Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Bisa Bersikap Adil pada Orang di Sekitar

Biar gak saling bermusuhan?

Kita tidak bisa membantah bahwa sering kali terjadi permusuhan antara orang terdekatmu, baik itu antar kerabat, teman sepergaulan, atau bahkan tetangga sekalipun.

Hal ini biasanya terjadi karena mempermasalahkan keberadaan keadilan yang masih samar. Makanya, karena dampaknya bisa sangat buruk, sedikitnya ada lima alasan kamu harus bisa bersikap adil pada orang di sekitarmu. Seperti apa?

1. Menghindari rasa iri dan dengki terhadap satu sama lain

5 Alasan Kamu Harus Bisa Bersikap Adil pada Orang di SekitarUnsplash.com/Alexis Brown

Tidak adanya keadilan biasanya menimbulkan rasa iri hati dan juga dengki, rasanya seperti ada pembatas yang membedakan antara satu orang dengan yang lainnya. 

Kita tidak bisa membiarkan hal ini terus menerus terjadi, bersikap adil sangat penting untuk diterapkan. Tujuannya sangat jelas, tentu demi mencegah terjadinya kesenjangan sosial yang berawal dari adanya ketidakadilan. 

2. Tidak menimbulkan rasa sakit hati hanya karena memihak salah satu pihak saja

5 Alasan Kamu Harus Bisa Bersikap Adil pada Orang di SekitarUnsplash.com/Cynthia Magana

Bersikap adil sebenarnya tidak hanya sebatas memberikan segalanya secara merata, tapi juga mencegah timbulnya rasa sakit hati bagi orang yang merasa hidupnya penuh dengan ketidakadilan. Jangan hanya memihak salah satu pihak saja, menjalani kehidupan harus bisa meratakan orang lain tanpa pandang siapa dia. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kamu Kesulitan dalam Bersikap Tegas

3. Menciptakan ruang lingkup yang merata dan tidak saling membenci

5 Alasan Kamu Harus Bisa Bersikap Adil pada Orang di SekitarUnsplash.com/Tim Marshall

Kita semua harus sadar bahwa keberadaan akan ketidakadilan bisa membawa dampak yang sangat buruk, bahkan saling membenci yang berkepanjangan. 

Bersikap adil memang tidak semudah yang kita bayangkan, namun patut untuk diperjuangkan. Kamu harus menciptakan ruang lingkup yang merata dan tidak saling membenci, apalagi sampai saling menyakiti satu sama lain. 

4. Tidak membuatmu gelisah karena merasa pilih kasih pada orang tertentu saja

5 Alasan Kamu Harus Bisa Bersikap Adil pada Orang di SekitarUnsplash.com/Toa Heftiba

Setiap orang memang punya caranya masing-masing dalam menilai seseorang, sehingga apa yang menurutnya baik mungkin mendapat perlakuan lebih hingga terjadinya ketidakadilan bagi beberapa pihak. 

Pada akhirnya, bersikap adil bukan hanya semata-mata demi kebaikan orang lain, tapi juga diri kamu sendiri. Paling tidak, hal itu tidak membuatmu gelisah karena merasa pilih kasih pada orang tertentu saja. 

5. Tidak adanya keadilan selalu memaksa seseorang untuk bertindak tidak sesuai dengan semestinya

5 Alasan Kamu Harus Bisa Bersikap Adil pada Orang di SekitarUnsplash.com/JD Mason

Kehidupan yang keras ini selalu kontras dalam membedakan orang baik dan orang jahat. Namun, setiap orang sebenarnya bisa menjadi orang baik, apalagi hidupnya penuh dengan rasa adil dan tidak merasa dibedakan. 

Makanya, kamu harus mulai membiasakan bersikap adil pada orang di sekitarmu. Tidak adanya keadilan selalu memaksa seseorang untuk bertindak tidak sesuai dengan semestinya, dan itu bisa sangat berakibat buruk yang tidak pernah kita inginkan. 

 

Itu dia deretan alasan kamu harus bisa bersikap adil pada orang di sekitarmu. Jangan memulai sesuatu yang bisa memicu permusuhan, rasa tidak adil bisa sangat mempengaruhi orang di sekitarmu. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memperlakukan Diri Sendiri Secara Tidak Adil, Sadar Gak?

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya