Comscore Tracker

5 Alasan Kamu gak Boleh Memandang Kehidupan sebagai Suatu Kesulitan

Hidup itu mudah kok! 

Kehidupan yang sedang kita jalani memang kadang kala menyulitkan diri sendiri, bahkan bisa menjadi sebuah keterpurukan. Namun, berpikir bahwa kehidupan itu sulit untuk dijalani bukanlah tindakan yang tepat.

Hal ini terjadi bukan tanpa sebab yang jelas, karena sedikitnya ada lima alasan kamu gak boleh memandang kehidupan sebagai suatu kesulitan. Untuk tahu lebih lengkapnya, keep reading.

1. Hidup akan berjalan lebih mudah jika kamu berpikiran positif 

5 Alasan Kamu gak Boleh Memandang Kehidupan sebagai Suatu Kesulitanilustrasi wanita tersenyum lebar (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menganggap bahwa kehidupan itu sulit untuk dijalani berasal dari pemikiran diri sendiri. Namun, menganggapnya seperti itu hanya akan membuat kesulitan tersebut terasa benar adanya.

Padahal, hidup akan berjalan lebih mudah jika kamu mau berpikiran positif. Anggap saja bahwa kesulitan dalam hidup hanya sebatas hambatan kecil, kehidupan yang sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan.

2. Tidak membuatmu stres secara berlebihan

5 Alasan Kamu gak Boleh Memandang Kehidupan sebagai Suatu Kesulitanilustrasi wanita bersedih (pexels.com/Keira Burton)

Memikirkan bagaimana kita hidup memang bisa membuat diri sendiri lebih prihatin dalam menjalaninya. Namun, merasa bahwa kehidupan ini sangat sulit bisa membuatmu stres secara berlebihan.

Padahal, kehidupan yang kamu jalani harus dianggap sebagai kemudahan, bukan kesulitan. Paling tidak, kamu harus menjaga pola pikir agar tidak menjadi stres yang merugikan dirimu kedepannya.

3. Berusaha untuk tetap optimis tanpa ada rasa pesimistis yang berlebihan

5 Alasan Kamu gak Boleh Memandang Kehidupan sebagai Suatu Kesulitanilustrasi wanita tertawa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kesulitan dalam menjalani hidup memang kita sadari secara sepenuhnya, menjalani hidup memang tidak semudah kelihatannya. Namun, kita semua harus berusaha untuk tetap optimis tanpa ada rasa pesimistis yang berlebihan.

Jangan menganggap kehidupan ini sebagai suatu kesulitan yang merugikan, kamu harus terus mengedepankan sikap optimis agar semuanya bisa berjalan dengan lebih baik dan terkontrol sedemikian rupa.

4. Tidak bisa menikmati hidup dengan sebaik-baiknya

5 Alasan Kamu gak Boleh Memandang Kehidupan sebagai Suatu Kesulitanilustrasi pria bersedih (pexels.com/ THIS IS ZUN)

Merasa bahwa kehidupan ini sulit memang tidak ada salahnya secara pemikiran, kita sadar bahwa ini gak akan mudah. Namun, terus menerus menganggapnya seperti itu hanya akan menambah kesulitan, bahkan bisa lebih buruk.

Pada akhirnya, hidup ini harus kamu anggap mudah. Paling tidak, kamu bisa lebih menikmati hidup di balik kesulitan yang sedang kamu jalani, tidak terpaku pada kesedihan dan rasa frustrasi semata.

5. Lebih mudah mengontrol diri tanpa bertindak gegabah

5 Alasan Kamu gak Boleh Memandang Kehidupan sebagai Suatu Kesulitanilustrasi pria tersenyum (pexels.com/Kampus Production)

Kesulitan dalam hidup memang bukan hanya sebatas menyulitkan diri secara finansial, tapi juga cara kamu berpikir. Hanya saja, hal ini harus bisa kamu atasi dengan sebaik-baiknya, anggap bahwa kehidupan ini bisa kamu lalui dengan mudah.

Paling tidak, kamu lebih mudah mengontrol diri tanpa harus ada tindakan yang gegabah. Hidup memang sulit, namun cara berpikir kamu bisa mengubah tindakanmu dalam menanggapi kehidupan saat ini.

Setiap orang memang punya caranya sendiri dalam memandang kehidupan, baik sebagai kemudahan maupun kesulitan. Namun, apa pun kehidupan yang kamu jalani saat ini harus bisa dianggap mudah, alasannya seperti kelima poin di atas.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Sinergikan Kekuatan Purpose di Kehidupan Sehari-hari

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya