Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi yang Berpikir Jauh ke Depan

Supaya segalanya bisa terencana dengan baik

Setiap orang dasarnya punya pola pikirnya sendiri dalam menjalani kehidupan. Ada yang mampu berpikir pendek, ada pula yang lebih berpikir jauh ke depan. Namun, masih banyak orang yang belum membiasakan diri berpikir jauh.

Padahal, hal ini bisa membawa keuntungan dan kebaikan, lho. Sedikitnya ada lima alasan kenapa kamu harus bisa menjadi pribadi yang mampu berpikir jauh. Gak ada ruginya, kok.

1. Segala keputusan dipertimbangkan secara matang

5 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi yang Berpikir Jauh ke Depanilustrasi pria menatap layar (pixabay.com/Pexels)

Berpikiran jauh artinya  bukan semata-mata hanya untuk sekarang, namun juga bisa jauh ke depan. Dalam hal ini, kamu harus jadi pemikir keras untuk menukan cara menjalani hidup dengan baik ke depannya.

Tetapi, ada sisi positif yang bisa kamu ambil dalam hal ini. Nyatanya, segala bentuk keputusanmu akan dipertimbangkan secara matang. Semua sudah kamu pikirkan baik-baik perihal kehidupan kamu untuk beberapa waktu mendatang.

2. Meminimalisir adanya kecerobohan

5 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi yang Berpikir Jauh ke Depanilustrasi pria menulis di buku (pixabay.com/StockSnap)

Setiap orang dasarnya punya sifat ceroboh yang kapan saja bisa membuat masalah. Namun, semua itu bisa diminimalisir dengan berpikiran jauh. Apa yang kamu lakukan benar-benar diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Alhasil, kecerobohan bisa tertahan ketika kamu dalam berpikir. Mungkin terkesan sangat sepele, namun meminimalisir adanya kecerobohan merupakan tindakan besar yang punya banyak nilai positif, lho.

3. Hidupmu bukan untuk saat ini saja

5 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi yang Berpikir Jauh ke Depanilustrasi pria menggunakan laptop (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Tidak ada salahnya jika memang ingin meningkatkan kualitas hidup di masa sekarang. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan perubahan nyata dalam waktu yang dekat.

Tetapi, kamu pasti tahu betul bahwa hidupmu bukan hanya sebatas di masa sekarang saja, tapi juga untuk ke depannya. Berpikiran jauh juga termasuk untuk membuat perencanaan masa depanmu. Dengan begitu, kamu memiliki banyak persiapan.

Baca Juga: 5 Keadaan yang Bisa Membuatmu Berpikir Bahwa Uang Bukanlah Segalanya

4. Tidak membuat kesalahan yang bikin terpuruk

5 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi yang Berpikir Jauh ke Depanilustrasi pria menggunakan laptop (pixabay.com/Comfreak)

Memikirkan masa depan sedari sekarang bukan semata-mata demi orang lain, namun untuk diri sendiri. Dalam hal ini, berpikiran jauh ke depan sangat mendukung itu semua. Kamu menghindari kesalahan fatal yang bisa membuatmu terpuruk.

Keterpurukan bisa terjadi kapan saja. Di saat kamu belum bisa berpikiran jauh, maka tidak ada perencanaan masa depan yang lebih matang. Dengan begitu, kamu akan sulit untuk kembali bangkit.

5. Dapat menata kehidupan yang lebih baik

5 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi yang Berpikir Jauh ke Depanilustrasi pria berpikir (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Semua orang percaya bahwa tidak ada yang tahu  apa yang akan terjadi di masa depan. Meski begitu, pemikiran jauh bukanlah mencari kepastian, namun merencanakan apa yang harus dipersiapkan.

Jika sudah begitu, kehidupanmu bisa lebih tertata dengan baik mulai dari sekarang dan ke depannya. Semuanya bisa terkendali, meski gak akan sepenuhnya sesuai dengan apa yang kamu perkirakan.

Berpikiran jauh dasarnya punya peranan yang begitu penting, apalagi ini ada hubungannya dengan masa depanmu. Kelima poin di atas bisa menjadi pegangan untuk lebih sadar betapa pentingnya berpikir jauh ke depan.

Baca Juga: 5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kerasnya Kehidupan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya