Comscore Tracker

Inspiratif, 5 Sikap Nam Joo Ri Atas Cinta Tak Berbalasnya di ‘IOTNBO’ 

Cintanya pada Gang Tae ternyata bertepuk sebelah tangan, nih

It's Okay to Not Be Okay merupakan drama Korea yang episode terakhirnya baru saja tayang 9 Agustus silam. Drama ini berhasil menghisap perhatian penonton pecinta drama Korea lantaran ceritanya yang tak biasa. Mengangkat tema tentang mental health, drama ini tidak akan terasa lengkap sebagai drama Korea jika tidak dibumbui cerita romansanya.

Mengisahkan tentang kehidupan Gang Tae sebagai peran utama, kakaknya bernama Mang Tae dan juga kisah asmaranya dengan Moon Young, perempuan penulis dongeng. Selain itu dilengkapi juga dengan peran direktur penerbit buku, Sang In; karyawan penerbit, Seung Jae; sahabat lama Gang Tae, Jae Soo; dan perawat Nam Joo Ri.

Perawat Nam Joo Ri atau Joo Ri adalah teman masa kecil Moon Young yang juga memendam rasa suka pada Gang Tae. Sayangnya, perasaan sukanya itu bertepuk sebelah tangan. Gang Tae hanya menganggap Joo Ri sebagai teman.

Tapi, justru dari kisah cinta bertepuk sebelah tangan Joo Ri kepada Gang Tae bisa kita petik pesan inspiratifnya, lho. Contohnya lima sikap Joo Ri berikut. Simak apa saja dan bisa kamu contoh saat kamu ada di posisi yang sama dengan Joo Ri, ya!

1. Meluapkan kesedihan 

Inspiratif, 5 Sikap Nam Joo Ri Atas Cinta Tak Berbalasnya di ‘IOTNBO’ Dok.TvN/It's Okay to Not Be Okay

Di episode awal It's Okay to Not Be Okay, Nam Joo Ri mengunjungi Gang Tae yang tinggal di kota. Lalu, ia menyarankan Gang Tae untuk bekerja di rumah sakit jiwa tempatnya bekerja yang terletak di pedesaan bernama rumah sakit jiwa OK. Diam-diam, tujuannya menyarankan hal itu adalah ia ingin bisa selalu dekat dengan Gang Tae. Bahkan, ia menawarkannya untuk tinggal di lantai atas rumahnya jika ia menyetujui saran tersebut.

Cerita tersebut berlanjut dengan Gang Tae yang sudah bekerja di rumah sakit jiwa OK dan tinggal di lantai atas rumah Joo Ri. Dengan kedekatan mereka, Joo Ri berharap akan tumbuh benih cinta Gang Tae untuknya.

Namun, ia salah. Gang Tae tetap menganggap Joo Ri sebagai teman dan semakin diperparah dengan kehadiran Moon Young di hidup Gang Tae. Tidak bisa dipungkiri, Joo Ri pasti kesal dan sedih. Dan bukanlah suatu hal yang tidak wajar untuk sedih dan meluapkan kesedihan.

2. Tidak memaksakan cinta  

Inspiratif, 5 Sikap Nam Joo Ri Atas Cinta Tak Berbalasnya di ‘IOTNBO’ Dok.TvN/It's Okay to Not Be Okay

Kenyataan bahwa Gang Tae tak menyukainya, membuat Joo Ri galau. Di episode 5 saat adegan ia berkelahi dengan Moon Young, ia sangat cemburu dengan Moon Young. Buktinya, ia tak terima jika Gang Tae berbahasa santai kepada Moon Young tapi berbahasa hormat pada dirinya.

Tapi, lama kelamaan perasaan menyerah dan berserah pun ada di hatinya. Hal ini memberikan kita pelajaran bahwa memaksakan cinta dan memaksakan dia menerimamu hanya akan menyakiti kedua belah pihak saja.

Baca Juga: 10 Kutipan Bijak Episode Akhir IOTNBO, Bikin Hidup Lebih Bermakna

3. Mencari kesibukan 

Inspiratif, 5 Sikap Nam Joo Ri Atas Cinta Tak Berbalasnya di ‘IOTNBO’ Dok.TvN/It's Okay to Not Be Okay

Sesudah berusaha merelakan, Joo Ri hanya membutuhkan waktu untuk benar-benar lupa. Di waktu-waktu seperti itu, alangkah baiknya untuk mencari kesibukan. Joo Ri dalam drama ini adalah seorang perawat. Cukup fokus dan sibuk menjalankan tugasnya adalah salah satu cara agar dapat beranjak dari keterpurukannya. 

Dari kisah ini kita bisa petik pelajaran bahwa jangan terlalu larut dalam kesedihan dan fokuslah meraih mimpi karena dunia akan terus berputar dan usia masih panjang.

4. Membuka hati untuk cinta yang baru 

Inspiratif, 5 Sikap Nam Joo Ri Atas Cinta Tak Berbalasnya di ‘IOTNBO’ Dok.TvN/It's Okay to Not Be Okay

Cinta ditolak dan sudah berusaha merelakan. Maka langkah selanjutnya adalah membuka hati untuk cinta yang baru. Di drama ini, Lee Sang In menunjukkan ketertarikannya pada Joo Ri. Awalnya, Joo Ri merasa biasa saja. Namun seiring berjalannya waktu cinta itu tumbuh dan Joo Ri terlihat semakin penasaran dengan sosok Sang In. Kisah ini mengajarkan kita bahwa jika kita membuka apa yang seharusnya dibuka maka bahagia akan mengikuti.

5. Fokus memperbaiki diri 

Inspiratif, 5 Sikap Nam Joo Ri Atas Cinta Tak Berbalasnya di ‘IOTNBO’ Dok.TvN/It's Okay to Not Be Okay

Ketika patah hati pasti orang akan cenderung berusaha untuk memperbaiki diri. Sama seperti Joo Ri. Selain merelakan, ia pun berusaha untuk memperbaiki diri. Karena hukum timbal balik pasti nyata. Bahwa ketika kita memperbaiki diri pasti kita juga akan didekatkan dengan orang-orang baik atau paling tidak orang-orang yang sama-sama sedang memperbaiki diri.

Itulah kelima sikap inspiratif dari Nam Joo Ri tentang kisah cintanya dengan Gang Tae. Jadi, tak perlu kecewa ketika cinta bertepuk sebelah tangan. Tetap lakukan hal-hal positif dan tetap semangat mencari cinta. Karena cinta akan menemukan jalan yang tepat suatu saat nanti.

Baca Juga: 5 Resep Persahabatan Awet ala Jo Jae Soo 'It's Okay to Not Be Okay'

Sayyida Amira Halima Photo Writer Sayyida Amira Halima

Hi, I'm Amira! I'm a passionate writer from Kudus, Indonesia. For any inquiries, please contact amira5757@gmail.com⁣.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya