Comscore Tracker

5 Alasan di Balik Pentingnya Mensyukuri Hal Kecil yang Kamu Miliki

Biar gak selalu merasa kurang!

Tidak semua orang sadar betapa pentingnya mensyukuri apa yang sudah kita miliki saat ini. Kita tahu bahwa manusia adalah makhluk hidup yang tidak ada puasnya, namun mensyukuri segala sesuatu mulai dari yang terkecil sangat penting untuk ditanamkan dalam diri.

Sedikitnya ada lima alasan dibalik pentingnya mensyukuri hal kecil yang kamu miliki mulai dari sekarang. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasan di bawah ini.

1. Merasa selalu berkecukupan meski hidup penuh dengan kesederhanaan

5 Alasan di Balik Pentingnya Mensyukuri Hal Kecil yang Kamu MilikiPexels.com/Andrea Piacquadio

Tiap orang punya ambisi untuk meraih sesuatu yang lebih besar dengan cara kerja keras dan kerja cerdas setiap harinya, terlebih dalam hal kesuksesan yang semua orang dambakan selama ini.

Namun semua itu akan sangat menyiksa jika kamu sendiri tidak mau mensyukuri hal kecil yang sudah dimiliki saat ini. Rasa syukur terhadap hal kecil akan membuat kamu selalu merasa berkecukupan, tidak mudah stres karena selalu merasa kurang, atau bahkan tergoda untuk melakukan tindakan kriminal demi mendapat sesuatu yang lebih.

2. Tidak memaksa mendapatkan sesuatu yang lebih dengan cara yang salah

5 Alasan di Balik Pentingnya Mensyukuri Hal Kecil yang Kamu MilikiPexels.com/Martin Lopez

Tiap orang ingin mendapatkan sesuatu yang besar dengan cara yang benar, kita semua tahu itu. Namun segala proses tidak selamanya sesuai dengan ekspektasi, terkadang kita hanya mendapatkan sebagian kecil dari keinginan tersebut.

Namun bersyukur dalam kondisi seperti itu adalah pilihan terbaik, rasa syukur akan hal kecil mencegah kamu untuk melakukan tindakan yang tidak terpuji dan bahkan menahan kamu untuk terus memaksa dalam mendapatkan sesuatu yang lebih besar dengan cara yang salah.

3. Membiasakan diri untuk selalu menerima hal sekecil apa pun

5 Alasan di Balik Pentingnya Mensyukuri Hal Kecil yang Kamu MilikiPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, tidak semua orang bisa menerima sesuatu yang kecil dalam hidupnya. Mereka pikir hal tersebut jauh dari kata berkecukupan, bahkan terkesan meremehkan karena nilainya kecil secara materi.

Namun kamu harus bisa menerima hal sekecil apapun yang telah dimiliki. Ini akan menjadi kebiasaan yang baik dalam menjalani kehidupan kedepannya, kamu tidak akan meremehkan atau bahkan menganggap enteng lagi sesuatu yang kamu anggap kecil sebelumnya.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Terus Bersyukur Saat Punya Kesempatan Berbuat Baik

4. Belajar untuk mengerti segala keadaan yang terjadi dalam hidupmu

5 Alasan di Balik Pentingnya Mensyukuri Hal Kecil yang Kamu MilikiPexels.com/Andrea Piacquadio

Hidup terkadang ada di atas, kadang di bawah. Kita tidak selamanya akan hidup baik-baik saja, ada masanya di mana sesuatu yang amat kecil sangat berharga bagi kelangsungan hidup kamu.

Hal ini menandakan bahwa bersyukur adalah cara terbaik dalam menerima segala keadaan, sesuatu yang dinilai kecil bagi kamu sebelumnya akan teramat sangat besar jika posisi kamu sedang berada di bawah. Kita harus belajar menerima segala situasi dan kondisi, cobaan akan terus datang seiring berjalannya waktu.

5. Menciptakan standar kebahagiaan yang paling mudah dan sederhana

5 Alasan di Balik Pentingnya Mensyukuri Hal Kecil yang Kamu MilikiPexels.com/Andrea Piacquadio

Orang sederhana belum tentu menderita, dan juga orang kaya belum tentu bahagia. Ini adalah siklus kehidupan yang harus kamu pahami, yang mana standar kebahagiaan bisa kamu ciptakan sendiri dengan mudah dan sederhana.

Caranya adalah dengan mensyukuri hal kecil yang kamu miliki saat ini, selalu merasa berkecukupan, dan menerima segala kondisi yang sedang dijalani. Hal ini akan memberikan kebahagiaan meski terlihat biasa saja atau bahkan kesusahan di mata orang lain.

Itu dia deretan alasan mengapa selalu mensyukuri hal kecil yang kamu miliki sangat penting bagi kelangsungan hidup. Meski cukup sulit untuk diterapkan pada diri sendiri, selalu bersyukur adalah jalan satu-satunya mencapai kebahagiaan yang hakiki.

Baca Juga: 5 Jenis Ekspektasi pada Pasangan yang Bikin Kamu jadi Kurang Bersyukur

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya