Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pesimis dengan Apa sedang Dikerjakan

Biar gak merugikan diri sendiri juga, lho! #IDNTimesLife

Melakukan sesuatu yang cukup menguras waktu dan tenaga kadang kala membuat kita merasa pesimis, apa yang sedang kamu kerjakan seakan tidak akan membuahkan hasil yang baik dan dengan hasil yang maksimal.

Namun, semua itu hanya sebatas pemikiran buruk saja, bahkan sedikitnya ada lima alasan kamu gak perlu pesimis dengan apa yang sedang dikerjakan. Biar tahu lebih jelasnya, keep reading ya.

1. Sikap pesimistis bisa membuatmu kehilangan semangat secara instan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pesimis dengan Apa sedang Dikerjakanilustrasi orang mengeluh (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Salah satu hal yang paling krusial dalam melakukan segala hal adalah semangat, hal tersebut bisa menjadi pendorong kamu untuk tetap teguh pada pendirian dan terus menyelesaikannya sampai akhir.

Namun, sikap pesimistis bisa membuatmu kehilangan semangat secara instan. Padahal, peran semangat sangatlah penting dan juga krusial,  kamu harus bisa mengontrol cara pikir kamu agar tidak berakhir merugikan.

2. Bersikap pesimis hanya akan membuatmu sulit untuk berkembang

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pesimis dengan Apa sedang Dikerjakanilustrasi wanita tertidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang butuh yang namanya perubahan dalam hidup, ada perkembangan yang bisa membuat kehidupannya jauh lebih baik. Namun, semua ini tidak akan terjadi selama ada sikap pesimis di dalamnya.

Nyatanya, bersikap pesimis hanya akan membuatmu sulit untuk berkembang. Yang kamu pikirkan hanyalah sebuah kesalahan, bukan kepercayaan diri untuk bisa berkembang kedepannya.

3. Pesimis hanya akan membuat hidupmu jadi lebih banyak keraguan dibanding keyakinan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pesimis dengan Apa sedang Dikerjakanilustrasi orang berpikir (pexels.com/Monstera)

Sikap pesimistis bisa diartikan sebagai hilangnya kepercayaan terhadap kemampuan diri sendiri. Hal ini terjadi karena banyaknya keraguan dalam pikiranmu, semuanya terasa sangat mustahil untuk terjadi.

Namun, dampak dari hal ini bisa sangat panjang. Pola pikir kamu yang pesimis akan membuat hidup lebih banyak keraguan dibanding keyakinan, mengambil sebuah keputusan rasanya akan teramat sangat sulit.

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Akan Terjadi Saat Memilih Optimis ketimbang Pesimis

4. Bersikap optimis akan selalu lebih baik dibanding pesimis yang merugikan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pesimis dengan Apa sedang Dikerjakanilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Monstera)

Di lihat dari sisi mana pun, bersikap optimis akan selalu lebih baik dibanding pesimis yang merugikan. Cara kamu berpikir akan jauh lebih jernih, kepercayaan kamu terhadap diri sendiri menjadi lebih besar.

Pada akhirnya, kamu harus membuang jauh-jauh sikap pesimistis. Tentu tujuannya sangatlah jelas, tidak membuat kamu berpikiran buruk atas apa yang sebenarnya belum terjadi.

5. Cara kamu berpikir akan selalu berdampak besar pada hasil yang kamu peroleh

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pesimis dengan Apa sedang Dikerjakanilustrasi wanita berpikir (pexels.com/Monstera)

Kita semua sadar bahwa proses sangat mempengaruhi hasil itu sendiri. Proses yang sedang kamu jalani bergantung pada cara kamu berpikir. Jika cara kamu berpikir sangat buruk dan penuh pesimistis, semuanya bisa berakhir buruk.

Nyatanya, cara kamu berpikir akan selalu berdampak besar pada hasil yang kamu peroleh. Jangan remehkan hal ini, cobalah untuk memperbanyak positif thinking dibanding negatif thinking.

Kita semua memang bisa membuat kemungkinan terburuk atas apa yang sedang dikerjakan. Namun, kelima alasan di atas diharapkan bisa menjadi patokan kamu agar berhenti bersikap pesimis dan mulai mengedepankan optimistis.

Baca Juga: 5 Kerugian jika Kamu Betah Berlama-lama di Zona Nyaman, Jadi Pesimis!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya