8 Pengingat Saat Kamu Merasa Gak Berdaya Melewati Ujian Hidup

Kamu lebih kuat dari apa yang kamu bayangkan

unsplash.com/Anatol Lem

Kehidupan ini seperti roda yang terus berputar, ada dimana kita berada di putaran bawah dan ada saat kita berada di putaran atas. Ketika sedang dilanda kegagalan yang serasa tiada henti, kadang seseorang akan kehilangan kepercayaan diri hingga penuh keraguan untuk melangkah maju ke depan.

Ketakutan dan segala hal negatif seakan menjadi makanan sehari-hari yang sukar untuk diabaikan. Namun hanya mereka yang selalu optimislah yang bisa melewati ujian hidup. Barangkali 8 pengingat ini bisa menjadi alasan kenapa kamu perlu mengangkat kepala dan mulai bejalan ke arah depan lagi mulai dari sekarang.

1. Kamu salah jika berpikir bahwa kamu orang yang paling menderita

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Pada kenyataannya setiap orang memiliki cerita hidup masing-masing yang juga tidak selalu lebih baik dari apa yang kita alami. Ada beberapa orang yang mengalami peristiwa lebih buruk dan mereka lebih kuat dari kita. Maka berhentilah berpikir bahwa kamu orang yang paling tidak beruntung. 

Satu hal menjadikan kamu berbeda dari orang yang juga mengalami kegagalan sama adalah bagaimana cara kamu memberikan respon terhadap ujian hidup ini. Respon kamu akan selalu lebih penting dari sebesar apapun masalah yang tengah muncul.

2. Berhentilah cengeng dan mulailah jadi orang yang lebih tangguh

unsplash.com/Anatol Lem

Semua hal tak terduga yang tidak sesuai dengan harapan yang kamu impikan terkadang membuatmu gak habis pikir. Kamu seperti menjalani mimpi buruk dan seringkali berusaha menghilang dari realitas yang sebenarnya. Kamu seakan ingin terus berlari tanpa mau menghadapi kenyataan sesungguhnya.

Menangis boleh dilakukan, asal kamu tidak terlalu lama melakukannya. Jika kamu merasa tak berdaya dan tak tahu harus berbuat apa, mulai sekarang kamu harus membuang pikiran seperti itu. Sudah saatnya kamu sadar dan jadi orang tangguh yang tetap tegar.

3. Belajarlah berpandangan lebih luas dalam menyikapi masalah

unsplash.com/Tim Marshall

Kamu perlu menyadari bahwa selalu ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kesalahan. Kamu mungkin gak bisa memutar waktu, namun hal itu malah jadi pelajaran bagaimana harus lebih serius memilih jalan yang ingin kamu ambil selanjutnya.

Bagaimana kamu bisa berhasil jika hanya melakukan cara yang sama? Memiliki pandangan yang luas lebih membantu dalam menemukan solusi dibandingkan kamu hanya berkutat pada cara sempit atau kebiasaan lama yang selalu kamu lakukan.

4. Kamu lebih kuat dari apa yang kamu pikirkan

unsplash.com/Cristina Gottardi

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat jatuh adalah mengubah cara berpikir atau menambahkan cara berpikir baru yang lebih fleksibel atau dinamis. Pikiran akan selalu mempengaruhi tindakan yang akan kamu lakukan.

Jika saat ini kamu belum bisa berpikir jernih untuk mengambil langkah yang tepat, berusahalah untuk mengingat hal sederhana ini. Bahwa kamu lebih kuat dari apa yang kamu pikirkan. Orang yang kuat bukanlah orang yang bisa mengalahkan banyak orang. Orang terkuat adalah yang bisa megalahkan dan menguasai dirinya sendiri.

5. Segala ujian hidup ini akan membuatmu lebih dewasa

unsplash.com/joshua Earle

Jangan lupa bahwa kamu sudah pernah berhasil melalui hal-hal buruk sebelumnya. Hal ini menjadikanmu lebih percaya diri dan merasa bahwa kamu pasti bisa melalui masa-masa sulit seperti sekarang. Ingat bahwa setiap ujian akan menjadikanmu menjadi pribadi yang lebih kuat.

Meski seringkali mengalami kegagalan dan segala peristiwa hidup yang cukup memilukan, kamu justru akan lebih dewasa dan lebih bijak menyikapi permasalahan di kemudian hari.

6. Kamu akan belajar lebih konsisten saat melewati setiap ujian kehidupan

unsplash.com/Brooke cagle

Pernahkah kamu menyesal karena belum melakukan usaha secara maksimal? Saat itulah momen penting dimana kamu menyadari bahwa kamu belum secara konsisten berusaha untuk mendapatkan apa yang kamu mau.

Karena bunga tidak mekar dalam waktu semalam, apa yang kamu impikan gak mungkin berhasil dalam sekejab mata. Kamu perlu lebih bersabar, lebih konsisten dalam menjalani komitmen atau keputusan yang kamu ambil, dan meningkatkan usaha yang kamu lakukan.

7. Kamu harus percaya bahwa harapan akan selalu ada

unsplash.com/Karl Fredrickson

Setiap ujian hidup yang tengah kamu alami sekarang layak disandingkan dengan semangat untuk melewatinya. Kamu harus yakin tidak peduli berapa kali jatuh, kamu akan terus memiliki semangat juang yang tiada henti. Begitulah yang perlu kamu ingat saat merasa tak berdaya dalam melewati ujian kehidupan ini. 

8. Jangan sekalipun punya pikiran untuk menyerah pada keadaan

unsplash.com/Blake Lisk

Meski sulit dan membuat kamu ingin angkat kaki serta menyerah saja, kamu juga punya alasan untuk tetap berjalan. Justru ketika kamu tidak menyerah, saat itulah kamu punya kesempatan lebih besar untuk berhasil mendapatkan apa yang kamu mau. Saat kamu memberikan dirimu selangkah untuk lebih sabar dan lebih tekun menjalankan suatu hal, saat itulah kamu semakin dekat dengan kesuksesan.

Bersabarlah ketika kamu sedang mengalami ujian kehidupan. Kamu perlu percaya bahwa kamu pasti bisa melewatinya dan selalu punya harapan untuk berjuang lagi. Jika lelah beristirahatlah, bukan menyerah. Kamu selalu punya banyak pilihan cara dan tenaga untuk menghadapi kesulitan seperti ini. 

 

Community Writer

Fajar Laksmita

a cup of coffee and some cookies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

#MillennialsMemilih
Just For You