Comscore Tracker

5 Tempat Tinggal Jin Menurut Islam Ada di Sekitar Rumah, Waspadalah!

Walau tidak terlihat tapi ada #IDNTimesLife

Siapa yang tidak takut melihat jin? Jangankan melihatnya mendengar kata jin saja sudah bikin merinding, ya. Sebenarnya makhluk ini secara fisik tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Oleh sebab itu dinamakan ‘jin’.

Jin senang tinggal di tempat kotor dan berbau busuk, tapi ada juga yang tidak. Beberapa tempat sekitar rumah kita disukai oleh jin dan ia tinggal di situ. Di manakah itu? Yuk, disimak.

1. Di lubang-lubang

5 Tempat Tinggal Jin Menurut Islam Ada di Sekitar Rumah, Waspadalah!ilustrasi lubang (pexels.com/karolina-grabowska)

Jin senang tinggal di lubang-lubang yang kotor seperti, got, lubang pembuang air cuci piring, lubang WC, dan lain-lain. Oleh sebab itu mengapa kita tidak boleh buang air kecil di got. 

Seperti dikisahkan oleh Abdulah bin Sarjas, Rasulullah SAW bersabda:

Janganlah seseorang di antara kalian kencing di lubang karena lubang itu tempat tinggalnya golongan jin.” (H.R Abu Dawud, Nasai, dan Ahmad)

Hindari buang air kecil di got. Selain tidak sopan, ada jin yang menempatinya tempat tersebut.

2. Pasar atau mal

5 Tempat Tinggal Jin Menurut Islam Ada di Sekitar Rumah, Waspadalah!Pasar (pexels.com/niclawc)

Pasar tempat berkumpulnya para pedagang dan pembeli. Namun, ada makhluk yang tak kasat mata juga berada di tempat ini, yaitu bangsa jin.

Saat di pasar atau mal kita sering lapar mata untuk belanja yang tidak penting. Keadaan ini menandakan  sedang diganggu atau digoda oleh jin.

Maka dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk membaca doa sebelum masuk pasar atau mal agar terhindar dari godaan setan dan jin.

3. Atap rumah

5 Tempat Tinggal Jin Menurut Islam Ada di Sekitar Rumah, Waspadalah!Atap rumah (pexels.com/blitzboy)

Tempat tinggal jin juga ada di atas atap rumah, disebut jin muslim. Sebagaimana terdapat dalam hadis berikut:

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Tidak ada satu rumah orang muslim pun kecuali di atap rumahnya terdapat jin muslim. Apabila ia menghidangkan makanan pagi, mereka (jin) pun ikut makan pagi bersama mereka. Apabila makan sore dihidangkan, mereka (jin) juga ikut makan sore bersama orang-orang muslim. Hanya saja, Allah menjaga dan menghalangi orang-orang muslim itu dari gangguan jin-jin tersebut” (HR. Abu Bakar sebagaimana ditulis oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari).

Jin muslim ini tidak mengganggu urusan manusia. Berbeda dengan jin kafir, ia akan mengganggu dan menggoda manusia sehingga harus diusir.

Baca Juga: 9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islam

4. Masjid

5 Tempat Tinggal Jin Menurut Islam Ada di Sekitar Rumah, Waspadalah!Masjid (pexels.com/becca-siegel)

Jin juga ada yang bertempat tinggal di masjid dan melakukan salat. Jin tersebut adalah jin muslim. Seperti dikisahkan dalam sebuah hadis:

Dari Abu Shalih dari Ibnu Abbas ra. berkata bahwa jin telah berkata kepada Rasulullah SAW, “ Wahai Rasulullah izinkan kami (para jin) untuk ikut melakukan shalat secara berjamaah bersamamu di masjidmu.”

Maka Allah menurunkan firman-Nya, “Dan sesungguhnya masjid-masjid itu kepunyaan Allah, dan janganlah kalian menyembah seorang pun di dalamnya di samping menyembah Allah”. [QS. Jin ayat 18] [HR. Ibnu Abi Hatim dalam Tafsir Jalaludin Jilid IV]

5. Kamar mandi

5 Tempat Tinggal Jin Menurut Islam Ada di Sekitar Rumah, Waspadalah!Kamar mandi (pexels.com/jvdm)

Salah satu tempat tinggal jin di dalam rumah adalah kamar mandi karena kamar mandi tempat yang kotor.

Maka dianjurkan untuk membaca doa ketika masuk dan keluar kamar mandi. Demikian juga saat masuk dahulukan kaki kiri dan keluar dahulukan kaki kanan.

Jin makhluk tak kasat mata penggoda manusia. Semoga kita semau terhindar dari bujuknya untuk melakukan perbuatan tercela.

Baca Juga: 9 Nama dan Tugas Setan dalam Islam, Jangan Tergoda!

A  Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya