Comscore Tracker

5 Kontribusi Freeport Indonesia bagi Pembangunan Papua, Kamu Tahu?

Mulai dari bidang kesehatan hingga pendidikan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Banyak perusahaan pertambangan yang beroperasi di Indonesia, salah satunya adalah PT Freeport Indonesia.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri pertambangan dan tergolong perusahaan besar, PT Freeport Indonesia tentunya memiliki program tanggung jawab sosial (CSR). Beroperasi di tanah air selama lebih dari 50 tahun, Freeport Indonesia mengaku telah memberikan sumbangsih bagi negara, khususnya Papua.

Apa saja sumbangsih dan kontribusi Freeport Indonesia bagi masyarakat Papua? Cari tahu selengkapnya berikut ini, ya!

1. Membangun fasilitas kesehatan

5 Kontribusi Freeport Indonesia bagi Pembangunan Papua, Kamu Tahu?Fasilitas kesehatan Rumah Sakit Mitra Masyarakat di Mimika, Papua (dok. PT Freeport Indoensia)

Untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, PT Freeport Indonesia (PTFI) berpartisipasi aktif meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan membantu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. PTFI juga mendorong masyarakat untuk mempraktikkan gaya hidup bersih dan sehat.

Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang masih sangat terbatas mendorong PTFI untuk membangun RS Mitra Masyarakat di dataran rendah dan RS Waa Banti di dataran tinggi. Ini bertujuan untuk membantu meningkatkan dan memajukan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

PT Freeport Indonesia juga terus bekerja dengan mitranya untuk mengembangkan dan melaksanakan rencana kesehatan masyarakat. Mereka berfokus pada kesehatan dan sanitasi lingkungan; pengendalian infeksi dan penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS dan TBC; masalah kesehatan ibu dan anak; dan bekerja keras mengurangi malaria. Selain itu, PT Freeport Indonesia juga telah membantu banyak desa mendapatkan sumber air bersih.

2. Membuka akses baca untuk anak-anak 

November 2019 lalu, PT Freeport Indonesia bersama NGO Hano Wene membuka akses baca kepada anak didik Desa Tangma, Kabupaten Yahukimo dengan mendistribusikan 1.700 buku dari Jakarta ke Wamena Selatan.

Jika memahami kontribusi lain PT Freeport Indonesia, melalui dana kerja sama yang dikelola oleh Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK), dari tahun 1996 hingga 2018 mereka telah memberikan beasiswa kepada 11.000 siswa mulai dari tingkat sekolah dasar hingga doktoral untuk warga asli Papua.

Freeport Indonesia juga telah mendirikan lembaga pertambangan untuk melatih anak-anak asli Papua. Lebih dari 3.000 lulusan telah dilatih melalui Sekolah Pertambangan Nemangkawi.

3. Mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat lokal

5 Kontribusi Freeport Indonesia bagi Pembangunan Papua, Kamu Tahu?Potret warga Papua bersama karyawan PT Freeport Indonesia (dok. PTFI)

PTFI dan LPMAK terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi nilai tambah bagi masyarakat lokal melalui keunggulan kompetitif daerah masing-masing. Dalam memenuhi tanggung jawab tersebut, PTFI dan LPMAK mengajak pemangku kepentingan lainnya untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah dan masyarakat di sektor ekonomi.

Dalam proses pembangunan ini, PTFI dan LPMAK fokus pada perikanan, peternakan, pertanian, ketahanan pangan, dukungan sistem ekonomi dan rencana ekonomi alternatif, serta kerja sama dengan pihak lain.

Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PP-UMKM) dan Dana Bergulir bertujuan mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat sekitar dengan memberikan pembinaan dan pendampingan kepada calon pengusaha Papua. Rencana tersebut diharapkan meningkatkan ekonomi lokal dan taraf hidup masyarakat secara berkelanjutan, serta meningkatkan daya saing pasar pengusaha lokal.

Baca Juga: 7 Upaya Freeport Indonesia Dukung Usaha Lokal Masyarakat Papua

4. Mendukung pengembangan infrastruktur dasar di Kabupaten Mimika

5 Kontribusi Freeport Indonesia bagi Pembangunan Papua, Kamu Tahu?Potret pesawat kecil di Papua (dok. PT Freeport Indonesia)

Untuk meningkatkan output PT Freeport Indonesia menjadi 300.000 ton per hari (300K), diperlukan fasilitas pendukung baru dan perluasan. Perluasan tersebut mencakup pengendapan tailings (Ajkwa Deposition Area/ADA), yang meliputi area Amamapare/Cargo Dock, Pad XI, dan jalur transmisi pembangkit listrik. Area tersebut menempati kurang lebih 30.860 hektare yang merupakan milik Suku Kamoro, Sub Suku Nawaripi atau Koperapoka, dan Sub Suku Tipuka.

PT Freeport Indonesia mendukung pembangunan infrastruktur Kabupaten Mimika yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat setempat. Berbagai sarana dan prasarana yang dibangun di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan fasilitas umum dirancang untuk mendukung masyarakat memperoleh pelayanan dasar yang layak, mempercepat proses penyerapan manfaat kegiatan pengembangan masyarakat, dan mendukung pembangunan masyarakat.

5. Memperluas lapangan pekerjaan dan karier bagi warga Papua

5 Kontribusi Freeport Indonesia bagi Pembangunan Papua, Kamu Tahu?Potret karyawan-karyawan asli Papua di PT Freeport Indonesia (dok. PTFI)

Melansir liputan khusus Kontan, pada 2016 ada sekitar 27 persen dari total karyawan atau sekitar 30 ribu warga Papua yang bekerja di PTFI. Dari jumlah tersebut, 50 orang di antaranya menjabat di posisi manajerial dan beberapa warga asli Papua menjabat jadi Vice President Freeport.

Napoleon Sawai adalah salah satu warga asli Papua yang menjabat sebagai Vice President PTFI. Artinya, kontribusi PTFI untuk masyarakat sekitar cukup terlihat karena memberikan peluang lapangan pekerjaan dan jenjang karier yang cukup menjanjikan.

PT Freeport Indonesia memberi kesempatan bagi karyawannya untuk mengikuti program pengembangan sesuai kemampuan untuk masuk ke tingkatan tertentu. Keberhasilan suatu perusahaan sangat bergantung pada kontribusi dari karyawannya. Maka dari itu, PTFI sangat menghargai karyawannya yang berkomitmen untuk sukses bersama.

Baca Juga: 5 Komitmen Pelestarian Lingkungan Papua oleh Freeport Indonesia

Robot Si Timmy Photo Verified Writer Robot Si Timmy

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya