Comscore Tracker

5 Alasan Media Sosial Bisa Menghancurkan Hidup Kamu secara Perlahan

Perlu hati-hati, nih!

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang aktif menggunakan media sosial? Mungkin bagi sebagian orang media sosial sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa terlepas dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk mencari informasi atau hanya untuk hiburan semata.

Namun Tahukah kamu bahwa media sosial bisa menghancurkan hidup kamu secara perlahan? Meski tergolong media hiburan, namun media sosial sudah melekat pada kehidupan kamu sehari-hari sehingga bukan tidak mungkin untuk berpengaruh pada kehidupan kamu kedepannya.

berikut ini ada lima alasan mengapa media sosial bisa menghancurkan hidup kamu secara perlahan, jangan terlalu memandang sepele jika tidak ingin hidup kamu berada dalam ambang kehancuran.

1. Terlalu banyak percaya pada berita bohong

5 Alasan Media Sosial Bisa Menghancurkan Hidup Kamu secara PerlahanPexels.com/Kaboompics .com

Kita semua tahu bahwa media sosial menjadi portal berita yang sangat memungkinkan untuk kamu menerima berbagai macam informasi baik dalam bentuk status orang lain atau pun URL dari berbagai macam situs web.

Mungkin secara logika itu bukan kabar buruk, bahkan tergolong sangat bagus agar kamu bisa selalu update tentang berbagai macam informasi terkini baik yang di dalam negeri atau pun mancanegara.

Namun sayangnya tidak semua informasi yang ada di media sosial sesuai dengan fakta yang ada, ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan keadaan untuk mendapatkan keuntungan lebih dari informasi yang dia bagikan meskipun informasi tersebut semuanya bohong.

Jika kamu percaya pada semua berita bohong tersebut, tentu itu akan berpengaruh pada hidup kamu dan bahkan menghancurkan hidup kamu secara perlahan. Bukankah itu sangat mengerikan?

2. Selalu merasa iri hati pada status orang lain

5 Alasan Media Sosial Bisa Menghancurkan Hidup Kamu secara PerlahanPexels.com/Andrea Piacquadio

Kita tidak bisa membantah bahwa media sosial menjadi salah satu media untuk berbagi berbagai macam hal baik yang bersifat publik maupun pribadi, mereka akan selalu membuat postingan yang menurut mereka pantas untuk dipublikasikan.

Namun apa yang mereka publikasikan tidak selamanya membuat semua orang senang, bahkan ada beberapa orang yang merasa iri hati dengan apa yang mereka posting karena disangka sedang pamer atau memperlihatkan apa yang dia capai.

Jika kamu selalu merasa iri hati pada postingan orang lain, tentu itu akan berdampak sangat buruk bahkan bisa mengakibatkan stres karena tidak mampu mencapai apa yang orang lain raih.

3. Kecanduan media sosial hingga lupa waktu

5 Alasan Media Sosial Bisa Menghancurkan Hidup Kamu secara PerlahanPexels.com/picjumbo.com

Berapa lama kamu menggunakan media sosial dalam sehari? Mungkin kamu tidak akan menghitungnya, itu seperti kegiatan membuang banyak waktu berharga yang tidak ada untungnya sama sekali.

Namun satu hal yang harus kamu perhatikan adalah jika kamu kecanduan media sosial hingga lupa waktu, itu bisa sangat berpengaruh pada kehidupan kamu kedepannya karena tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Jika hal itu terjadi, bukan tidak mungkin untuk media sosial menghancurkan hidup kamu secara perlahan. Waktu yang harusnya kamu manfaatkan dengan baik hilang begitu saja hanya karena terlalu asyik bermain media sosial.

Baca Juga: 8 Alasan Logis Kamu Boleh Blokir Teman di Media Sosial

4. Melanggar UU ITE hingga bermasalah dengan pihak berwajib

5 Alasan Media Sosial Bisa Menghancurkan Hidup Kamu secara PerlahanPexels.com/Donald Tong

Apa yang akan terjadi jika media sosial tidak dilengkapi dengan undang-undang yang mengatur di dalamnya? Mungkin semua orang akan bertindak gegabah dan mengunggah sesuatu yang tidak sepantasnya untuk dipublikasikan.

Namun dengan hadirnya UU ITE, kamu bisa saja tidak sengaja mengunggah sesuatu yang melanggar hingga bermasalah dengan pihak berwajib. tentu itu bukan kabar yang baik, karena kamu bisa saja terjerat pasal yang memungkinkan kamu mendekam di jeruji besi hingga denda ratusan juta rupiah.

Bukankah itu akan berpengaruh besar pada hidup kamu? Bisa jadi itu menjadi awal dari kehancuran hidup kamu karena telah melanggar sesuatu yang kelihatannya sangat sepele namun punya dampak yang sangat besar.

5. Mengumbar informasi pribadi sehingga disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab

5 Alasan Media Sosial Bisa Menghancurkan Hidup Kamu secara PerlahanPexels.com/Christina Morillo

Apakah semua orang tahu batasan dalam menggunakan media sosial? Tentu tidak semua orang tahu, bahkan ada beberapa yang mengunggah sesuatu yang tidak sepantasnya untuk diunggah seperti Informasi pribadi yang bisa saja disalahgunakan oleh orang lain.

Jika hal itu terjadi, tentu kamu akan merasakan dampak yang sangat buruk dan bahkan bisa menghancurkan hidup kamu secara perlahan-lahan. Data pribadi kamu bisa disalahgunakan seperti untuk penipuan atau sejenisnya sehingga masalah dalam hidup kamu akan bertambah banyak.

Itu di deretan alasan mengapa media sosial bisa berbahaya dan berpotensi menghancurkan hidup penggunanya, jangan terlalu menganggap sepele ketika menggunakan media sosial karena dampaknya bisa lebih buruk dari apa yang kamu bayangkan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Curhat di Media Sosial, Bukan Sekadar Ajang Umbar Keluhan!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya