Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diingat saat Tindakanmu Mulai Kebablasan

Jangan dianggap sepele? 

Kehidupan yang kita jalani saat ini tentu memiliki aturan demi aturan yang ada, entah itu dibuat secara tertulis maupun tidak tertulis. Adanya sebuah aturan pastinya perlu kita taati bagaimanapun bentuknya. 

Namun, kita tidak bisa membantah bahwa tindakan diri kita sendiri pernah menyalahi aturan. Jika hal ini terjadi, sedikitnya ada lima hal yang perlu kamu lakukan saat tindakanmu mulai menyalahi aturan. Biar tahu lebih lengkapnya, simak baik-baik ulasan di bawah, ya. 

1. Menyadarkan diri bahwa tindakan tersebut sangat tidak baik buat jangka panjang

5 Hal yang Perlu Diingat saat Tindakanmu Mulai Kebablasanilustrasi orang menyesal (pexels.com/Liza Summer)

Menyalahi aturan punya konotasi yang begitu buruk, kita sadari itu. Meski aturan yang kamu langgar merupakan sebuah aturan kecil, tetap saja harus dibenahi sedari awal. 

Nyatanya, kamu harus sadar bahwa tindakan tersebut sangat tidak baik buat jangka panjang. Kamu bisa menyalahi aturan sebagai kebiasaan yang gampang dilakukan, tentu itu bukan tindakan yang baik untuk dibiasakan. 

2. Membenahi diri karena tindakan tersebut bisa merugikan dirimu dan orang sekitar

5 Hal yang Perlu Diingat saat Tindakanmu Mulai Kebablasanilustrasi pembenahan diri (pexels.com/Christina Morillo)

Segala macam aturan yang ada di sekitarmu dibuat demi terciptanya kehidupan yang lebih baik. Jika kamu menyalahi aturan yang ada, tentu dampaknya bisa sangat buruk. 

Pada akhirnya, kamu harus mulai membenahi diri agar tidak menyalahi aturan lagi kedepannya. Dampak buruknya bukan hanya terjadi pada diri sendiri saja, tapi juga orang di sekitarmu. 

3. Percaya bahwa menyalahi aturan tidak pernah disukai orang banyak

5 Hal yang Perlu Diingat saat Tindakanmu Mulai Kebablasanilustrasi orang berpikir (pexels.com/João Jesus)

Baca Juga: 7 Tips Efektif agar Tidur Tak Kebablasan atau Terlambat Bangun

Sebuah aturan biasanya dibuat bukan hanya untuk perorangan saja, tapi juga seluruh orang yang ada di ruang lingkupnya. Jika ada orang yang menyalahi aturan, tentu dampaknya akan menyebar kemana-mana. 

Pada akhirnya, kamu harus mulai percaya bahwa menyalahi aturan bukan tindakan yang baik dilakukan, bahkan tindakanmu tidak pernah disukai orang lain karena efeknya memang merugikan. 

4. Mengakui kesalahan karena apa yang kamu mulai harus dipertanggungjawabkan

5 Hal yang Perlu Diingat saat Tindakanmu Mulai KebablasanIlustrasi orang menyesal (pexels.com/mentatdgt)

Menyalahi aturan khususnya aturan yang dianggap sepele seperti suatu hal yang biasa dan wajar terjadi. Namun, menyalahi aturan tetaplah kesalahan yang tidak boleh dianggap remeh begitu saja, aturan tetaplah aturan patut untuk kita taati. 

Pada akhirnya, kamu harus bisa mengakui kesalahan jika mulai menyalahi aturan sekecil apa pun itu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban, yang mana kamu menyesal telah melakukan itu semua. 

5. Kembali ke jalan yang seharusnya tanpa pikir panjang lagi

5 Hal yang Perlu Diingat saat Tindakanmu Mulai Kebablasanilustrasi orang menyadari kesalahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menyalahi aturan sering kali membawa kita pada sesuatu yang menguntungkan dan juga kesannya mempermudah, ala hasil kamu melakukannya secara terus menerus tiada henti. 

Padahal, menyalahi aturan tetap saja merupakan tindakan yang buruk dan sifatnya bisa merugikan. Jika kamu berada dalam tahap ini, segera kembali ke jalan yang seharusnya tanpa pikir panjang lagi. 

Kehidupan yang kita jalani saat ini punya banyak pilihan, kamu harus memilih tetap berada di dalam aturan tanpa perlu menyalahi nya. Ini juga demi kebaikan diri sendiri dan juga bersama, jangan mengabaikannya begitu saja. 

Baca Juga: Pertimbangkan 6 Hal Ini Sebelum Kebablasan Mengejar Popularitas 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya