Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Kesulitan Memahami Apa yang Kamu Inginkan dalam Hidup

Terlalu menutup diri?

Pada dasarnya, setiap orang pastinya punya tujuan hidup atau sesuatu yang diinginkannya selama ini. Meski begitu, ada juga orang yang tidak tahu menahu tentang apa yang disukainya atau yang diinginkannya sama sekali.

Nyatanya, hal ini terjadi bukan tanpa sebab yang jelas, bahkan sedikitnya ada lima alasan kamu kesulitan memahami apa yang kamu inginkan dalam hidup. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Terlalu banyak mengurusi orang lain dibanding diri sendiri

5 Alasan Kamu Kesulitan Memahami Apa yang Kamu Inginkan dalam HidupUnsplash.com/Thiago Barletta

Dalam hidup, kebanyakan orang lebih tahu apa yang diinginkan orang lain dibanding dirinya sendiri. Meski terdengar absurd, kenyataan ini benar-benar terjadi di kehidupan yang kita jalani selama ini.

Pada akhirnya, kamu sendiri kesulitan memahami apa yang kamu inginkan dalam hidup. Selalu mengursi orang lain memang tindakan yang bisa positif, namun diri sendiri juga harus diberikan perhatian yang lebih dan lebih lagi.

2. Sama sekali gak pernah bisa konsisten dalam melakukan suatu hal

5 Alasan Kamu Kesulitan Memahami Apa yang Kamu Inginkan dalam HidupUnsplash.com/Austin Distel

Secara garis besar, kita semua akan menyukai suatu hal selama ada konsistensi di dalamnya. Dalam hal ini, orang yang gak bisa konsisten akan sangat kesulitan menemukan apa yang diinginkannya dalam hidup.

Nyatanya, konsisten membuat kita lebih membiasakan diri dalam suatu hal. Lambat laun, kamu akan memahami sendiri apa yang sebenarnya ingin kamu lakukan dan kamu sukai secara nyata.

Baca Juga: Meminta Pertolongan dari Kesulitan Hidup, Yuk Baca Doa Nabi Yunus

3. Terlalu banyak mengikuti orang lain dalam melakukan banyak hal

5 Alasan Kamu Kesulitan Memahami Apa yang Kamu Inginkan dalam HidupUnsplash.com/Joshua Chun

Dalam hidup, mengikuti sebuah tren bukanlah suatu kesalahan yang pantas untuk disalahkan. Tren itu baik, namun kamu sendiri akan kesulitan memahami apa yang kamu inginkan dalam hidup.

Nyatanya, kamu terlalu banyak mengikuti orang lain dalam melakukan banyak hal. Kamu memprioritaskan sesuatu demi orang lain, bukan kesenangan untuk diri sendiri sehingga tidak pernah tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan.

4. Kamu terlalu banyak diatur oleh orang-orang terdekatmu

5 Alasan Kamu Kesulitan Memahami Apa yang Kamu Inginkan dalam HidupUnsplash.com/National Cancer Institute

Pada dasarnya, segala putusan dalam hidup memang ada di tangan sendiri secara seutuhnya. Namun, sayangnya selalu ada campur tangan dari orang lain dan bahkan kamu terlalu banyak diatur oleh orang-orang terdekatmu.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, kamu akan kesulitan memahami apa yang kamu inginkan dalam hidup. Selama ini, kamu hanya sebatas dimanfaatkan dan bukan atas dasar keinginan diri sendiri.

5. Tidak pernah memikirkan masa depan yang akan kamu jalani nanti

5 Alasan Kamu Kesulitan Memahami Apa yang Kamu Inginkan dalam HidupUnsplash.com/Katie Barrett

Pada umumnya, orang yang hanya memikirkan kehidupan di masa sekarang tidak tahu harus melakukan apa kedepannya. Bahkan, selalu menemukan jalan buntu ketika mencari tahu apa yang diinginkannya selama ini.

Nyatanya, hal ini terjadi karena kamu tidak pernah memikirkan masa depan yang akan dijalani nanti. Tahu masa depan artinya tahu apa yang inginkan, khususnya dalam jangka panjang dan dalam waktu yang lama.

Itu dia deretan alasan kamu kesulitan memahami apa yang kamu inginkan dalam hidup. Jangan terlalu mengabaikan keinginan diri sendiri, atau kamu akan kehilangan semangat dalam menjalani hidup ke depannya.

Baca Juga: 5 Langkah Perubahan untuk Hidup yang Lebih Baik dan Bahagia

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya