Comscore Tracker

Selow! Ini 6 Jurus Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam Duit

Teman ya teman, duit tetaplah duit!

Meminjamkan duit ke teman itu sebenarnya bukanlah hal yang buruk. Sebaliknya justru menambah pahala karena kamu nolongin orang yang kesusahan. Tapi yang bikin dilema tuh jika ada teman yang hobinya utang melulu, tapi pas ditagih langsung pura-pura amnesia. Duh, pastinya kesal, kan? 

Nah, buat kamu yang punya tipe teman seperti itu, don't worry or be sad! Berikut sederet cara ampuh untuk menghadapi teman yang suka pinjam duit. Cekidot! 

1. Kalau kamu lagi banyak duit, jangan pernah sesumbar di depannya. Lebih baik berlagak bokek aja!

Selow! Ini 6 Jurus Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam Duitpexels.com/Burst

Sombong itu perilaku tercela. Apalagi kalau kamu sombongnya di depan teman yang hobi berhutang. Wah, nggak cuma dapat dosa, tapi uangmu juga bakal diembat!

Maka itu guys, hindari sikap sesumbar kepada orang lain. Kalaupun kamu lagi banyak rezeki, ya diam-diam sajalah. Cukup disyukuri dan gak perlu pamer! Lebih baik kamu sedekah ke orang yang membutuhkan. Kalau buat teman yang suka pinjam duit, mending kamu berlagak bokek. Lebih aman!

2. Sebisa mungkin hindari hangout berdua dengannya. Kalau terpaksa, ya bawa uang secukupnya! Gak perlu bawa ATM.

Selow! Ini 6 Jurus Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam DuitYoungisthan. In

Sebisa mungkin, hindari hangout bareng teman yang doyan ngutang. Bahaya euy! Nanti kalau dia beli barang, terus sampai kasir bilang, "Pakai uangmu dulu, ya! " Duh, mau gak mau kamu harus pinjamin. Nyesek, kan? 

Jadi baiknya tuh kalau dia ngajak jalan, ajak juga teman-teman lain. Intinya rame-ramelah buat meminimalisir risiko dia pinjam duit. Jikapun terpaksa harus berdua, ya Kamu bawa uang secukupnya aja. Jadi nanti kalo dia mau hutang,  bilang aja,  "Eh, maaf nggak bawa uang." Yakin, dia gak bakal berkutik! 

3. Sesekali coba deh kamu yang pinjam duit ke dia. Lihat gimana reaksinya!

Selow! Ini 6 Jurus Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam Duitexels.com/@rawpixel

Uangmu sudah numpuk di dia? Mau nagih tapi sungkan, nggak ditagih takut si dia kelupaan? Hmm, cara gampang buat mengatasinya Kamu bisa coba minjam duit ke dia. 

Misalnya, ada iuran di kelas, pura-pura aja nggak bawa uang. Trus Kamu pinjam deh sama dia! Begitupun kalau mau jajan, hutang aja ke dia. Nanti semisal dia protes, ya sudah kamu jawab, "Kan, uangku ada di kamu, anggap aja nih kamu nyicil hutang ke aku." 

Nanti kamu bisa lihat gimana reaksinya. Apa dia legowo mau bayarin atau malah tersinggung? Yang jelas, trik ini cukup ampuh!

Baca Juga: 11 Cara Ampuh Menagih Hutang Agar Temanmu yang Pura-pura Amnesia Cepat Bayar!

4. Pastikan kamu selalu mencatat hutang temanmu. Kalau gak, keuanganmu bisa berantakan lho!

Selow! Ini 6 Jurus Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam Duitpexels.com/@kaboompics

Ini merupakan poin penting yang perlu kamu lakukan jika punya teman hobi berhutang. Kamu harus telaten buat mencatat tiap nominal yang ia pinjam. Bukan maksud perhitungan sih,  tapi kalo dia pinjamnya berkali-kali, belum bayar eh pinjam lagi. Lama-lama Kamu bakal tekor sendiri. Keuanganmu jadi berantakan dan amburadul nggak jelas. 

So buat jaga-jaga, pastiin Kamu selalu mencatatnya. Dengan begitu Kamu juga bisa nagih sewaktu-waktu. Ibarat kata pepatah "Teman sih teman, tapi uang tetaplah uang". Jadi urusan pinjam duit ya harus dibayar dong! Benar nggak? 

5. Jika meminjamkan duit terlalu berisiko, coba tawari bantuan lainnya. Setidaknya kamu udah berniat baik

Selow! Ini 6 Jurus Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam Duitpexels.com/@daria-shevtsova

Kalau temanmu hutangnya udah overdosis, dan parahnya lagi suka pura-pura lupa buat bayar. Maka tindakan paling aman untuk menghadapinya yakni dengan menawarkan bantuan lainnya. Jadi, jangan kasih duit ketika ia berusaha berhutang. Kamu bisa memberikan benda atau bantuan tenaga.

Semisal nih, temanmu pinjam duit buat beli sepatu. Kamu bilang aja lagi bokek. Lalu kamu tawarkan aja sepatumu yang udah nggak kepakai (tapi pastiin masih bagus ya!). Dia mau terima atau nggak, ya terserah! Setidaknya Kamu punya berniat baik. 

6. Nekat-nekatin buat bilang 'tidak'. Tapi jangan pakai cara frontal, tolak secara halus!

Selow! Ini 6 Jurus Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam Duitstarlafitchmd.com

Mau sampai kapan kamu terbelenggu dalam jeratan hutang temenmu itu? Jika kamu gak berani nolak sekarang, ya seterusnya kamu bakal dimanfaatin! Udah deh, demi kedamaian hatimu, nekat-nekatin buat bilang 'tidak'. Tapi ingat, nolaknya secara halus ya!  Jangan terlalu frontal.

Kamu bisa ngomong kalo keuanganmu lagi menipis atau katakan sedang ada keperluan yang harus dibeli. Intinya kamu harus berani jujur. Nggak perlu takut dikatain pelit atau dimusuhi. Kalau dia memang teman sejati, harusnya sih dia bisa mengerti. 

So, itulah beberapa trik buat menghadapi teman yang hobi pinjam duit. Moga berguna ya! Dan bagi kalian yang suka berhutang, plis stop kebiasaanmu itu! Jangan sering-sering menyusahkan orang lain kecuali dalam kondisi terdesak. 

Baca Juga: Terapkan Satu Cara Ini, Dijamin Menabung Gak Akan Gagal Lagi!

Amaniya Photo Community Writer Amaniya

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You