepedeanmu kebablasan hingga berubah jadi sifat sombong alias terlalu membanggakan diri. Sekalipun kamu pintar, kaya dan berparas elok, tapi kalau kamu selalu pamer maka kamu gak akan dihargai.

Terlebih jika kamu hobi merendahkan orang lain, sikap semacam ini menunjukkan jika kamu gak punya kualitas dari sisi kemanusiaan.

Jadilah seperti ilmu padi. Semakin berisi, semakin merunduk. Dengan begitu kamu akan lebih dikagumi.

7. Egois, kamu mau menang sendiri

Awas Terjebak, 7 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Kualitas Dirimu pexels.com/@lina-kivaka

Seseorang bisa saja berperilaku egois tanpa disadari, seperti gemar bersikap bossy, gak mau mengakui kesalahan dan inginnya menang sendiri.

Hati-hati lho, sikap seperti itu bisa menjatuhkan dirimu secara perlahan. Bahkan orang-orang di sekitarmu pun bisa hilang kepedulian. Ingat guys, perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Bersikap rendah hati gak akan membuatmu jadi terhina, sebaliknya justru memperbaiki kualitas dirimu.

Nah, kira-kira itulah sederet kebiasaan yang berpotensi merusak kualitas dirimu. Jika kamu merasa memiliki ciri di atas, maka segeralah berhenti sebelum terlambat!

Baca Juga: Mau Kualitas Diri Lebih Baik? Miliki 9 Personal Goals Ini dalam Hidup

Amaniya Photo Verified Writer Amaniya

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya