Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pikir Panjang Ketika Berniat untuk Berbagi

Langsung gerak cepat!

Setiap orang pada dasarnya memiliki rasa ingin berbagi terhadap sesama. Meski kondisinya kurang memungkinkan, berbagi sudah menjadi salah satu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan.

Meski rasa ingin berbagi selalu ada, bukan berarti tidak ada rasa bimbang ketika mengingat kondisi diri sendiri juga pas-pasan. Namun, sedikitnya ada lima alasan kamu gak perlu pikir panjang ketika berniat untuk berbagi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Berbagi tidak akan membuatmu kehilangan banyak hal dalam hidup

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pikir Panjang Ketika Berniat untuk BerbagiPexels.com/Suraphat Nuea-on

Secara logika, membagi sesuatu yang kita miliki akan membuat apa yang kita punya menjadi lebih sedikit. Namun, rumus dalam berbagi tidak berlaku seperti itu.

Berbagi tidak akan membuatmu kehilangan banyak hal dalam hidup, bahkan timbal baliknya bisa lebih banyak dari apa yang kamu berikan. Intinya, jangan pernah ragu untuk berbagi hanya karena takut kehilangan banyak hal.

2. Berbagi dengan sesama dapat menciptakan kebahagiaan tersendiri

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pikir Panjang Ketika Berniat untuk BerbagiPexels.com/Zen Chung

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk membuat dirinya bahagia, entah dengan cara yang sederhana atau bahkan dengan kemewahan. Namun, ada satu hal yang membuat semua orang merasa bahagia.

Lebih tepatnya adalah berbagi dengan sesama. Pada dasarnya, berbagi itu bisa menciptakan kebahagiaan tersendiri, apalagi melihat orang lain bahagia atas kebaikan kecilmu selama ini.

Baca Juga: 5 Hikmah Positifnya Kalau Kamu Membiasakan Diri untuk Berbagi Ilmu

3. Niat berbagi kamu bisa menjadi bantuan berharga bagi orang lain

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pikir Panjang Ketika Berniat untuk BerbagiPexels.com/Sarwer e Kainat Welfa

Dalam masa sulit, bantuan sekecil apa pun akan sangat berharga agar bisa tetap bangkit dan bertahan. Meski kondisimu juga sulit, saling berbagi bisa meningkatkan kualitas hidup satu sama lain.

Intinya, niat berbagi kamu bisa menjadi bantuan berharga bagi orang lain. Meski hanya sebagian kecil dari apa yang kamu punya, itu sudah lebih dari cukup untuk membuat dirinya merasa terbantu.

4. Cara kamu berbagi bisa menjadi contoh yang baik bagi diri sendiri dan orang lain

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pikir Panjang Ketika Berniat untuk BerbagiPexels.com/Zen Chung

Berbagi sangat besar manfaatnya bagi orang di sekitar, apalagi kamu melakukannya secara rutin dan tidak berpikir panjang. Manfaat dari berbagi tidak hanya sebatas menolong orang lain, tapi lebih dari itu.

Cara kamu berbagi bisa menjadi contoh yang baik bagi diri sendiri dan orang lain, melakukannya secara terus menerus tanpa ragu bisa membuat orang lain ikut serta dalam berbagi terhadap sesama.

5. Tidak jadi berbagi hanya akan membuatmu menyesal di kemudian hari

5 Alasan Kamu Gak Perlu Pikir Panjang Ketika Berniat untuk BerbagiPexels.com/VisionPic .net

Tujuan dari berbagi adalah memberikan suatu pengharapan pada seseorang untuk menjadi jauh lebih baik. Hal ini akan terealisasi jika kamu berbagi tanpa pikir panjang lagi.

Tidak jadi berbagi hanya akan membuatmu menyesal di kemudian hari. Kamu tidak melakukan hal baik yang sudah sepantasnya dilakukan, pada akhirnya niat awal kamu tidak tersampaikan dengan baik.

Itu dia deretan alasan kamu gak perlu pikir panjang ketika berniat untuk berbagi. Cobalah untuk menganggap bahwa berbagi itu suatu kebutuhan, ragu untuk berbagi hanya akan membuatmu merasa jauh lebih buruk.

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Belum Siap untuk Berbagi Kebahagiaan dengan Orang Lain

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya