Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Hidup Berdasarkan Penilaian Orang Lain

Mending jadi diri sendiri aja, deh

Dalam menjalani hidup, kita sering kali menilai dan juga dinilai orang lain tentang baik buruknya kehidupan. Bukan hanya dari segi penampilan, tapi segala macam aspek yang ada pada diri seseorang.

Namun, menilai dan dinilai orang lain tidak bisa menjadi acuan dalam hidup, bahkan sedikitnya ada lima alasan kamu gak perlu hidup berdasarkan penilaian orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Setiap orang punya pandangannya masing-masing dalam menilai baik buruknya kehidupan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Hidup Berdasarkan Penilaian Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda antar satu sama lain, baik buruknya kehidupan belum tentu dipandang sama sekalipun dalam satu ruang lingkup yang sama pula.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki pandangannya masing-masing dalam menilai baik buruknya kehidupan. Jika salah satu orang manilai baik, belum tentu orang yang lainnya berpikiran sama.

2. Hidup berdasarkan keinginan sendiri lebih membahagiakan dibanding diatur orang lain

5 Alasan Kamu Gak Perlu Hidup Berdasarkan Penilaian Orang LainPexels.com/Blu Byrd

Sebagian besar orang ingin hidup dengan bahagia atas dasar keinginannya sendiri, tidak ada orang yang bisa mengatur atas jalan kehidupannya terkecuali atas kemauan diri sendiri.

Untuk merealisasikan hal tersebut, kamu gak boleh hidup berdasarkan penilaian orang lain. Kebahagiaan hanya diciptakan oleh diri sendiri, tidak dengan orang lain yang menilai hanya sekilas.

3. Tidak ada kehidupan yang sempurna sekalipun berdasarkan penilaian orang lain

5 Alasan Kamu Gak Perlu Hidup Berdasarkan Penilaian Orang LainPexels.com/Matheus Ferrero

Kita sadar bahwa setiap orang ingin memiliki kehidupan yang sempurna dan tanpa kendala, melakukan berbagai macam cara dan bahkan nekat untuk hidup berdasarkan penilaian orang lain.

Namun, tidak akan ada kehidupan yang sempurna sekalipun berdasarkan penilaian orang lain. Apa yang mereka bilang sempurna belum tentu melekat dan cocok dalam pandangan sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Mengkhawatirkan Penilaian Orang Lain Soal Dirimu

4. Jangan buat hidupmu selalu berada dalam kenyataan palsu

5 Alasan Kamu Gak Perlu Hidup Berdasarkan Penilaian Orang LainPexels.com/Sam Lion

Perkataan atau penilaian orang lain belum tentu sebuah kejujuran dengan berdasarkan fakta yang ada, bukan tidak mungkin jika mereka menilai secara asal-asalan atau bahkan sebuah kebohongan.

Hidup berdasarkan penilaian orang lain bisa membuatmu hidup dalam kenyataan palsu, apa yang mereka nilai dilihat secara sekilas dan apa yang dikatakannya hanya bualan semata.

5. Menjalani hidup harus penuh dengan kenyamanan dan tanpa paksaan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Hidup Berdasarkan Penilaian Orang LainPexels.com/Matt Hardy

Pada dasarnya, hidup berdasarkan penilaian orang lain bukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah, bahkan kamu harus merelakan kenyamanan dalam menjalani hidup karena kehidupan yang dijalani bukan atas dasar keinginan sendiri.

Padahal, menjalani hidup harus penuh dengan kenyamanan dan tanpa ada paksaan sama sekali. Penilaian orang lain mungkin terdengar bagus bagi hidupmu, namun kenyamanan tetap menjadi yang utama dan nomor satu.

Itu dia deretan alasan kamu gak perlu hidup berdasarkan penilaian orang lain. Sebaik apa pun niat orang lain, tanpa ada kecocokan dengan karakter diri kamu sendiri, semuanya tidak akan berjalan dengan baik.

Baca Juga: Bikin Gampang Stres, 5 Tanda Penilaian Orang Sangat Penting Bagimu 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya