Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Panik saat Orang Lain Menilaimu Sudah Berubah

dibawa santai aja!

Dalam situasi tertentu, kita sering kali dianggap telah berubah oleh orang lain dari berbagai aspek kehidupan, entah itu dari sifat, sikap, dan bahkan perilaku di kesehariannya.

Meski terdengar negatif, bukan berarti kamu harus merasa rendah diri atas perkataan orang lain, bahkan sedikitnya ada lima alasan kamu gak perlu panik saat orang lain menilaimu sudah berubah. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Perubahan yang kamu lakukan belum tentu ke arah yang lebih buruk

5 Alasan Kamu Gak Perlu Panik saat Orang Lain Menilaimu Sudah BerubahPexels.com/cottonbro

Kita semua tahu bahwa gak semua perubahan akan selamanya ke arah yang lebih negatif, ada juga perubahan yang membawa kamu ke arah yang lebih baik dan bernilai positif.

Jangan terlalu cepat berprasangka buruk atas penilaian orang lain, apalagi sampai panik karena dinilai telah berubah. Kita tidak pernah tahu maksud dan tujuan orang lain menilaimu, bisa saja hanya sebatas basa basi semata.

2. Kamu dianggap berubah karena berhenti melakukan apa yang orang lain inginkan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Panik saat Orang Lain Menilaimu Sudah BerubahPexels.com/cottonbro

Pada dasarnya, perubahan bisa diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan seseorang di luar kebiasaan. Sehingga, orang yang menilaimu berubah berarti tahu betul bagaimana kamu bersikap dan berperilaku di kesehariannya.

Bisa saja, kamu dianggap berubah karena berhenti melakukan apa yang orang lain inginkan. Penilaian tersebut ditunjukan sebagai kekecewaan karena kamu sudah keluar dari kebiasaan yang dapat menguntungkan dirinya.

3. Setiap orang bisa berubah kapan saja seiring berjalannya waktu

5 Alasan Kamu Gak Perlu Panik saat Orang Lain Menilaimu Sudah BerubahPexels.com/cottonbro

Pada umumnya, setiap orang akan mengalami berbagai macam perubahan dari masa ke masa. Perubahan tersebut bisa berupa sikap, sifat, dan juga perilaku yang bahkan bisa berbanding terbalik dari sebelumnya.

Hal ini menegaskan bahwa setiap orang bisa berubah kapan saja seiring berjalannya waktu, kamu gak perlu panik ketika orang lain menilaimu telah berubah dari berbagai aspek kehidupan.

Baca Juga: 5 Tips biar Tetap Rendah Hati meski Punya Banyak Prestasi

4. Menjalani hidup gak selamanya harus berdasarkan pada penilaian orang lain

5 Alasan Kamu Gak Perlu Panik saat Orang Lain Menilaimu Sudah BerubahPexels.com/Tima Miroshnichenko

Ketika mendapatkan penilaian buruk dari orang lain, sering kali kita merasa risi dan panik sendiri karena terlalu takut ada yang salah dalam dirimu. Meski hanya sebatas penilaian akan perubahan, bukan berarti semua orang akan menganggapnya sepele.

Namun, merasa panik hanya akan membuat hidupmu tidak berjalan dengan baik. Pada dasarnya, menjalani hidup gak selamanya harus berdasarkan penilaian orang lain, hiduplah atas dasar diri sendiri selama itu baik untuk hidupmu kedepannya.

5. Orang lain terlalu berekspektasi lebih atas apa yang kamu miliki

5 Alasan Kamu Gak Perlu Panik saat Orang Lain Menilaimu Sudah BerubahPexels.com/Christina Morillo

Dalam beberapa hal, mungkin banyak orang yang tidak suka atas perubahan yang telah kamu lakukan. Meski diri sendiri tidak menyadarinya secara langsung, orang lain akan menanggapinya dan mulai menilai perubahan demi perubahan.

Sebenarnya, orang yang menilaimu telah berubah terlalu berekspektasi lebih atas apa yang kamu punya. Kesalahan bukan berada pada diri kamu sendiri, jangan merasa panik hanya karena sebatas penilaian orang lain.

Itu dia deretan alasan kamu gak perlu panik saat orang lain menilaimu sudah berubah. Kadang kala, gak semua penilaian orang lain harus dimasukan ke dalam hati karena bisa memicu kepanikan dan bahkan memperburuk suasana.

Baca Juga: 7 Mitos Orang Tenggelam yang Masih Aja Banyak Orang Percaya

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya