Comscore Tracker

#GreenBeauty Zero Waste Beauty: Cara Bijak Gunakan Skincare Tiap Hari

Kira-kira caramu menggunakan skincare udah bijak belum, nih?

 

Memakai skincare setiap hari adalah hal yang gak boleh terlewatkan bagi setiap orang. Meski begitu sayangnya penggunaan skincare secara gak bijak justru bisa berpotensi mencemari dan merusak lingkungan di sekitar kita.

Sampah-sampah kemasan hingga bahan kimia yang terkandung dalam produk skincare sedikit banyak berakhir gak cuma mencemari lingkungan, tapi juga membunuh makhluk hidup di sekitar kita. Karenanya penting banget nih, untuk kamu membangun kesadaran dan mulai menggunakan skincare dengan jauh lebih bijak lagi.

Nah, buat kamu yang mau ikut menjaga kelestarian lingkungan bersama #GarnierxIDNTimes, yuk simak cara bijak menggunakan skincare di bawah ini!

1. Gunakan skincare secukupnya dan seperlunya

#GreenBeauty Zero Waste Beauty: Cara Bijak Gunakan Skincare Tiap Hariilustrasi produk skincare (pexels.com/@anete-lusina)

Siapa nih yang suka mengoleksi produk-produk skincare? Entah karena memang merasa butuh dan pengin kondisi kulit cepat-cepat membaik atau bahkan sekadar karena laper mata dan kemakan promosi aja?

Nah, kalau kamu satu di antaranya sepertinya kamu harus coba mengubah kebiasaanmu yang satu ini, deh. Karena tau gak sih, ternyata memakai terlalu banyak skincare justru gak disarankan oleh dermatologis karena hal tersebut bisa membuat kulitmu jadi over-cleansed, over-exfoliated dan gak jarang juga merusak skin barrier-mu, lho!

Seperti yang sering kita dengar, apa pun yang berlebihan tentu gak bakal baik untuk kita. Dan dalam kasus ini, menggunakan skincare yang terlalu banyak ternyata bisa memicu munculnya iritasi, kemerahan, jerawat, pengelupasan kulit hingga bahkan penyakit kulit seperti dermatitis perioral serta eczema. Duh, serem banget, gak sih?

Oh iya, selain itu tentunya pemakaian skincare yang berlebihan juga bisa berakibat buruk terhadap lingkungan. Hal itu dikarenakan selain membuat jumlah sampahmu semakin banyak, menggunakan terlalu banyak skincare juga berpotensi mencemari lingkungan di sekitar karena bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Karenanya, sebisa mungkin gunakan skincare secara bijak yaitu dengan penggunaan yang secukupnya dan seperlunya saja, ya!

2. Beralih ke produk skincare yang bersifat reusable dan recyclable

#GreenBeauty Zero Waste Beauty: Cara Bijak Gunakan Skincare Tiap Harireusable cotton pengganti kapas (pexels.com/@ecopanda)

Next, selain jumlahnya banyak, faktanya sampah dari skincare yang kita pakai sehari-hari gak semuanya bisa didaur ulang. Karenanya penting banget nih, buat sebisa mungkin kamu coba meminimalisir sampah yang dihasilkan setiap harinya.

Selain dengan mengurangi jumlah produk yang dipakai seperti di poin pertama, kamu juga bisa coba untuk mulai beralih ke produk skincare yang bersifat reusable dan recyclable. Contoh produk bersifat reusable-nya sendiri antara lain seperti handuk muka sebagai pengganti tisu hingga bahkan reusable cotton pads sebagai pengganti kapas.

Selain beralih ke produk bersifat reusable, kamu juga bisa mulai beralih ke produk skincare dengan kemasan yang bisa di-recycle. Berkomitmen kepada lingkungan lewat kampanye #GarnierGreenBeauty, kamu bisa banget memilih Garnier sebagai produk skincare yang cocok untukmu, lho! Karena selain kemasan produknya bersifat recyclable, Garnier juga sudah gak lagi menggunakan plastik segel untuk micellar water milik mereka.

Gak cuma itu aja, Garnier juga berencana untuk  meluncurkan produk berupa tissue mask yang bisa terurai melalui metode composting, lho! Dijamin ramah lingkungan dan bisa bantu kamu menjalankan gaya hidup zero-waste banget, deh!

Baca Juga: #GreenBeauty 6 Langkah Mendukung Hidup Go Green Ala Gen Z

3. Pilih produk skincare dengan kandungan yang ramah lingkungan

#GreenBeauty Zero Waste Beauty: Cara Bijak Gunakan Skincare Tiap HariGarnier green beauty (instagram.com/garnierindonesia)

#OneGreenStep selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam penggunaan skincare adalah memilih produk skincare dengan kandungan yang ramah lingkungan.

Seperti yang kita tau, bahan-bahan kimia dapat mencemari lingkungan terutama tanah dan air. Gak jarang, bahkan pencemaran akibat bahan-bahan kimia juga membunuh banyak makhluk hidup seperti ikan, alga, terumbu karang, lumba-lumba hingga bahkan burung, lho!

