Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Harus Merasa Malu Ketika Bertanya dalam Segala Hal

Jangan takut dianggap tidak pintar!

Pada umumnya, gak semua orang mau bertanya tentang banyak hal ketika dirinya merasa tidak tahu. Nyatanya, banyak alasan yang mendasari itu semua, baik karena tidak bermental, ragu-ragu, atau bahkan terlihat memalukan.

Padahal, sedikitnya ada lima alasan kamu gak harus merasa malu ketika bertanya dalam segala hal pada orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Menjadi pribadi yang serba tahu dalam segala hal

5 Alasan Kamu Gak Harus Merasa Malu Ketika Bertanya dalam Segala HalPexels.com/Canva Studio

Pada dasarnya, masih banyak orang yang menganggap bawah orang yang sering bertanya hanya memiliki sedikit wawasan di dalam hidupnya. Meski itu sebuah kenyataan, kamu gak perlu malu untuk mengakuinya.

Toh juga tujuan dari bertanya itu sendiri adalah menjadikan kamu pribadi yang serba tahu dalam segala hal. Jika itu demi kebaikan diri sendiri, buang rasa malu dan mulailah untuk lebih banyak bertanya.

2. Tidak mencoba sesuatu yang dasarnya tidak kamu ketahui

5 Alasan Kamu Gak Harus Merasa Malu Ketika Bertanya dalam Segala HalPexels.com/Gustavo Fring

Pada umumnya, ketika kamu melakukan sesuatu yang baru dalam hidupmu, mencoba memulainya bukan suatu kesalahan yang perlu dipermasalahkan. Namun, ada baiknya untuk bertanya terlebih dahulu sebum kamu mencobanya.

Jangan pernah merasa malu untuk bertanya ketika kamu ingin mencoba sesuatu yang lebih baru, mencoba tanpa tahu dasarnya bisa berakibat fatal dan membahayakan diri sendiri.

3. Bertanya sama dengan membenarkan apa yang menjadi keraguanmu

5 Alasan Kamu Gak Harus Merasa Malu Ketika Bertanya dalam Segala HalPexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam menjalani hidup, kita selalu dikelilingi dengan keraguan akibat dari ketidakyakinan. Ketika kamu merasa ragu, jangan malu untuk bertanya dalam hal apa pun itu.

Bertanya sama dengan membenarkan apa yang yang menjadi keraguanmu. Ketika ada pernyataan yang kamu ragukan, di situ akan ada jawaban yang membenarkan jika kamu berani bertanya.

Baca Juga: 6 Alasan Gak Perlu Malu Menerapkan Hidup Hemat, Kamu Sudah Tepat! 

4. Bertanya bukan suatu kesalahan yang dapat merugikan orang lain

5 Alasan Kamu Gak Harus Merasa Malu Ketika Bertanya dalam Segala HalPexels.com/Edmond Dantès

Pada dasarnya, bertanya merupakan cara kamu mencari jawaban atas minimnya wawasan yang kamu miliki. Dalam hal ini, tidak ada seorang pun yang dirugikan dan bahkan ilmu yang dimilikinya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Selama tindakan yang kamu lakukan tidak merugikan orang lain, jangan pernah ragu memulainya. Bertanya bukan suatu kesalahan, apalagi merugikan orang lain secara disengaja.

5. Malu bertanya, sesat di jalan

5 Alasan Kamu Gak Harus Merasa Malu Ketika Bertanya dalam Segala HalPexels.com/Andrea Piacquadio

Ada sebuah pepatah yang mengatakan 'Malu bertanya, sesat di jalan'. Dalam hal ini, sudah dijelaskan bahwa malu bertanya bisa membuat kamu tersesat tanpa tahu arah yang sebenar-benarnya.

Pada akhirnya, malu bertanya hanya akan merugikan diri sendiri. Ketidaktahuan bukan sesuatu yang memalukan, jangan biarkan rasa malu membuat kamu tersesat di dalam kehidupan.

Itu dia deretan alasan kamu gak harus merasa malu ketika bertanya dalam segala hal. Tidak berwawasan memang terdengar memalukan, namun malu bertanya hanya akan membuat hidupmu tidak ada kemajuan dan juga perkembangan.

Baca Juga: 5 Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu di Lingkungan Sosial

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya