Comscore Tracker

Hari Kedua Voluntary Days 2019 dari Pertamina, Ada Dian Sastro!

Dian Sastro bahkan rela menjadi relawan

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) tengah menjalankan sebuah kegiatan volunteering yang bertajuk Voluntary Days 2019. Ini merupakan event pertama yang dilakukan PT Pertamina (Persero) sebagai apresiasi mereka kepada para relawan. Aksi sosial nggak melulu soal lingkungan kok, karena bersama Pertamina, semua bidang bahkan menjadi prioritas bagi perusahaan yang sangat terkenal dengan pertambangan minyak dan gas buminya.

Berlangsung selama 3 hari sejak 20-22 November, kali ini IDN Times secara khusus akan melaporkan nih bagaimana keseruan Voluntary Days 2019 di hari kedua. Kalau kemarin sudah ada Hamish Daud dan Denada di hari pertama, hari ini ada Dian Sastrowardoyo lho! Dia jadi relawan apa ya? Yuk cek informasinya berikut ini!

1. Disambut oleh big book box

Hari Kedua Voluntary Days 2019 dari Pertamina, Ada Dian Sastro!IDN Times/Anastasia Desire

Pertama kali kamu masuk di Kantor Pusat PT Pertamina (Persero) Jakarta, kamu akan disambut langsung oleh sebuah kotak besar memang secara khusus diletakkan untuk para peserta yang hadir untuk menyumbangkan buku-buku layak pakai mereka. Nantinya, setelah acara Voluntary Days 2019 ini berakhir, buku-buku yang sudah terkumpul akan dikirimkan kepada anak-anak yang membutuhkan di pelosok negeri.

Sesuai dengan nama acara yang berlangsung, ini merupakan sebuah aksi sosial PT Pertamina (Persero) dalam bidang pendidikan. Bahwasanya, semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang sama dan tanpa terkecuali. Besar harapan PT Pertamina (Persero) semoga aksi ‘kecil’ ini bisa berdampak besar bagi mereka yang ada di pelosok, khususnya untuk mengurangi masalah pendidikan di sana.

2. Dian Sastro menjadi relawan di bidang pendidikan, cocok ya!

Hari Kedua Voluntary Days 2019 dari Pertamina, Ada Dian Sastro!IDN Times/Naomi Yunita

Nama selebriti sekelas Dian Sastro, pasti sudah nggak asing lagi di telinga kita. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Dian Sastro pun sejak tahun 2007 sudah aktif sebagai aktivis sosial khususnya di bidang pendidikan dan pemberdayaan perempuan. Tapi kira-kira kamu tahu nggak sih kalau ia sudah mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS) sejak 2009 silam? Iya, ia sudah mempunyai sebuah yayasan yang secara khusus bergerak di bidang pendidikan dan juga seni lho. Wow!

Hari Kedua Voluntary Days 2019 dari Pertamina, Ada Dian Sastro!IDN Times/Naomi Yunita

Sekarang pertanyaannya adalah, kenapa sih seorang Dian Sastrowardoyo mau dan ikhlas menjadi relawan? Dalam sesi talkshow Voluntary Days 2019 ini, semuanya terungkap. Semua berawal ketika cita-citanya di usia 13 tahun harus kandas, yakni untuk bisa kuliah di luar negeri. Ia mengungkapkan bahwa alasan utamanya untuk terjun di dunia entertainment bukan sekadar mengejar ketenaran, tapi akhirnya terjun menjadi model majalah di tahun 1996 dengan harapan besar agar hasil modelling ini bisa dipakai untuk tabungan kuliah di luar negeri. Ia sadar bahwa kala itu ia bukanlah orang berada yang bisa membiayai kuliah di luar negeri, bahkan ia hanyalah seorang anak yang masih dibiayai oleh sang ibu yang notabene-nya adalah single parent.

Cita-cita itu harus kandas ketika ia akhirnya memutuskan untuk menikah, dan secara otomatis harus membagi waktunya kepada keluarga khususnya ketika memiliki seorang anak. Tapi Dian nggak mau berhenti sampai di situ saja, ia akhirnya memberikan beasiswa kepada para siswa yang mau berjuang untuk pendidikannya dan juga mau berkontribusi kepada masyarakat.

Sebuah kalimat penutup dari sosok Dian Sastrowardoyo yang bikin para peserta ‘merinding’ adalah “mungkin cita-cita seorang Dian belum bisa terwujud saat ini, tapi aku yakin ini waktu yang tepat untuk mewujudkan ‘Dian-Dian’ baru lainnya lewat beasiswa YDS ini”. 

Setuju!

3. Peranan PT Pertamina (Persero) saat adanya bencana alam di setiap pelosok negeri

Hari Kedua Voluntary Days 2019 dari Pertamina, Ada Dian Sastro!IDN Times/Naomi Yunita

Rasanya belum sah ya kalau belum bertanya langsung kepada si empunya acara, khususnya tentang bagaimana peranan PT Pertamina (Persero) itu sendiri untuk ikut terjun langsung sebagai relawan. Kalau selama ini kalian beranggapan bahwa PT Pertamina (Persero) hanyalah sebagai ‘sarana’ untuk mengumpulkan banyak relawan, kamu salah besar. Faktanya, para pekerja Pertamina bahkan juga ikut terjun langsung lho saat adanya bencana alam. Bahkan, PT Pertamina (Persero) juga termasuk salah satu perusahaan pertama yang peduli setiap kali adanya bencana. Keren banget!

Nggak hanya itu, ada yang jauh lebih keren lagi nih guys. Gandhi Sriwidodo selaku Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur bahkan juga turun ke lapangan. Sebut saja bencana tsunami Aceh di tahun 2004, hingga bencana gempa Palu yang lalu. Selaku direktur, Gandhi Sriwidodo seakan ‘melupakan’ posisinya karena timbul perasaan empati hati nuraninya lebih kuat. Ia sangat berharap agar para relawan bisa menerapkan sistem ini dalam pribadi masing-masing, sehingga aksi sosial ini nggak hanya dianggap sebagai sebuah pencitraan belaka. Tuh guys, ingat-ingat pesan Gandhi Sriwidodo ya. Semua bisa menjadi seorang relawan tanpa pandang bulu!

Seru ya hari kedua Voluntary Days 2019 ini, siap untuk hari ketiga? Tunggu informasinya di IDN Times ya! Artisnya ada siapa lagi ya yang mau jadi relawan?

Topic:

  • Anastasia Desire

Just For You