Salah satu contoh kandungan skincare yang berbahaya terhadap lingkungan adalah plastic microbeads yang biasa dipakai untuk produk-produk exfoliator. Dengan ukurannya yang sangat kecil, limbah bahan yang satu ini sering banget tanpa sengaja justru berakhir dimakan oleh ikan hingga bahkan burung.

Dan karenanya gak sedikit dari mereka yang berakhir harus mati karena mengonsumsi bahan kimia yang satu ini. Kasihan banget, kan? Karenanya tentu kamu gak boleh sampai salah pilih produk, ya!

Selalu berupaya untuk menciptakan produk-produk yang aman untuk lingkungan, Garnier menyajikan berbagai produk dengan kandungan yang gak cuma aman untuk lingkungan tapi juga berasal dari alam. Saat ini sendiri, Garnier telah mengembangkan formula baru yang berasal 98% dari bahan alami serta perawatan kulit organik yang bersertifikat Ecocert.

Bahkan kerennya lagi nih, sejak tahun 2018 Garnier ternyata sudah gak lagi memakai plastic microbeads dalam produk-produk mereka, lho! Bener-bener bisa kamu jadikan produk andalan, nih!

4. Singkirkan produk skincare tak terpakaimu secara bijak

#GreenBeauty Zero Waste Beauty: Cara Bijak Gunakan Skincare Tiap Hariilustrasi hadiah skincare (pexels.com/karolina-grabowska)

Pernah gak sih, kamu beli skincare dan ternyata ada kandungan yang gak cocok di kulitmu? Atau mungkin kamu punya produk skincare yang gak lagi terpakai karena udah membeli produk yang baru dan lebih cocok?

Buat kamu yang mengalami hal ini, biasanya gimana sih cara kamu untuk menyingkirkan produk-produk skincare tersebut? Apakah kamu hanya menjadikannya pajangan di meja rias atau justru bahkan membuangnya ke tempat sampah?

Nah, untuk produk-produk skincare yang masih bisa terpakai dan isinya masih banyak, lebih baik jangan kamu timbun atau buang begitu aja ke tempat sampah, ya!

Cara bijak yang bisa kamu lakukan untuk menyingkirkan produk-produk skincare yang gak lagi terpakai adalah dengan cara mendonasikannya, memberikannya kepada keluarga serta teman atau bahkan menjualnya ke orang lain.

Selain bikin produk skincare tersebut gak mubazir, hal ini juga bisa membantu mengurangi pencemaran lingkungan, lho! Bonusnya, kamu bisa mendapatkan kebahagiaan karena berbagi kepada orang lain atau bahkan mendapat uang yang bisa kamu gunakan untuk membeli produk skincare lain yang cocok untuk kulitmu. Seru banget, kan?

5. Daur ulang kemasan bekas skincare-mu secara kreatif dan tepat

#GreenBeauty Zero Waste Beauty: Cara Bijak Gunakan Skincare Tiap Haripot tanaman dari botol bekas (pexels.com/@hemersonceolho)

Yang terakhir, setelah melakukan reduce dan reuse terhadap produk skincare yang kamu gunakan, tentu kamu juga harus melakukan recycle atau daur ulang.

Yang pertama, kamu bisa coba memilah sampahmu dan mendaur ulang sendiri sampah tersebut jadi barang dengan kegunaan lain. Contoh mudahnya, botol atau jar bekas skincare menjadi wadah tanaman atau tempat menyimpan aksesoris.

Dan buat kamu yang mungkin gak punya waktu atau tenaga buat mendaur ulang sampahmu sendiri, kamu juga bisa memakai cara lain yaitu menyerahkan sampah-sampah produk skincare-mu kepada eRecycle, lho!

Buat kamu yang belum tau, eRecycle adalah sebuah aplikasi digital yang difungsikan untuk penjemputan sampah terpilah secara daring. Untuk saat ini eRecycle baru tersedia di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok saja dan memiliki 19 titik pengumpulan di area Jabodetabek seperti di Giant BSD City, Watsons Gandaria City dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan eRecycle, proses daur ulang sampahmu tentu jadi jauh lebih mudah karena bahkan kamu bisa meminta tim eRecycle untuk menjemput sampah terpilahmu. Bermitra dengan Bank Sampah Induk Rumah Harum Depok, sampah-sampah terpilah ini nantinya akan didaur ulang jadi berbagai produk furnitur rumah tangga hingga bahkan eco bricks.

Hebatnya lagi, seluruh penghasilan daur ulang nantinya bakal didonasikan ke yayasan non-profit XSProject dalam rangka mendukung pendidikan serta kesehatan 74 anak komunitas pemulung di sekitar area Jakarta. Selain melakukan kebaikan untuk lingkungan, kamu juga bisa melakukan kebaikan untuk orang-orang di sekitar, deh!

Buat kamu yang penasaran dengan kampanye Garnier Green Beauty, kamu bisa baca lebih lengkapnya di situs www.garnier.co.id/green-beauty , ya!

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Aktivitas Simpel yang Ternyata Ramah Lingkungan

Amira Kartika Photo Verified Writer Amira Kartika

I found writing as one of the best method to help me calming the chaos in my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya