Comscore Tracker

Apakah Kamu Produktif? Tanyakan 5 Hal Ini pada Dirimu!

Pastikan semua jawabannya bisa mengubahmu

Semua orang menghabiskan dan menjalani harinya masing-masing. Ada yang pergi ke sekolah, menghabiskan waktu di rumah menjadi ibu rumah tangga, pergi ke kantor, atau melakukan kegiatan dengan karya sendiri. Tapi apakah kamu produktif? Apakah kamu salah satu orang yang bekerja keras setiap hari untuk menyelesaikan segala sesuatunya, atau masih memiliki waktu untuk diri sendiri?

Mungkinkah kamu bingung mengapa kamu tidak punya cukup waktu, atau kamu justru membuang waktu yang kamu miliki? Ada 5 pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri jika kamu ingin tahu apakah kamu produktif atau tidak. 

1. Berapa lama kamu menghabiskan waktu di depan layar smartphone atau komputer?

Apakah Kamu Produktif? Tanyakan 5 Hal Ini pada Dirimu!pexels.com/Lisa Fotios

Agaknya, smartphone atau komputer itu sudah mengambil alih kehidupan kita, ya. Ia juga merupakan penyebab utama produktivitas seseorang menurun. Niatnya hanya ingin memeriksa email atau chat dari client, eh kebablasan buka media sosial dan nonton YouTube sampai satu jam. Perhatian kita tersedot ke layar smartphone atau komputer, hingga akhirnya membunuh produktivitas itu sendiri. 

Jadi berapa banyak waktu yang kamu habiskan di depan layar? Jika lebih dari satu jam kamu habiskan hanya untuk berselancar di media sosial dan internet, alih-alih menyelesaikan pekerjaan, produktivitas kamu mungkin hilang. 

2. Apakah kamu memiliki daftar yang harus dikerjakan?

Apakah Kamu Produktif? Tanyakan 5 Hal Ini pada Dirimu!pexels.com/picjumbo.com

Orang yang paling produktif memiliki catatan untuk menulis daftar hal-hal yang ingin dikerjakan. Sebagian orang memang membuat daftar kegiatan, tapi akhirnya terabaikan begitu saja karena lebih memilih menghabiskan waktu untuk bersenang-senang. Hingga menganggap kalau daftar itu mustahil untuk dikerjakan.

Memang kehidupan ini berhubungan antara pekerjaan,  keluarga, dan kehidupan sosial, ada begitu banyak hal yang perlu dilakukan dan diselesaikan. Jadi tugasmu adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Lalu apakah kamu memiliki daftar kegiatan yang sedang kamu selesaikan, daftar yang memprioritaskan hal-hal yang perlu dilakukan? Jika jawabannya tidak, kemungkinan kamu tidak produktif. 

3. Bisakah kamu mengatakan "tidak"?

Apakah Kamu Produktif? Tanyakan 5 Hal Ini pada Dirimu!nytimes.com

Pernahkah kamu diminta untuk nongkrong bersama teman-temanmu, padahal kamu tahu kamu memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan? Apakah kamu mengatakan "tidak" untuk menolaknya, atau justru mengiyakan karena merasa tidak enak? Orang yang produktif tahu berapa waktu yang mereka miliki dalam sehari, dan mereka jago untuk mengatakan "tidak" daripada menambahkan beban mereka yang sudah berat.

Selain kurang produktif, ketika kamu terlalu mengiyakan banyak hal, kamu juga jadi kurang efektif, lho. Kamu gak harus memaksakan untuk melakukan hal-hal yang seharusnya tidak perlu, selain menguras energi secara fisik, mentalmu juga akan kewalahan. Jadi belajarlah untuk mengatakan "tidak"! Produktivitasmu akan mengiringi jika kamu melakukannya. 

Baca Juga: Alasan Mengapa Kamu yang Suka Lembur Ternyata Jauh Lebih Produktif

4. Mungkinkah kamu meminta bantuan orang lain?

Apakah Kamu Produktif? Tanyakan 5 Hal Ini pada Dirimu!pexels.com/Startup Stock Photos

Orang yang produktif bukanlah orang yang melakukan semuanya sendiri. Ingat, manusia gak bisa hidup sendiri, kan. Orang-orang produktif biasanya mendelegasikan dan berbagi tugas untuk menyelesaikan sesuatu dengan efisien. Apakah kamu termasuk orang yang melakukan segala macam cara untuk menyelesaikan proyek baru tepat waktu, atau apakah kamu lebih memilih meminta bantuan orang lain?

Sebagian orang lebih memilih melakukan semuanya sendiri, terus menyibukkan diri hingga nyaris tidak tidur dan merasa kewalahan. Tapi orang-orang produktif tidak seperti itu. Mereka tahu bahwa dengan meminta bantuan, mereka akan lebih efisien dan efektif dengan apa yang mereka kerjakan, dan tidak membelenggu diri sendiri. 

5. Apakah kamu memperlakukan dirimu dengan baik?

Apakah Kamu Produktif? Tanyakan 5 Hal Ini pada Dirimu!pexels.com/bruce mars

Menjadi orang yang produktif itu tak terlepas dari kesejahteraan fisik dan emosional. Jika kamu orang yang memiliki tidur gak teratur, gak memiliki pola makan yang baik, atau selalu bergumul dengan depresi, kamu akan sulit menjadi orang yang produktif.

Untuk menjadi produktif, kamu harus memiliki mental yang baik dan stamina fisik. Jadi, take care, ya. Jangan mempersulit diri dan kehidupanmu. Tidurlah yang cukup, makan dengan baik, piknik sesekali, dan perhatikan kesehatan mentalmu. Jika kamu melakukan semuanya, produktivitas pasti akan menghampirimu. 

Jadi, setelah bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan di atas, apa jawabannya? Apakah kamu produktif?

Baca Juga: 7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Agar Tetap Produktif Saat Liburan Semester

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya