Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Meragukan Apa yang Menjadi Tujuan Hidupmu

Kamu pasti bisa, kok! #IDNTimesLife

Setiap orang dasarnya memiliki tujuan dan ambisi sesuai dengan jalannya masing-masing, mengejar sesuatu yang menjadi tujuan atas hidupnya sendiri. Namun, kadang kala kita meragukan tujuan hidup tersebut dengan berbagai macam alasan di dalamnya.

Meski kamu merasa ragu dan bimbang, jangan terlalu cepat memutuskan. Nyatanya, di bawah ini sedikitnya ada lima alasan kamu gak perlu meragukan apa yang menjadi tujuan hidupmu. Biar tahu lebih lengkapnya, keep reading ya.

1. Jangan cepat menyimpulkan sesuatu di saat kamu gak bisa berpikir jernih

5 Alasan Kamu Gak Perlu Meragukan Apa yang Menjadi Tujuan Hidupmuilustrasi wanita memegang kepala (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menggapai tujuan hidup memang tidak akan semudah membalikan telapak tangan. Namun, kamu harus tetap menjernihkan pikiran sesulit apa pun itu, ini demi menjaga keyakinan kamu untuk terus maju.

Dasarnya, jangan terlalu cepat menyimpulkan sesuatu di saat kamu gak bisa berpikir jernih sekalipun. Jangan memutuskan sesuatu yang akan kamu sesali nanti, tujuan hidupmu pasti akan tercapai sekalipun banyak sekali hambatan.

2. Jangan menjadi orang yang cepat menyerah semudah itu

5 Alasan Kamu Gak Perlu Meragukan Apa yang Menjadi Tujuan Hidupmuilustrasi wanita menutup wajah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Timbulnya rasa ragu biasanya terjadi karena apa yang kamu tuju begitu sulit, apalagi fakta akan kehidupan yang keras ini benar adanya. Namun, jangan menjadi orang yang cepat menyerah semudah itu, semua ini butuh yang namanya proses.

Jalani semua ini dengan sepenuh hati, jangan setengah-setengah. Pantang menyerah menjadi kunci dari keberhasilanmu, jangan terlalu mengedepankan keraguan demi keraguan di dalamnya.

3. Jangan hanya terpaku pada emosi dan juga ketidakstabilan diri

5 Alasan Kamu Gak Perlu Meragukan Apa yang Menjadi Tujuan Hidupmuilustrasi wanita emosi (pexels.com/Anna Shvets)

Mencapai akhir dari tujuan hidup memang penuh dengan yang namanya hambatan, salah satunya adalah emosi yang sulit terkontrol dan adanya ketidakstabilan diri. Bahkan, hal inilah yang memicu timbulnya keraguan dalam diri dalam menggapai tujuanmu.

Padahal, kamu gak boleh terpaku hanya pada emosi semata, dirimu sedang berada dalam kondisi yang tidak stabil dan penuh dengan amarah. Cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu, ini akan meningkatkan keyakinanmu untuk terus bangkit dan bergerak.

Baca Juga: 5 Trik Khusus bisa Konsisten dalam Mengejar Tujuan Hidup

4. Kamu pasti bisa melewati itu semua selama ada usaha dan kesabaran

5 Alasan Kamu Gak Perlu Meragukan Apa yang Menjadi Tujuan Hidupmuilustrasi wanita bekerja (pexels.com/Liza Summer)

Tidak ada yang tidak bisa kita gapai selama ada usaha dan juga kesabaran, termasuk dalam menggapai tujuan hidup. Kenyataannya memang begitu sulit, namun akan ada hasil yang memuaskan selama ada usaha yang tidak sedikit.

Makanya, kamu sama sekali gak boleh ragu dalam menggapai satu demi satu tujuan hidupmu. Ini hanya masalah waktu dan konsistensi, jangan biarkan keraguan membuat semua usaha yang kamu lakukan selama ini berakhir sia-sia.

5. Jangan mudah terpengaruh akan sesuatu yang instan dibanding jalan yang kamu ambil

5 Alasan Kamu Gak Perlu Meragukan Apa yang Menjadi Tujuan Hidupmuilustrasi wanita berpikir (pexels.com/Ivan Samkov)

Setiap orang punya pemikirannya masing-masing dalam menggapai tujuan hidup, tentu dengan jalan yang berbeda-beda. Namun, kadang kala kita ragu atas keputusan yang telah kita ambil, mudah tergoda dengan jalan yang kesannya sangat instan.

Padahal, jangan mudah terpengaruh akan itu semua. Kamu harus benar-benar cermat dalam menilai cara menggapai tujuan hidup, apakah yang instan benar-benar yang terbaik atau hanya sebatas jebakan semata.

Akan ada banyak sekali keraguan di saat kamu sedang kesulitan dalam menggapai tujuan hidup. Namun, cobalah untuk tetap merasa yakin dan berusaha semaksimal mungkin, percaya pada kemampuan diri sendiri dan mulailah untuk melangkah ke depan.

Baca Juga: 5 Langkah untuk Menemukan Tujuan Hidup, Jangan Buang Waktu!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya