Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Mengabaikan Langkah-Langkah Kecil dalam Hidup

Kegunaannya lebih dari apa yang kamu bayangkan, lho!

Secara logika, tidak ada yang spesial dari langkah-langkah kecil yang kita lakukan, bahkan beberapa orang menganggapnya sepele karena tidak berdampak besar bagi kelangsungan hidup.

Namun, kenyataannya berbanding terbalik dengan apa yang kamu pikirkan, bahkan sedikitnya ada lima alasan kamu gak boleh mengabaikan langkah-langkah kecil dalam hidup. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Langkah besar berawal dari langkah-langkah kecil yang selama ini kita lakukan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Mengabaikan Langkah-Langkah Kecil dalam HidupPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika dilihat dari dampaknya, langkah kecil memang tidak seperti mempengaruhi jalannya hidup. Namun, langkah kecil bisa dikatakan sebagai pencetus langkah besar yang akan kamu lakukan.

Hal ini menegaskan bahwa langkah besar pun berawal dari langkah-langkah kecil yang selama ini kita lakukan. Hanya saja, banyak orang yang menutup mata dan tidak melihat dari sisi lain seberapa besar pengaruhnya langkah-langkah kecil tersebut.

2. Tidak ada hal yang tidak berguna selama kita mau mengambil positifnya

5 Alasan Kamu Gak Boleh Mengabaikan Langkah-Langkah Kecil dalam HidupPexels.com/Ketut Subiyanto

Orang pada umumnya cenderung mengabaikan dampak dari langkah-langkah kecil yang telah dilakukan, baik buruknya hal tersebut tidak akan mempengaruhi jalannya hidup kedepannya.

Namun, mengabaikan hal-hal kecil bukan sesuatu yang bisa dianggap bijak, tidak ada hal yang tidak berguna selama kita mau mengambil positifnya. Sekecil apa pun itu, pemanfaatan bisa mengubah hal kecil menjadi sangat berguna.

3. Keberadaan langkah kecil bisa menjadi pelengkap hidup kamu kedepannya

5 Alasan Kamu Gak Boleh Mengabaikan Langkah-Langkah Kecil dalam HidupPexels.com/Amina Filkins

Pada dasarnya, setiap orang terlalu sibuk dengan langkah-langkah besar yang akan dilakukannya, bahkan melupakan langkah-langkah kecil yang bisa saja sangat berarti jika didalami lebih jauh lagi.

Hal ini menegaskan bahwa keberadaan langkah kecil tidak hanya sebatas ada dan tidak berguna, tapi juga menjadi pelengkap hidup yang akan kamu jalani kedepannya. 

Baca Juga: 5 Langkah Elegan Hadapi Kritikan Orang, Sekalipun Nyelekit!

4. Besar kecilnya suatu langkah tidak berpengaruh selama ada keyakinan dalam diri

5 Alasan Kamu Gak Boleh Mengabaikan Langkah-Langkah Kecil dalam HidupPexels.com/Amina Filkins

Secara garis besar, besar kecilnya suatu langkah tidak menjamin adanya keberhasilan yang berdampak sesuai dengan langkah yang ditentukan. Langkah kecil bisa saja berdampak besar, dan langkah besar juga bisa berdampak kecil.

Pada akhirnya, besar kecilnya suatu langkah tidak berpengaruh selama ada keyakinan dalam diri. Sekalipun yang kamu lakukan hanya sebatas langkah kecil, bukan berarti bisa mengabaikan dampaknya begitu saja.

5. Langkah kecil bisa menjadi batu pijakan dari langkah-langkah besar selanjutnya

5 Alasan Kamu Gak Boleh Mengabaikan Langkah-Langkah Kecil dalam HidupPexels.com/Gabby K

Pada dasarnya, langkah yang besar tidak selamanya menjadi besar begitu saja, ada langkah kecil yang menjadi batu pijakan sebagai awal mula dari langkah-langkah yang lebih besar selanjutnya.

Hal ini membuat kamu tidak boleh mengabaikan langkah-langkah kecil begitu saja, bahkan fungsinya sebagai pendorong kamu dalam melakukan sesuatu yang krusial dan lebih besar lagi dampaknya.

Itu dia deretan alasan kamu gak boleh mengabaikan langkah-langkah kecil dalam hidup. Langkah kecil memang tidak akan berdampak secara langsung, namun tugasnya sebagai permulaan bisa membuat langkah selanjutnya menjadi lebih besar.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Khawatir Tentang Makna 'Hidup hanya Sekali'

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya