Comscore Tracker

7 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Ekonomi Saat Pandemi

Bantuan sekecil apapun bisa jadi sangat berarti

Wabah COVID-19 kini tak hanya berdampak di bidang kesehatan tapi juga di bidang ekonomi. Tak sedikit usaha dan bisnis yang lesu akibat orang-orang harus tinggal di rumah, berbagai aktivitas seperti sekolah dan kerja juga tak bisa dilakukan seperti biasanya. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk membantu perekonomian sesuai kemampuan kita? Berikut adalah 7 hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu di tengah wabah.

1. Cobalah untuk membeli bahan makanan dan kebutuhan lain di beberapa tempat yang berbeda

7 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Ekonomi Saat PandemiUnsplash.com/Nrd

Saat membeli kebutuhan, cobalah untuk tidak membeli hanya di satu tempat. Tidak perlu berlebihan, beli di dua atau tiga tempat berbeda saja sudah cukup. Misal beli beberapa barang di supermarket, lalu beli barang lainnya di penjual kecil dekat rumah saat perjalanan pulang. Dengan ini kita sudah cukup membantu para penjual untuk bisa terus mendapatkan pemasukan.

2. Selain melindungi diri dari paparan virus, menggunakan masker kain dari UMKM lokal bisa membantu mereka untuk tetap berpenghasilan

7 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Ekonomi Saat Pandemiunsplash.com/Kelly Sikkema

Meski tak se-efektif masker medis, namun masker kain masih bisa membantu meminimalisir paparan virus. Membeli masker kain dari UMKM lokal dapat membantu mereka mempertahankan roda usaha. Selain itu, jika semakin banyak orang beralih dari masker medis ke masker kain, maka harga masker medis tak akan melambung tinggi dan tenaga medis bisa membeli masker medis dengan harga yang lebih murah.

3. Sesekali bisa beli makanan melalui ojek online. Tak kenal WFH, di tengah pandemi ojek online masih harus keluar mencari nafkah 

7 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Ekonomi Saat Pandemiunsplash.com/Lucian Alexe

Work From Home (WFH) tak berlaku bagi sebagian orang yang harus keluar rumah untuk mencari nafkah, termasuk ojek online. Penghasilan ojek online terbilang menurun karena orang-orang kini tak banyak bepergian. Kita bisa membantu dengan sesekali beli makanan melalui ojek online, dengan begitu mereka tetap berpenghasilan. Kalau memungkinkan, tak ada salahnya memberi uang tips atau pesankan makanan untuk mereka juga.

Baca Juga: 9 Potret Konyol Orang-orang Saat Mencoba Melindungi Diri dari COVID-19

4. Saat ada uang, kita bisa berdonasi lewat platform atau organisasi penyalur yang terpercaya

7 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Ekonomi Saat Pandemiunsplash.com/Christian Dubovan

Kalau ada uang lebih, bisa banget dialokasikan untuk berdonasi melalui pihak yang terpercaya. Biasanya donasi-donasi tersebut akan disalurkan dalam wujud uang, makanan, APD untuk tenaga medis, atau paket kesehatan berisi hand sanitizer, masker, dan multivitamin untuk mensupport mereka yang masih harus beraktivitas di luar rumah di tengah pandemi.

5. Kita bisa berbagi informasi, berita positif, dan melawan hoax untuk mencegah kepanikan di masyarakat

7 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Ekonomi Saat Pandemiunsplash.com/Alex Ware

Berbagi kabar baik tentang perkembangan wabah Covid-19, menyampaikan pengetahuan dari sumber terpercaya, dan membantu melawan hoax adalah beberapa hal sepele yang berdampak besar. Kepanikan akibat ketidaktahuan dan berita hoax bisa menyebabkan seseorang bertindak serampangan, bayangkan jika kepanikan terjadi pada ribuan bahkan jutaan orang, bukan hal yang mustahil jika ekonomi bisa ikut terganggu.

6. Kalau punya banyak followers, bisa banget memanfaatkan media sosial untuk membantu UMKM mendapatkan promosi

7 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Ekonomi Saat Pandemiunsplash.com/Dole777

Kadang membantu tak harus punya uang. Berbekal media sosial dan ribuan followers, kita bisa menggunakannya sebagai media promosi UMKM sekitar yang terdampak wabah Covid-19. Walaupun hanya share di story atau sekedar me-retweet, kita sudah membantu UMKM tersebut untuk dikenal dan diketahui banyak orang. Siapa tahu seseorang yang jauh disana bisa membeli kebutuhan setelah usahanya laris karena salah satu postinganmu.

7. Tahan dulu untuk tidak nongkrong bareng walaupun rindu dan bosan. Bukankah makin rindu justru makin bahagia ketika bertemu?

7 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Ekonomi Saat Pandemiunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Jika tak ada keperluan, usahakan untuk tetap di rumah walaupun memang jenuh, setidaknya kita membantu menekan jumlah pasien baru. Jika jumlah pasien baru terus meningkat, semua aktivitas akan semakin lama tertunda, dan jika denyut aktivitas terlalu lama mati, ekonomi akan terus ikut melemah. Dahulu tetua kita diminta angkat senjata untuk berperang, setidaknya kita hanya diminta untuk stay di rumah. We can do this!

Hal apa yang akan kamu lakukan untuk membantu Indonesia melawan COVID-19? Jangan lupa tetap jaga kesehatan, saling membantu, dan semoga pandemi ini segera berakhir. Together, we can get through this!

Baca Juga: WHO Soroti Perhatian Pemerintah di Indonesia Timur Terkait COVID-19  

Ananda Rusnanti Photo Writer Ananda Rusnanti

A Passionate Amateur Writer || Insta : @anandarusnanti

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya