Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memikirkan Hasil atas Kerja Kerasmu Selama Ini

#IDNTimesLife Lama-lama juga bisa bikin stres, lho!

Bagi sebagian orang, hasil tetaplah yang utama dari setiap kerja keras yang kita lakukan. Sudah sepantasnya jika hasil diperhatikan lebih detail karena dari awal sudah menjadi tujuan utama kita.

Namun, bukan berarti kita harus fokus pada hasil itu sendiri, sedikitnya ada lima alasan kamu gak perlu memikirkan hasil atas kerja kerasmu selama ini. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Memikirkan hasil hanya akan membuatmu merasa kurang dan kurang

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memikirkan Hasil atas Kerja Kerasmu Selama IniPexels.com/Andrea Piacquadio

Bukan hal aneh jika kita selalu memikirkan bagaimana hasil dari kerja kerasmu selama ini, kamu hanya ingin sebatas merasakan bagaimana sebuah peningkatan terjadi dalam hidupmu. Setiap kerja keras tidak selamanya membuahkan hasil yang memuaskan, kita tidak perlu memikirkannya terlalu berlebihan jika tidak ingin membuatmu merasa kurang dan kurang.

2. Cobalah untuk lebih menghargai proses dibanding hasil itu sendiri

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memikirkan Hasil atas Kerja Kerasmu Selama IniPexels.com/Andrea Piacquadio

Kadang kala, kita sebagai manusia hanya memikirkan hasil dan hasil sebagai acuan. Padahal, hasil hanyalah sebatas ujung dari kerja kerasmu selama ini.

Cobalah untuk lebih menghargai proses dibanding hasil itu sendiri, kita gak perlu memikirkan hasil terlalu berlebihan. Proses bisa menjadi inti dari kerja kerasmu, bahkan tidak akan ada hasil sedikitpun jika tidak ada proses yang mendukungnya.

3. Jangan sampai kehilangan ambisi hanya karena memikirkan hasil yang kurang memuaskan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memikirkan Hasil atas Kerja Kerasmu Selama IniPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, kerja keras selalu dibarengi dengan ambisi untuk bisa bertahan dan konsisten dalam bekerja tanpa harus takut kehilangan semangat kerja. Makanya, kamu gak perlu memikirkan hasil atas kerja kerasmu yang berpotensi menghilangkan ambisi tersebut. Jika hasil yang kamu dapatkan tidak memuaskan, besar kemungkinan kamu akan kehilangan ambisi yang sudah menjadi peganganmu selama ini.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Seorang Workaholic pun Tak Boleh Kerja Terlalu Keras

4. Tidak ada niatan untuk membandingkan setiap hasil yang kamu dapatkan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memikirkan Hasil atas Kerja Kerasmu Selama IniPexels.com/Andrea Piacquadio

Bekerja keras memang bisa meningkatkan potensi dalam mendapatkan hasil yang jauh lebih banyak, namun bukan berarti tidak ada penurunan atau bahkan kemunduran atas kerja kerasmu. Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk memikirkan hasil atas kerja keras yang sudah kamu lakukan. Takutnya, timbul niatan untuk membandingkan hasil antara bekerja dengan kerja keras dan bekerja tanpa kerja keras.

5. Lebih baik menjalani hidup seperti air yang mengalir dibanding harus memikirkan hasil setiap saat

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memikirkan Hasil atas Kerja Kerasmu Selama IniPexels.com/Artem Beliaikin

Pada dasarnya, memikirkan hasil atas kerja kerasmu selama ini bisa menimbulkan stres berat yang penuh dengan tekanan, apalagi hasilnya benar-benar mengecewakan atau bahkan nihil. Lebih baik menjalani hidup seperti air yang mengalir dibanding harus memikirkan hasil setiap saat. Toh juga proses lebih bermakna dibanding hasil yang didapatkan.

Itu dia deretan alasan kamu gak perlu memikirkan hasil atas kerja kerasmu selama ini. Cobalah untuk hanya sebatas tahu dan tidak memikirkannya, hasil sekecil apa pun itu harus tetap kamu syukuri dan banggakan.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Rela Kerja Keras untuk Wujudkan Impiannya, Panutan! 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya