Comscore Tracker

5 Sisi Positif di Balik Rasa Bersalah yang Membayangimu Selama Ini

#IDNTimesLife Punya peran yang penting sekaligus krusial? 

Dalam hidup, kita sebagai manusia pastinya pernah melakukan kesalahan. Bahkan, tak jarang jika kesalahan tersebut membuatmu terus terbayang dan berakhir mengusik ketenangan hidup. 

Meski sifatnya mengganggu kenyamanan, bukan berarti kita tidak bisa mengambil hikmahnya. Sedikitnya ada beberapa sisi positif di balik rasa bersalah yang membayangimu selama ini.

Biar pikiran kamu gak terus gentayangan, simak penjelasannya, ya. 

1. Sadar bahwa apa yang kamu lakukan memang salah

5 Sisi Positif di Balik Rasa Bersalah yang Membayangimu Selama Iniilustrasi merasa bersalah (unsplash.com/Artam Hoomat)

Rasa bersalah sebenarnya tidak akan pernah datang begitu saja, sudah pasti ada pemicu di balik itu. Jika kamu merasakan hal ini, ada nilai positif yang sebenarnya bisa kamu ambil. 

Paling tidak, kamu sadar bahwa apa yang kamu lakukan memang tidak benar. Ada kesadaran diri yang baik buat kehidupan kamu ke depannya. 

2. Cenderung berhenti melakukan suatu keburukan untuk kedua kalinya

5 Sisi Positif di Balik Rasa Bersalah yang Membayangimu Selama Iniilustrasi pria tersenyum (unsplash.com/christian buehner)

Rasa bersalah dalam diri sebenanya membuat hidupmu merasa gelisah, bahkan hidupmu jadi tidak tenang di saat mengingat kembali kesalahan yang telah kamu lakukan. 

Namun, hal ini bisa membawa sisi positif yang berdampak pada perubahan besar. Nyatanya, hal tersebut bisa mengurangi kecenderungan melakukan suatu keburukan untuk kedua kalinya. Syukur jika nantinya keburukan tersebut kamu hapus dari kehidupanmu.

3. Tidak menjadikan suatu kesalahan sebagai bentuk dari kenyamanan

5 Sisi Positif di Balik Rasa Bersalah yang Membayangimu Selama Iniilustrasi orang sedih (unsplash.com/Christian Erfurt)

Tidak semua kesalahan yang telah kita perbuat perlu disesali berlarut-larut. Bahkan bukan tidak mungkin, beberapa orang tidak merasa bersalah atas kelakuan buruknya.

Jika kamu pernah mendapati rasa bersalah yang membayangimu dari waktu ke waktu, ambil sisi positifnya. Kamu tidak menjadikan suatu kesalahan sebagai bentuk kenyamanan, dan itu menjadi bagian yang sangat penting. 

Baca Juga: Hindari Lakukan 5 Hal Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari 

4. Tidak membenarkan apa yang sudah sepantasnya untuk disalahkan

5 Sisi Positif di Balik Rasa Bersalah yang Membayangimu Selama Iniilustrasi orang menyesal (unsplash.com/Adrian Swancar)

Sejatinya, gak semua orang mau mengakui segala kesalahan yang telah dilakukannya. Malah, tak jarang dari kita membenarkan apa yang sudah sepantasnya untuk disalahkan. 

Makanya, jika kamu sendiri sering merasa bersalah atas segala tindakanmu, ada sisi positif yang sangat bermanfaat. Kamu tidak membenarkan apa yang sudah sepantasnya untuk disalahkan, itu akan membawa kamu pada kehidupan yang penuh dengan kejujuran. 

5. Kamu akan memperhatikan baik buruknya dari tindakanmu

5 Sisi Positif di Balik Rasa Bersalah yang Membayangimu Selama Iniilustrasi orang berpikir (unsplash.com/Ben White)

Orang yang sering merasa bersalah cenderung jera atas tindakan buruknya. Kehidupannya seakan berubah menjadi menakutkan atas rasa bersalah tersebut. 

Ambil sisi positifnya, kamu akan sangat memperhatikan baik buruknya dari tindakanmu. Ke depannya, kamu akan lebih berhati-hati dan bahkan selalu berpikir sebelum bertindak.

Rasa bersalah dalam hidupmu memang tidak baik jika terus berlarut. Mari bangkit dan ambil pelajaran dari kesalahan tersebut, ya. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal Ini Bakal Jadi Penyesalan Hidup jika Kamu Lakukan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya