Comscore Tracker

Anak Muda Apakah Peduli dengan 3 Hal Ini di Masa Depan?

Cuek sekarang, menyesal kemudian

Jakarta, IDN Times - Hai kalian para generasi muda, IDN Times mau ajak kamu sebentar nih untuk introspeksi diri. Ada yang bilang kalau generasi muda adalah generasi pembangkang, bahkan ada yang bilang kalau generasi muda adalah generasi yang ‘menganut’ asas kebebasan. Nggak salah sih, kalian masih sangat muda dan masih punya banyak waktu untuk melakukan banyak hal sebagai pengalaman sekaligus pembelajaranmu.

Kalau kamu nggak mau disamakan dengan generasi muda lainnya, coba dong kasih perubahan sekecil apa pun sebagai bukti kalau kalian bukan termasuk generasi muda yang apatis. Kira-kira, kalian peduli akan 3 hal ini nggak?

1. Hingga tahun 2050, kebutuhan energi diprediksi akan terus meningkat

Anak Muda Apakah Peduli dengan 3 Hal Ini di Masa Depan?Shutterstock/DanielChang76

Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Makanya jangan heran kalau beberapa tahun mendatang, kebutuhan energi kita akan terus meningkat bahkan sampai tahun 2050 lho. Hal ini disampaikan pada salah satu sesi talkshow Pertamina Energy Forum 2019 di Raffles Hotel Jakarta, kemarin (26/11). Bisa dibilang, sektor industri dan transportasi merupakan konsumen energi terbesar dengan akumulasi 73% dari total kebutuhan energi.

Anak Muda Apakah Peduli dengan 3 Hal Ini di Masa Depan?IDN Times/PT Pertamina (Persero)

Nah, Indonesia harus bersiap-siap dari sekarang nih, untuk meningkatkan produksi dan ketersediaan energi, supaya di masa mendatang kita tidak mengalami krisis energi. Pertamina, sebagai perusahaan energi milik bangsa, terus bekerja keras mengoptimalkan produksi minyak dan gas di lapangan domestik maupun luar negeri. Nggak cuma itu, Pertamina pun terus mengembangkan sumber-sumber energi alternatif lainnya.

2. Cepat atau lambat, energi fosil akan menipis

Anak Muda Apakah Peduli dengan 3 Hal Ini di Masa Depan?Shutterstock/small smiles

Jangan bilang poin ini nggak menarik buatmu? Hati-hati lho, justru isu energi ini yang akan kamu rasakan di masa mendatang. Kebayang nggak sih kalau Indonesia nantinya akan kehabisan energi? Kamu nggak akan bisa menikmati lampu sebagai penerangan, nggak ada lagi bahan bakar untuk kendaraan pribadimu, pokoknya semuanya jadi serba tradisional deh, bak zaman batu.

Pasti nggak mau ‘kan? Masih dari forum diskusi yang digelar oleh Pertamina, setidaknya akan ada 6 energi terbarukan yang akan menggantikan energi fosil. Apa saja tuh? Biogas, biofuel, biomassa, panas bumi, tenaga surya, tenaga angin, dan terakhir tenaga air skala kecil. Oleh karena itu, yuk kita dukung pemanfaatan energi terbarukan ini secara maksimal. Pertamina sendiri sudah punya panas bumi untuk pembangkit listrik biosolar, tenaga surya hingga stasiun pengisian kendaraan listrik. Jadi, jangan ‘ansos’ lagi ya guys, soalnya ini terkait masa depan kita, lho!

3. Iklim terus berubah

Anak Muda Apakah Peduli dengan 3 Hal Ini di Masa Depan?Shutterstock/Anna Nikonorova

Nah, kalau soal perubahan iklim, kamu sering dengar kan, guys? Tanda-tandanya sudah kita rasakan, seperti meningkatnya temperatur bumi, pantas saja suhu udara panas terus ya. Selain itu, lapisan es di kutub mencair, dan air laut semakin tinggi.

Nah, untuk menekan laju perubahan iklim, kita bisa mendukung dengan mengurangi emisi, guys. Gimana caranya? Bijak memilih bahan bakar. Dengan menggunakan bahan bakar berkualitas, seperti Pertamax, Pertamax Turbo atau Pertamina Dex, mesin kendaraan kita bekerja lebih efisien sehingga emisinya rendah, guys. Pertamina juga punya terobosan untuk memanfaatkan batubara yang melimpah di negara kita supaya lebih ramah lingkungan. Batubara ini akan diproses menjadi dimethyl ether (DME) yang bisa digunakan sebagai gas untuk memasak. Menarik, ya! Dan yang pasti, lebih ramah lingkungan.

Topic:

  • Anastasia Desire
  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya