Brand Lokal Go Internasional Melalui 'GEKRAFS Paris Fashion Show'

Acara ini dukung ekonomi kreatif Indonesia di mancanegara

Konferensi Pers GEKRAFS Paris Fashion Show during Paris Fashion Week. (dok. GEKRAFS)

GEKRAFS (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) memberi dukungan terhadap merek-merek lokal untuk dikenal lebih luas oleh dunia Internasional. Unjuk karya yang diselenggarakan oleh komunitas ekonomi kreatif ini bertajuk 'GEKRAFS Paris Fashion Show during 'Paris Fashion Week 2022'.  

Merek-merek lokal Indonesia akan go Internasional bersama GEKRAFS untuk melakukan perhelatan di Paris, Prancis selama Pekan Mode Paris. Hal tersebut disampaikan melalui 'Konferensi Pers GEKRAFS Paris Fashion Show during Paris Fashion Week' secara virtual pada Jumat (18/02/22). 

1. Brand lokal unjuk karya di Paris

Konferensi Pers GEKRAFS Paris Fashion Show during Paris Fashion Week. Jumat (18/02/22). IDN Times/Dina Fadillah Salma

Ekonomi kreatif di Indonesia banyak mengalami hambatan selama masa pandemik. Ada banyak kendala dan keterbatasan yang dialami oleh pelaku ekonomi kreatif, di antaranya keterbatasan offline show, kesulitan mengadakan pagelaran dan menunjukkan karya terbaru mereka. Kawendra Lukistian selaku ketua umum GEKRAFS menyadari bahwa pandemik tidak boleh menjadi penghalang ekonomi kreatif untuk terus berkarya.

Ia menyampaikan, "Kita juga harus ada sesuatu yang bisa memberikan ruang bagi pelaku ekonomi kreatif lokal untuk go internasional." 

Sejalan dengan hal itu, GEKRAFS selaku komunitas yang mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif, menginisiasi diselenggarakannya GEKRAFS Paris Fashion Show during Paris Fashion Week 2022. Hal ini sebagai bentuk dukungan agar brand lokal dapat kembali memamerkan karya-karya mereka. 

2. Dukungan penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Konferensi Pers GEKRAFS Paris Fashion Show during Paris Fashion Week. (dok. GEKRAFS)

Sandiaga Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mendukung GEKRAFS Paris Fashion Show 2022. Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah unjuk karya bagi pelaku  ekonomi kreatif Indoensia di kancah internasional, terutama dalam bidang fesyen. 

Sandiaga Uno menyampaikan, acara ini dapat menjadi sinyal momentum kebangkitan ekonomi Indonesia.

"GEKRAFS dan temen-temen fashion designer, ini adalah penggerak ekonomi yang dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya," tutur Sandiaga Uno. 

Diharapkan acara ini dapat mengangkat produk-produk ekonomi kreatif dan dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik.

"Ekonomi kita mulai menggeliat. Ini merupakan satu kebanggaan bagi kita untuk mengangkat brand local yang luar biasa menurut saya," jelas Sandiaga. 

Baca Juga: 8 Koleksi Fashion Indonesia di Panggung Paris Fashion Week, Bangga!

3. GEKRAFS Paris Fashion Show membuka peluang ekonomi kreatif di pasar Eropa dan Afrika

Konferensi Pers GEKRAFS Paris Fashion Show during Paris Fashion Week. Jumat (18/02/22). IDN Times/Dina Fadillah Salma

GEKRAFS Paris Fashion Show at Paris Fashion Week 2022 merupakan acara yang digelar selama pekan mode Paris 2022 dan merupakan off schedule dari Paris Fashion Week. Acara ini akan mewadahi berbagai merek lokal yang ingin unjuk karya dalam pagelaran mandiri pada 6 Maret 2022 di The Westin Paris Vendome. 

Ada banyak kegiatan yang akan dilakukan oleh GEKRAFS bersama 10 merek lokal Indonesia, salah satunya adalah bussines matching untuk mengundang buyers dari Eropa. Selain itu akan ada influencer dari Paris dan Eropa yang turut memeriahkan acara. 

"Jadi tujuannya selain exposure, juga membuka ruang-ruang kesempatan untuk market di Eropa dan Afrika," jelas Temi Sumarlin selaku Chief Committee Paris Fashion Week.

Temi berharap, dengan diselenggarakannya acara ini, produk-produk lokal dapat terus berdaya di mancanegara. 

4. Ekonomi kreatif diharapkan dapat terus berkembang

Konferensi Pers GEKRAFS Paris Fashion Show during Paris Fashion Week. (dok. GERKRAFS)

Acara ini menjadi harapan untuk membuka jalan bagi ekonomi kreatif di Indonesia agar bisa terus berkembang.

Hal ini sejalan dengan penjelasan Temi, "Kami juga menekankan, kegiatan ini memang betul-betul mendukung produk Indonesia dan bersentuhan dengan semangat G20, yakni Indonesia empower."

Kawendra juga optimis acara ini dapat menjadi inspirasi dan kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

"Kita harus yakin bahwa produk-produk lokal kita tidak kalah keren," jelas Kawendra. 

Baca Juga: 7 Clothing Brand Lokal yang Patut Kamu Intip Koleksinya, Keren!

Berita Terkini Lainnya