Comscore Tracker

Kehilangan Mood untuk Menulis? Pancing dengan 6 Hal Mudah Ini

Kadang kamu butuh rehat sebentar

Sebagai seorang penulis terkadang merasa buntu dan tidak tahu mau menulis apa? Hal ini sangat wajar karena suasana hati seseorang kadang berubah-ubah. Akan lebih berbahaya jika setiap hari merasa buntu dan menunggu mood yang bagus untuk meneruskan menulis.

Tetapi jangan khawatir, sebenarnya ada beberapa hal mudah yang dapat memancing mood menulis yang hilang. Berikut enam cara meningkatkan mood menulis yang bisa kamu lakukan!

1. Nikmati secangkir kopi atau teh

Kehilangan Mood untuk Menulis? Pancing dengan 6 Hal Mudah Inipexels.com/@mentatdgt

Sebagian besar penulis menganggap minum secangkir kopi memberikan inspirasi terbaik saat menulis. Secangkir kopi juga dapat membangkitkan mood yang hilang karena kandungan kafein dalamnya. Manfaat kafein memberikan stimulan dan menghambat reseptor adenosin. Dampaknya adalah membuat kamu lebih berenergi serta merasa lebih bersemangat.

Jika tidak suka kopi kamu dapat mengganti dengan teh karena sama-sama mengandung kafein.

2. Makan cokelat

Kehilangan Mood untuk Menulis? Pancing dengan 6 Hal Mudah Inipexels.com/@kaboompics

Saat semangat menulis kamu hilang, cokelat dapat meningkatkan suasana hati menjadi bersemangat karena kandungan phenylethylamine (PEA). Kandungan inilah yang mampu membangkitkan mood yang hilang. Maka saat menulis sediakan sebatang cokelat favoritmu agar mood tidak hilang dan lancar menulis.

Baca Juga: 5 Motivasi Masuk Akal Biar Semangat Menulismu Gak Luntur

3. Berjalan-jalan sebentar

Kehilangan Mood untuk Menulis? Pancing dengan 6 Hal Mudah IniPexels.com/Craig Adderley

Setiap penulis mempunyai cara sendiri-sendiri untuk mengatasi mood yang hilang. Salah satunya dengan cara berjalan-jalan. Tidak perlu jalan-jalan jauh yang membutuhkan biaya besar. Cukup dengan pindah ruangan Jika kamu di dalam ruangan atau keluar sebentar nikmati pemandangan yang ada. Hal sepele ini akan membangkitkan semangat dan menimbulkan ide baru untuk menulis.

4. Mendengarkan musik favorit

Kehilangan Mood untuk Menulis? Pancing dengan 6 Hal Mudah Inipexels.com/@christina morillo

Dikejar deadline tetapi mood untuk menulis hilang sehingga tidak ada ide. Agar mood kamu kembali bangkit coba dengarkan musik terutama yang menjadi favorit. Dalam musik yang kamu dengar dapat sebagai terapi yang membangkitkan semangat kamu sehingga ide-ide baru akan mengalir menjadi sebuah tulisan yang menarik tentunya.

5. Membuat coretan di kertas

Kehilangan Mood untuk Menulis? Pancing dengan 6 Hal Mudah Inipexels.com/@tirachard-kumtanom

Cara satu ini dapat juga dipakai pada saat buntu menulis di saat mood menurun. Membuat coretan pada selembar kertas dalam bentuk tulisan akan membuat lebih mudah untuk mendapatkan ide. Walaupun dianggap sepele membuat coretan memudahkan ide mengalir dengan sendirinya dan kembali bersemangat untuk menulis.

6. Mencari inspirasi dari media sosial

Kehilangan Mood untuk Menulis? Pancing dengan 6 Hal Mudah Inipexels.com/@freestocks

Media sosial juga dapat dipakai jika sewaktu-waktu mengalami kebuntuan karena mood yang hilang. Pilih konten dalam sosial media yang dapat menjadi inspirasi, siapa tahu bisa menemukan referensi saat mengalami kebuntuan. Selain itu kamu juga dapat membaca komentar pada statusmu atau membaca status-status yang terdapat pada sosial media.

Ketika semangat menulis kamu hilang jangan langsung berhenti menulis. Lakukan salah satu enam cara meningkatkan mood menulis di atas. Selamat mencoba.

Baca Juga: Gak Hanya Kreatif, Ini 5 Manfaat Jika Kamu Rajin Menulis Puisi

A Viva Nahfiah Photo Verified Writer A Viva Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya